Sunday, February 9, 2020

Ikan Badut, Nemo, Giru Atau Clownfish; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Badut, Nemo, Giru atau Clownfish (Ampihiprion ocellaris) atau biasa disebut ikan badut merupakan salah satu  komoditas unggulan ikan hias air laut yang hidup di perairan trumbu karang dan bersimbiosis dengan anemon. Clownfish merupakan satu diantara 30 spesies anggota genus Amphirion, famili Pomacentridae. Clownfish merupakan jenis ikan hias air laut tropis dari familli pomancentridae yang hidup di trumbu karang dan terlindung hingga kedalaman 15m (Kusmawati dkk, 2006).

KLASIFIKASI IKAN BADUT, NEMO, GIRU ATAU CLOWNFISH
Kerajaan
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Actinopterygii
Ordo
: Perciformes
Famili
: Pomacentridae
Upafamili
: Amphiprioninae
Genera
: Amphiprion dan Premnas
Spesies
: Amphiprion akallopisos; atau Whitebacked clownfish, di Indonesia dikenal juga sebagai ikan geger putih.

Amphiprion akindynos; atau Barrier reef anemonefish.

Amphiprion allardi; atau Allard’s anemonefish

Amphiprion barberi;
Amphiprion bicinctus; atau Twoband anemonefish

Amphiprion chagosensis; atau Chagos anemonefish

Amphiprion chrysogaster; atau Mauritian anemonefish

Amphiprion chrysopterus; atau Orangefin anemonefish

Amphiprion clarkii; atau  Clark’s anemonefish, di indonesia dikenal sebagai ikan giru atau ikan badut.

Amphiprion ephippium; atau Red saddleback anemonefish, di Indonesia dikenal sebagai ikan giru totol atau ikan tompel.

Amphiprion frenatus; atau Tomato clownfish, di Indonesia dikenal sebagai ikan badut, atau ikan tompel strip.

Amphiprion fuscocaudatus; atau Seychelles anemonefish.

Amphiprion latezonatus; atau Wide-band Anemonefish.

Amphiprion latifasciatus; atau Madagascar anemonefish

Amphiprion leucokranos; atau Whitebonnet anemonefish

Amphiprion mccullochi; atau Whitesnout anemonefish

Amphiprion melanopus; atau Black anemonefish

Amphiprion nigripes; atau Maldive anemonefish

Amphiprion ocellaris; atau Western clownfish atau Nemo

Amphiprion omanensis; atau Oman anemonefish

Amphiprion pacificus;

Amphiprion percula; atau Pink anemonefish, di Indonesia dikenal sebagai ikan badut

Amphiprion perideraion;

Amphiprion polymnus; atau Saddleback clownfish, di Indonesia dikenal ikan giru

Amphiprion rubrocinctus; atau Australian anemonefish

Amphiprion sandaracinos; atau Yellow clownfish, di Indonesia dikenal ikan giru

Amphiprion sebae; atau Brown clownfish, di Indonesia dikenal ikan giru pasir

Amphiprion thiellei; atau Thielle’s anemonefish

Amphiprion tricinctus; atau Maroon clownfish

Premnas biaculeatus; atau Gold stripe clown dan Spine-cheek anemonefish, di Indonesia dikenal sebagai ikan Giro balong strip kuning.

MORFOLOGI IKAN BADUT, NEMO, GIRU ATAU CLOWNFISH
Clownfish (Amphiprion ocellaris) atau sering di sebut juga anemone fish (ikan yang hidup di antara anemon) memiliki badan berwarna dasar  orenge cerah dengan tiga belang warna putih (white band) dan sedikit warna hitam di bagian kepala, badan dan pangkal ekor.Tulang di muka dan di bawah mata tidak berduri panjang, bergerigi pendek, jari-jari keras sirip punggungnya tidak sama panjang, memiliki 11 jari-jari pada sirip dorsal dan 17 jari-jari pada pektoral, dan di alam di jumpai ikan nemo dapat mencapai panjang 15 cm (Allen, 1997).

