Sunday, February 23, 2020

10 Ikan Paling Populer Di Kalimantan


Artikel ini saya buat berdasarkan riset pasar selama tinggal di kalimantan, dan berikut 10 Jenis Ikan Paling Digemari Di Kalimantan:

10. Ikan Lele



Si lincah nan berpatil ini biasa dijadikan lalapan oleh orang kalimantan, ikan lele memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari terutama protein. Daging ikan lele mengandung lemak, protein, fosfor, dan vitamin B yang tentunya baik bagi tubuh kita. Orang-orang menyukai ikan lele karena dagingnya terasa gurih dan mudah diolah. Banyak cara untuk mengolah ikan lele ini, seperti di goreng, di goreng tepung, di mangut, atau dibuat menjadi pecel lele.

Mengonsumsi ikan lele bisa menjadi alternatif dalam pemenuhan gizi protein sehari-hari. Jika biasanya anda hanya mengonsumsi daging ayam atau daging sapi, anda bisa mencoba untuk mengonsumsi ikan lele. Selain harganya yang terjangkau, kelezatan rasa dan kandungan gizi nya membuat ikan yang satu ini menjadi kegemaran masyarakat Kalimantan.

9. Ikan Baung



Satu keunikan dari Ikan Baung, ternyata ikan ini sangat digemari masyarakat kalimantan karena serat dagingnya yang sangat lembut, rasanya gurih, dan harganya juga cukup terjangkau.

Tak heran bila ikan ini sangat terkenal di Kalimantan, selain itu kandungan gizi dan nutrisinya pada ikan baung juga amat banyak. Daging ikan baung juga dapat mencegah penyakit Anoreksia, yaitu penyakit yang menyerang nafsu makan.

8. Ikan Lais



Ikan Lais adalah jenis ikan air tawar atau sungai yang banyak ditemukan di perairan Kalimantan. Ikan lais ini merupakan ikan endemik yang memiliki nilai ekonomis tinggi yang bersifat sebagai ikan konsumsi terutama bila telah diolah menjadi selai ikan lais (smoked fish).

Kandungan kalsium ikan lais juga tinggi sehingga bisa mampu mencegah berbagai macam penyakit tulang dan gigi.

7. Ikan Papuyu



Ikan papuyu atau betok ini merupakan salah satu ikan yang berhabitat di perairan tawar banyak terdapat di rawa-rawa dan sungai kalimantan, selain rasanya yang enak ikan papuyu mempunyai manfaat bagi tubuh yaitu kaya akan Omega 3 yang diperlukan oleh anak dimasa pertumbuhan dan juga janin didalam kandungan ibunya. Ini karena omega 3 berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan janin dan anak. Protein didalam tubuh berguna untuk membangun masa otot dan meregenerasi sel – sel lama dengan sel baru Ikan ini populer di Kalimantan karena mudah sekali didapatkan.

6. Ikan Sepat



Meski kerap diasingkan keberadaanya, namun tidak berlaku di pulau Kalimantan, ikan sepat merupakan salah satu komoditas primadona, serta digemari oleh masyarakat borneo karena rasanya yang enak. Ikan sepat sebagian besar dipasarkan dalam bentuk masih segar dan ikan asin. Ikan ini biasanya hidup di rawa -rawa, danau, dan sungai. Seperti ikan pada umumnya kandungan gizi di ikan sepat tergolong tinggi.

5. Ikan Bawal



Ikan ini berasal dari Hawaii dan sebaran daerah di Indonesia. Ikan bawal hidup berkoloni serta tergolong tipe pemangsa. Ikan bawal sangat terkenal di kalangan masyarakat Kalimantan karena mempunyai rasa daging enak dan gurih. Ikan bawal memiliki banyak kandungan gizi yang sangat berguna bagi tubuh. Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Banyak terdapat pada salmon, tuna dan makerel. Namun, sebuah penelitian di jepang mendapati omega 3 ikan bawal tergolong tinggi.

