Sunday, June 14, 2020

Bacillaria Sp Adalah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Bacillaria adalah diatom yang termasuk kelas baciilariophyceae merupakan salah satu divisi fitoplankton yang terdapat pada perairan, baik di laut, payau, ataupun air tawar (Hoek dkk, 1995 dalam Sulaiman, 2012). Perubahan terhadap kualitas perairan erat kaitannya dengan potensi perairan ditinjau dari komposisi fitoplankton (Fachrul dkk dalam Sulaiman, 2012).

KLASIFIKASI BACILLARIA SP
Phylum : Ochrophyta
Kelas : Bacillariophyceae
Ordo : Bacillariales
Genus : Bacilaria
Spesies : Bacillaria sp

MORFOLOGI BACILLARIA SP
Bacillaria sp umumnya berwarna kecoklatan atau kekuningan karena memiliki klorofil A, klorofil C, dan karotenoid fucoxanthin yang terdapat dalam plastida.Pigmen tersebut memungkinkan Bacillaria sp menghasilkan makanan sendiri melalui fotosintesis. Salah satu karakteristik paling penting dari ganggang Bacillaria sp adalah dinding sel (cangkang) yang terbuat dari silikon dioksida terhidrasi (silika).Ini adalah karakteristik unik yang membedakannya dari jenis ganggang lain.Dinding sel silika ini mengendap menjadi sedimen di dasar laut setelah Bacillaria mati. Cangkang tersebut disebut pula sebagai frustule yang biasanya memiliki dua sisi asimetris.Terdapat banyak lubang-lubang kecil dan areola yang ditemukan pada cangkang ganggang Bacillaria (Yuliana, 2013).

Dinding sel Bacillaria sp halus bermotif, dengan titik-titik dan garis-garis yang mencirikan genera tertentu dan spesies. Mereka belajar dalam waktu yang lama oleh microscopists sebelum mereka datang ke kepentingan limnologists dan akibatnya tubuh besar informasi tentang habitat yang spesies tertentu terjadi telah terakumulasi. Rekonstruksi besar lingkungan masa lalu yang mungkin dari analisis Bacillaria dalam sedimen. Slide mikroskop permanen dari mereka dengan mudah dapat menjadi persiapan preparet dari dinding Bacillaria sp (frustules) dibuat dengan memanaskan sedimen dengan zat pengoksidasi seperti asam nitrat dan resuspention dari Bacillaria sp, residu dalam air distellid. Bacillaria sp dinding dari ke bagian yang tumpang tindih diselenggarakan bersama oleh band-band dan ada empat kelompok utama dibedakan oleh pola dinding their (Brian, 1949 dalam Yuliana, 2013).

Sel Bacillaria yang terkandung dalam dinding sel yang unik silikat (asam silikat) yang terdiri dari dua katup yang terpisah (atau kerang). Silika biogenik bahwa dinding sel terdiri dari yang disintesis secara intraseluler oleh polimerisasi monomer asam silikat. Bahan ini kemudian diekstrusi dengan eksterior sel dan ditambahkan ke dinding. Dinding sel Bacillaria juga disebut frustules atau tes, dan dua katup biasanya tumpang tindih satu atas yang lain seperti dua bagian dari sebuah cawan petri (Yuliana, 2013).

HABITAT BACILLARIA SP
Bacillaria sp habitat aslinya mendiami perairan, baik di laut, payau, ataupun air tawar.

FISIOLOGI BACILLARIA SP
Kelompok ini terdiri dari diatom-atom, terdapat didalam air tawar maupun air laut serta dalam tanah lembab. Bacillaria merupakan bentuk plankton yang menjadi bahan makanan bagi hewan di air. Bacillaria dapat bersifat uniseluler, berkoloni ataupun membentuk filament. Setiap sel mengandung satu nukleus serta plastida-plastida yang masih berbentuk pita.

Alga ini membentuk cangkang ( dinding sel kompleks ) yang mengandung pectin dan silica. Deposit cangkang yang diakibatkan oleh pertumbuhan yang berabad-abad disebut diatomit atau tanah diatom. Diatomit dimanfaatkan sebagai bahan insulasi, sebagai bahan dasar kosmetik. Alga ini memproduksi domoic acid, yaitu toksin yang umumnya akan terkonsentrasi pada remis. Gejala keracunan toksin ini berupa diare sehingga kesadaran (Sejirak, 2012)

Diatom (filum Bacillariophyta) yang uniseluler, meskipun banyak spesies agregat menjadi rantai atau bintang-seperti sel groups.Bacillaria diapit oleh dinding sel sebagian besar terbuat dari silika (SiO2), shell kaca-kaca seperti material.this, atau frustules, terdiri dari dua bagian erat pas sering menyerupai box.the datar, bulat, atau memanjang frustule biasanya memiliki perforasi rumit dan ornamen seperti duri atau tulang rusuk, membuat Bacillaria sangat cantik bila dilihat di bawah frustule microscope.the memungkinkan cahaya untuk melewati, sehingga mencolok cokelat keemasan kloroplas dapat menangkap energi cahaya untuk perforasi menit photosynthesis.the memungkinkan gas terlarut dan nutrisi untuk masuk dan exit.the tenggelamnya terbuka-laut Bacillaria bawah lapisan permukaan baik-sering diperlambat oleh tetesan minyak di sel mereka dan duri pada warna karakteristik frustules.(Peter castro dan Michael E. Huber, 1949 dalam  Yuliana, 2013).