REPRODUKSI IKAN BADUTNEMO, GIRU ATAU CLOWNFISH
A. ocellaris memiliki perilaku reproduksi yang sangat mirip dengan semua ikan anemon. Mereka memiliki sistem kawin monogami, dan dalam proses pemijahan mereka, mereka juga memiliki berbagai tingkat agresivitas antara pria dan wanita. Selain itu, ada hirarki reproduksi yang ada antara usia dan jenis kelamin. Tidak ada banyak data tentang reproduksi A. ocellaris. Namun, perilaku yang sama di seluruh ikan anemon telah direkam. Ikan ini memiliki sistem kawin monogami, dan wilayah anemon mereka. Laki-laki menjadi lebih agresif selama pemijahan. Perilaku laki-laki juga berubah untuk menarik betina: menggigit, mengejar, ekstensi sirip. Sebelum pemijahan, laki-laki yang mempersiapkan sarang dekat anemon (sehingga tentakel anemon dapat melindungi sarang). Setelah laki-laki mengejar perempuan ke sarang, perempuan mulai proses pemijahan. Dia bertelur selama sekitar satu sampai dua jam, dan kemudian meninggalkan sarang untuk laki-laki untuk membuahi telur. Telur memakan waktu sekitar enam sampai delapan hari untuk menetas (periode ini dapat dipengaruhi oleh suhu air). Karena fertilisasi eksternal, laki-laki biasanya merawat telur. Mereka juga memiliki tanggung jawab untuk makan telur jamur yang terinfeksi atau tidak subur, dan mengipasi telur. Laki-laki dapat mengubah jenis kelamin untuk perempuan selama hidup mereka, dan hidup di harem di mana hirarki dominasi didirikan mengelola kelompok dan membuat individu di peringkat sosial tertentu.

CIRI-CIRI IKAN BADUTNEMO, GIRU ATAU CLOWNFISH
Clownfish umum adalah ikan kecil yang tumbuh hingga 11 cm (4,3 inci). Tubuhnya memiliki penampilan gempal dan bentuk oval. Dikompresi lateral, dengan profil bulat. Pewarnaan tubuh adalah oranye untuk coklat kemerahan, tetapi juga bisa menjadi hitam di beberapa daerah tertentu seperti Northern Territory di Australia. Hal ini memiliki tiga garis-garis putih vertikal diuraikan dengan garis hitam halus. Pertama melewati tepat di belakang mata, yang kedua di tengah tubuh melebar ke depan untuk kepala terpusat dan yang ketiga mengelilingi pangkal ekor. Semua sirip juga diuraikan dengan garis hitam halus. A. ocellaris sering bingung dengan Amphiprion percula, yang memiliki persis warna dan pola yang sama pada pandangan pertama tetapi membedakan dirinya dengan ketebalan garis hitam. Selain itu, A. ocellaris memiliki sirip punggung tinggi, dan biasanya memiliki 11 Duri sirip punggung-vs 10 duri di Amphiprion percula.

HABITAT IKAN BADUTNEMO, GIRU ATAU CLOWNFISH
Spesies ini ditemukan di Timur Samudera Hindia dan di barat Samudera Pasifik. Seperti disebutkan sebelumnya, mereka juga dapat ditemukan di Northern Australia, Asia Tenggara dan Jepang. Amphiprion ocellaris biasanya hidup dalam kelompok-kelompok kecil di lereng terumbu luar atau di laguna yang terlindung pada kedalaman maksimal 15 meter. Ini mendiami tiga spesies yang berbeda dari anemon laut. Heteractis magnifica, Stichodactyla gigantea dan Stichodactyla mertensii dan memiliki hubungan simbiosis dengan anemone.

