Sunday, February 9, 2020

Ikan Lepu, Lepu Ayam, Atau Lionfish; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Lion Fish atau disebut juga ikan lepu ayam, Corak tubuhnya bergaris merah, marun, coklat, oranye, hitam dan putih. Bentuk siripnya berduri seperti kipas atau rumbai-rumbai. Panjang tubuhnya sekitar 10-40 cm. Ikan ini juga merupakan Ikan yang berumur panjang. Usia Lion Fish bisa mencapai 15-16 tahun. Ikan ini juga dikenal dengan nama Turkey Fish, Dragon Fish, atau Scorpion Fish. Walaupun cantik, jangan sampai terpukau oleh kecantikannya sehingga berani menyentuh ikan ini. sirip dan durinya yang indah sangat beracun bila menusuk kulit. Sebuah sengatan dari lionfish yang sangat menyakitkan bagi manusia dan dapat menyebabkan pening, demam, mual, muntah, kesulitan bernafas, kejang, walaupun tidak menyebabkan kematian. Area yang terkena bisa berwarna kemerahan dan terasa seperti ditusuk-tusuk.  Para penyelam jelas harus mewaspadai ikan ini. Biasanya lionfish berada di kedalaman laut sekitar 20-50m. Racun yang di hasilkan ikan ini merupakan racun heat-labile. Ini berarti racun ikan ini akan rusak bila terkena panas. Jadi jika manusia terkena racun ini, cara jitunya tentu saja dengan merendam bagian yang terkena dengan air hangat (suhunya kira-kira 45 derajat C), jangan terlalu panas karena kulit dapat melepuh. Lama perendaman kira-kira 30-90 menit. Bila masih terasa sakit maka perendaman ini dapat diulang. Bila sakit sekali, dokter dapat memberikan obat bius lokal. Patil ikan yang mungkin masih tertinggal harus dicari dan dikeluarkan. Dianjurkan juga untuk diberikan suntikan tetanus (luka sepele juga bisa kena tetanus). Bila luka meluas, bisa diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi kulit.

KLASIFIKASI IKAN LEPU ATAU LIONFISH
Kingdom
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Actinopterygii
Ordo
: Scorpaeniformes
Famili
: Scorpaenidae
Genus
: Pterois
Spesies
: Pterois Volitans

MORFOLOGI IKAN LEPU ATAU LIONFISH
Racun Lepu, menyampaikan melalui array hingga 18 jarum seperti sirip punggung, adalah murni defensif. Hal ini bergantung pada kamuflase dan refleks kilat-cepat untuk menangkap mangsa, terutama ikan dan udang. Sebuah sengatan dari lionfish yang sangat menyakitkan bagi manusia dan dapat menyebabkan mual dan kesulitan bernafas, tetapi jarang fatal. Lionfish, juga disebut ikan kalkun, ikan naga dan ikan kalajengking, adalah penduduk asli karang dan celah-celah berbatu Indo-Pasifik, meskipun mereka telah menemukan jalan mereka untuk menghangatkan habitat laut di seluruh dunia.

REPRODUKSI IKAN LEPU ATAU LIONFISH
Ikan Lepu adalah hewan soliter alias hidup menyendiri. Namun ketika musim kawin tiba, beberapa ekor ikan lepu akan berkumpul di tempat yang sama. 1 kelompok ikan lepu biasanya terdiri dari seekor pejantan dan beberapa ekor betina. Saat melakukan perkawinan, ikan lepu betina akan melepaskan 2 kantong lendir berisi telur – telurnya lebih dulu ke air kemudian diikuti dengan pelepasan sperma oleh pejantan. Telur – telur yang sudah dibuahi tersebut kemudian akan mengapung ke permukaan dimana 1 kantong lendir bisa berisi hingga 20.000 butir telur. Telur – telur akan menetas sesudah 36 jam yang juga diikuti dengan mulai pecahnya lapisan lendir yang menyatukan telur – telur. Larva ikan lepu selanjutnya hidup terombang ambing mengikuti arus air laut dan hidup dari memakan hewan – hewan berukuran mikroskopis seperti plankton. Fase larva berlangsung selama 1 bulan dan sesudah itu, ikan lepu muda akan mulai menempuh fase kehidupan didasar laut layaknya ikan lepu dewasa.