TINGKAH LAKU BACILLARIA SP
Para frustules kaca Bacillaria mati akhirnya mengendap di bagian bawah dari dasar laut. Di sini mereka dapat membentuk endapan tebal bahan mengandung silika yang mencakup sebagian besar dari dasar laut. Sedimen tersebut dikenal sebagai deposito fosil Bacillaria ooze.huge sedimen ini sekarang dapat ditemukan pedalaman di berbagai bagian dari bahan mengandung silika world.the, atau tanah diatomaceous, ditambang dan digunakan dalam produk seperti filter untuk kolam renang, untuk mengklarifikasi bir , karena suhu dan isolator suara, dan sebagai abrasive ringan yang mungkin menemukan jalan mereka menemukan jalan mereka ke pasta gigi. (Peter castro dan Michael E. Huber, 1949 dalam  Yuliana, 2013).

Para frustules tahan terhadap pembubaran, sehingga mereka dapat tetap dalam sedimen untuk beberapa waktu. Atribut ini membuat mereka alat yang berharga dalam paleolimnology (studi sejarah ekologi danau) dan dalam kedokteran forensik. Bacillaria berguna dalam studi paleolimnological karena mereka tenggelam dan menumpuk di sedimen dan meninggalkan catatan struktur komunitas diatom planktonik. Jika kondisi perubahan danau, komunitas diatom juga berubah. Isotop dapat digunakan sampai saat sedimen dengan kedalaman untuk menghubungkan perubahan ekologi disimpulkan dari frustules diatom ke teknik sequence.these temporal yang telah digunakan untuk menunjukkan bahwa curah hujan asam adalah hasil dari aspek industrialisasi dan lainnya penting dari sejarah danau, seperti fluktuasi salinitas atau trofik state.ruth Patrick, salah satu peneliti lingkungan terkemuka di Amerika Serikat, telah membuat Bacillaria dan penggunaannya dalam studi lingkungan spesialisasinya. (walter k. Dodds, 1976 dalam Yuliana, 2013).

REPRODUKSI BACILLARIA SP
Perkembangbiakannya pada umumnya dengan pembelahan sel. Sebuah sel induk akan terbelah menjadi dua buah sel anak. Salah satu sel anak itu mendapatkan bagian tutup kotak, dan sel anak satunya lagi mendapatkan bagian dasar kotak. Seperti halnya pembelahan sel pada umumnya, setiap sel anak yang mendapat bagian tutup kotak , besarnya akan sama dengan sel induknya. Hal ini disebabkan masing-masing sel anak, baik yang mendapat bagian tutup maupun dasar kotak, nantinya senantiasa akan manggunakan cangkang sel induknya itu menjadi tutup kotak (Yurisman, dkk, 2004 dalam Yuliana, 2013).

Pada sebagian besar spesies, ketika Bacillaria membelah menghasilkan dua sel anak, setiap sel menyimpan salah satu dari dua bagian dan tumbuh setengah lebih kecil di dalamnya. Akibatnya, setelah setiap siklus pembelahan ukuran rata-rata sel Bacillaria dalam populasi semakin kecil. Setelah sel-sel tersebut mencapai ukuran minimum tertentu, bukan hanya membagi vegetatif, mereka membalikkan penurunan ini dengan membentuk sebuah auxospore. Ini memperluas dalam ukuran untuk menimbulkan sebuah sel jauh lebih besar, yang kemudian kembali ke ukuran-divisi berkurang. Auxospore produksi hampir selalu dikaitkan dengan meiosis dan reproduksi seksual (Yuliana, 2013).

PERAN BACILLARIA SP DI PERAIRAN
Peranan Bacillariaae dalam kehidupan manusia diantaranya sebagai tanah diatomae, jika diotomae mati dan mengendap didasar laut, berguna sebagai alat penggosok, bahan isolasi, bahan penyekat, bahan dinamit (Sapta, 2012).

Bacillaria adalah produsen utama sangat penting dalam danau, sungai, dan lahan basah. mereka sering dominan di plankton TOWS selama musim semi di oligotriphic-mesotrophic danau danau dan di benthos dari danau, sungai, dan lahan basah sepanjang tahun. Karakteristiknya mendefinisikan kunci Bacillaria adalah silikon terbuat dr batu baiduri-kaca dinding sel yang disebut frustules frutule.this memiliki dua bagian, dan bagian cocok bersama untuk membuat memanjang, menyirip, atau bentuk form.centric melingkar cBacillariaentric yang umum di plankton, dan bentuk pennate yang umum di benthos. Para frustules dapat melekat pada rantai bentuk atau filamen dari banyak sel (Yuliana, 2013).

Bacillarias adalah pabrik fotosintesis efisien, memproduksi makanan yang sangat dibutuhkan (makanan menjadi Bacillaria sendiri), seperti serta oksigen untuk bentuk-bentuk kehidupan lainnya. Mereka sangat penting air terbuka produsen primer pada kenyataannya regions. Beriklim sedang dan kutub, miliaran sel Bacillaria dalam akun laut untuk bagian besar dan kuat dari karbon organik dan oksigen prodused di planet bumi (Peter castro dan Michael E. Huber, 1949 dalam Yuliana, 2013).

PENULIS
Dian Senja Lazuardi
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2014

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Sapta,Eka.2012.Protista.http://ekasaptarahayu.blogspot.com/2012/10/protista.html . Diakses pada 2 April 2015
Sejirak, Frandianus.2012.Mikrobiologi. Prodi Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Yuliana,Wiwik.2013.Bacillariaphyceae(Diatomae).http://yulianafishseries.blogspot.com/2013/04/bacillariaphyceae-diatomae.html. Diakses pada tanggal 1 April 2015

No comments:

Post a Comment