MANFAAT IKAN BADUTNEMO, GIRU ATAU CLOWNFISH
Clownfish dari jenis Amphiprion ocellaris memiliki bentuk dan corak warna yang menarik yaitu berwarna orange cerah, belang putih di bagian kepala, badan dan pangkal ekor serta cocok untuk pengisi akuarium khusus ikan maupun akuarium trumbu karang ( Wardoyo, 2006). Clownfish cukup menjanjikan bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Clownfish adalah ikan hias air laut yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Banyak  orang memeliharanya sebagai ikan hias di akuarium beberapa alasan  sehingga ikan ini diminati sebagai pajangan di akuarium adalah karena keindahan warna tubuhnya yaitu orange cerah  dengan kombinasi hiasan tiga garis putih pada bagian kepala,badan dan pangkal ekor,gerakan lincah,memiliki postur tubuh yang munggil dan tidak ganas.

TINGKAH LAKU IKAN BADUTNEMO, GIRU ATAU CLOWNFISH
A. ocellaris adalah ikan diurnal. Ini adalah hermafrodit protandrous, yang berarti laki-laki dapat mengubah jenis kelamin untuk perempuan selama hidupnya, dan tinggal di sebuah harem yang hirarki dominasi didirikan mengelola kelompok dan membuat individu di peringkat sosial tertentu. Ini adalah agresif dan teritorial sangat tergantung pada anemon laut nya.

PERAN IKAN BADUTNEMO, GIRU ATAU CLOWNFISH DI PERAIRAN
A. ocellaris bergantung pada anemon laut untuk tempat tinggal (mereka memiliki hubungan simbiosis dengan anemon laut). Laut anemon adalah perlindungan bagi ikan dan sarang mereka. Hal ini karena ketika A. ocellaris berada di perairan terbuka, mereka memiliki risiko lebih tinggi predasi. Hal ini mendalilkan bahwa perilaku mengipasi ikan dan penghapusan parasit mempromosikan kesehatan anemon laut yang mengandung ikan A. ocellaris. Selain itu, anemon memberikan perlindungan bagi ikan dengan tentakel, bagaimanapun, perlindungan lendir ikan mencegah dari yang tersengat oleh tentakel. Kehadiran clownfish dapat diartikan sebagai daya tarik untuk menarik potensi anemon ini memangsa dekat dengan tentakel. Dan clownfish juga dapat mempertahankan anemon terhadap beberapa ikan karang yang bisa makan tentakel.

PENULIS
Moh Dwi Pratomo
FPIK Universitas brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Allen, G. 1997. Ikan Laut Tropis Australia dan Asia Tenggara. Perth: Museum Australia Barat.
Arvedlund, M., L. Nielsen. 1996. Lakukan anemonefish Amphiprion ocellaris (Pisces: Pomacentridae) menanamkan diri ke host anemon laut Heteractis magnifica mereka (Athozoa: Actinidae) ?. Etologi, 102: 197-211.
Bailly, N. (2010). Nicolas Bailly, ed. "Amphiprion ocellaris Cuvier, 1830". FishBase. Dunia Register Kelautan Spesies. Diperoleh 2011/12/19.
Google.com.2015. Ikan Badut.http://alamendah.org/2014/09/18/ikan-badut-nemo-si-kecil-penjelajah-ratusan-kilometer/. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2015
Google.com.2015.DeskripsiIkanBadut.https://bunakenreefstore.wordpress.com/2011/02/26/deskripsi-ikan-clownfish-ikan-badut-ikan-nemo/ Diakses pada tanggal 17 Oktober 2015
Google.com.2015.PembenihanIkanBadut.http://hikmaummah.blogspot.co.id/2013/11/perbenihan-ikan-clownfish-amphiprion.html/ Diakses pada tanggal 17 Oktober 2015
Google.com.2015.Ocellaris_clownfish.https://en.wikipedia.org/wiki/Ocellaris_clownfish Diakses pada tanggal 17 Oktober 2015

No comments:

Post a Comment