 

4. Ikan Mas



Ikan mas, siapa yang tidak kenal ikan yang satu ini? Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) termasuk ikan air tawar yang bernilai ekonomis tinggi. “Ikan mas termasuk bahan makanan bergizi tinggi, khususnya sebagai sumber protein hewani yang dapat mencerdaskan otak, menghambat proses penuaan dini, dan ‘ramah’ terhadap jantung karena kandungan lemaknya termasuk jenis asam lemak yang sangat tidak jenuh.” Tak heran ikan ini populer dikonsumsi oleh masyarakat Kalimantan.

3. Ikan Haruan



Ikan Haruan/Gabus merupakan ikan perairan rawa-rawa dan sungai yang sangat banyak di daerah Kalimantan dan menjadi konsumsi populer karena cara mendapatkannya tergolong mudah. Kandungan protein ikan haruan sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng (20,0%), ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), maupun ikan sarden (21,1%).

Hebatnya, ikan haruan ini sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting bagi tubuh manusia. Albumin diperlukan tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. Pemberian daging ikan haruan atau ekstrak proteinnya telah dicoba untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit seperti kanker, stroke, gagal ginjal, diabetes mellitus hingga pengobatan pasca operasi.

2. Ikan Nila



Siapa yang tidak kenal dengan ikan nila, ikan nila ini sangat populer di Kalimantan. Ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut dan juga tebal. Ikan nila bisa di konsumsi dengan cara di masak entah itu digoreng, bakar ataupun di jadikan olahan lainnya. Selain memiliki rasa yang gurih dan enak ternyata ikan nila memiliki manfaat dan khasiat Salah satunya meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Imun yang baik akan membuat tubuh kita selalu bugar dan kuat. Untuk mendukung kinerja imun lebih baik, maka konsumsi ikan nila sangat dianjurkan.

1. Ikan Patin



Di posisi paling populer Jenis Ikan Paling Digemari Di Kalimantan di tempati oleh Ikan patin, Ikan ini sangat digemari oleh masyarakat yang tinggal di pulau borneo selain rasanya yang enak dan lembut, ikan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi sama seperti ikan pada umumnya. Berdasarkan penelitian, ikan patin memiliki kandungan gizi yang tinggi. Ikan yang dagingnya sangat lembut ini kaya akan dua asam lemak esensial DHA dan EPA.

Asam lemak esensial ini dikenal dengan Omega-3, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Omega-3 dipercaya mendukung kecerdasan anak dan memperkuat system kekebalan tubuh. Kadar DHa di dalam ikan patin mencapai 5,45 % sedang kadar EPA mencapai 0,78 %.

Mengkonsumsi ikan patin tidak hanya memberikan pengalaman kuliner yang lezat dan mantap, juga akan memberikan anda dan keluarga anda kesehatan dan kebaikan. Manfaat ikan patin akan semakin sempurna dengan cara pengolahan yang tepat dan sehat.

Daftar Pustaka

http://www.daaruttauhiid.org/ikannya-mas/
https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/aneka-manfaat-ikan-patin-yang-kaya-akan-omega-3-97
https://hobiternak.com/deskripsi-ikan-lele/
https://manfaat.co.id/manfaat-ikan-betok
https://www.fauna.id/manfaat-konsumsi-ikan-bawal/
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3850520/ikan-patin-si-ikan-lezat-dan-bermanfaat
https://www.kompasiana.com/ibnum/5dc2941a097f36397a25fcb2/khasiat-dan-manfaat-ikan-nila-untuk-kesehatan?page=all
https://www.mongabay.co.id/2015/03/18/manfaat-ikan-gabus-sumber-protein-tinggi-penyembuh-penyakit/
https://www.semuaikan.com/kandungan-gizi-ikan-lais/
https://www.semuaikan.com/khasiat-dan-manfaat-ikan-baung-untuk-kesehatan-manusia/
https://www.semuaikan.com/khasiat-dan-manfaat-ikan-sepat-untuk-kesehatan-tubuh-manusia/
https://www.semuaikan.com/manfaat-ikan-betok/

No comments:

Post a Comment