CIRI-CIRI IKAN LEPU ATAU LIONFISH
Ikan ini merupakan salah satu ikan terunik dan terindah yang pernah dikenal manusia. Lihat saja guratan garis berwarna warni pada tubuhnya yang indah, sirip punggungnya yang panjang, dan juga sirip pada dadanya yang indah seperti kipas. Ikan lepu memiliki racun (venom) yang terdapat pada siripnya. Apabila tertusuk akan menimbulkan rasa terbakar selama 15 hingga 20 menit. Racun yang dimiliki ikan lepu sangat berbahaya hingga dapat menyebabkan kematian. Gejala yang timbul setelah terkena venom dari ikan lepu adalah hipertensi, takikardia (kenaikan denyut jantung), dan mati rasa. Dalam waktu tiga jam setelah terkena racun, dapat menyebabkan kelumpuhan ekstremitas. Gejala tambahan yang juga terjadi yaitu hipertensi, takikardia (kenaikan denyut jantung), dan mati rasa. Penelitian menunjukkan bahwa racun dari ikan lepu dapat meningkatkan kalsium intraseluler yang mengakibatkan kontraksi otot berkelanjutan. Selain itu, adanya pelepasan asetilkolin mengakibatkan fibrilasi otot diikuti oleh hilangnya respon otot. Hal ini menunjukkan bahwa racun dari ikan lepu dapat menyebabkan kelemahan neuromuskular yang besar.

HABITAT IKAN LEPU ATAU LIONFISH
Habitat ikan Lepu berada di bebatuan karang wilayah Indo-Pasifik. Beberapa temuan juga menunjukkan bahwa ikan ini juga ditemukan dipantai berpasir, estuari, dan perairan pelabuhan. Habitat asli ikan ini menyebar diSamudera Pasifik Barat, mulai dari Indonesia, Australia Utara, Filipina, Papua Nugini, Kepulauan Pasifik, hingga ke Jepang dan Selandia Baru. Namun dipertengahan 1990 ikan ini juga diintroduksikan keperairan Timur Amerika, tepatnyaFlorida dan sekarang penyebarannya meluas hingga ke Karibia termasuk Meksiko, Kuba, Puerto, Rico, Bahama, dll.

MANFAAT IKAN LEPU ATAU LIONFISH
Saat ini pemangsa LionFish mulai berkurang karena banyak faktor salah satunya juga akibat eksploitasi manusia sehingga ikan ini dapat berkembang dan memakan terus ikan-ikan herbivor. Oleh karenanya ikan ini banyak di jadikan penghias aquarium bahkan dijadikan menu makanan di negara-negara karibia karena serbuan lionfish yang dapat menghabiskan stok ikan di bermuda hingga barbados. Bahkan karena lionfish banyak memakan ikan karang, di katakan bahwa dagingnya terasa nikmat. Lionfish yang populer di beberapa bagian dunia sebagai makanan, tetapi jauh lebih berharga dalam perdagangan akuarium.

TINGKAH LAKU IKAN LEPU ATAU LIONFISH
Ikan Lepu adalah hewan nokturnal yang berarti mereka aktif dimalam hari. Disiang hari mereka lebih banyak bersembunyi ditempat – tempat terlindung seperti dilubang karang. Saat mencari makanan dimalam hari, ikan lepu biasanya berenang lambat mengahampiri mangsanya, lalu secara mendadak merentangkan sirip dadanya untuk mencegah mangsanya melarikan diri sebelum kemudian melahapnya dengan cepat. Ikan Lepu biasanya berenang dengan tenang diantara terumbu karang dilaut dangkal dan makanan utamanya adalah ikan – ikan kecil dan plankton – plankton yang menempel pada terumbu karang, udang, kepiting, dll.

PERAN IKAN LEPU ATAU LIONFISH DI PERAIRAN
Ikan Lepu hidup sebagai pemangsa dihabitatnya, ikan ini memangsa hewan yang lebih kecil seperti udang-udangan, kepiting, dan ikan. Ikan ini cenderung aktif memangsa dimalam haridan termasuk ikan yang rakus. Hanya sedikit yang diketahui tentang predator ikan ini, karena duri yang dimilikinya membuat ikan ini tidak dijadikan mangsa oleh ikan yang lebih besar.

PENULIS
Marisa Ekaputri D
FPIK Universitas Brawijaya

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya

DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Lepu
https://savecoralindonesia.wordpress.com/tag/ikan-Lepu
monster-animal.blogspot.co.id/2013/05/lionfish-ikan-berbisa-yang-mematikan.html
www.iftfishing.com/blog/mancing/fishypedia/lepu
www.kompasiana.com/emilia_utomo/ikan-lepu-si-cantik-yang-mematikan_5627ab199297739f0a57e0a1
www.re-tawon.com/2012/06/ikan-lepu-ayam-ikan-anggun-yang.html

No comments:

Post a Comment