GAK DIBACA NYESAL!

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 

Bismillahirrahmanirrahim
Semoga ilmunya bermanfaat.


UMUR MANUSIA

Sabda Rasulullah SAW, "Masa penuaan umur umatku dari 60 hingga 70 tahun". (HR Muslim dan An-Nasa-i). Diperkuat oleh Hadits dari Abu Hurairah RA. Ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Usia umatku (umumnya berkisar) antara 60 sampai 70 tahun. Jarang sekali di antara mereka melewati (angka) itu.’” (HR At-Tirmidzi).


PENYESALAN KETIKA SUDAH MATI

“Hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, “Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku beramal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan.” (Qs Al Mukminun: 99-100). Diperkuat oleh Ayat Al- Quran: Dan (alangkah ngerinya), jika sekiranya kamu melihat ketika orang-orang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Rabbnya, (mereka berkata), “Wahai Rabb kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami ke dunia. Kami akan mengerjakan amal shaleh. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yakin [as-Sajdah/32:12]. Diperkuat oleh Ayat Al- Quran: Dan mereka berteriak didalam neraka itu, “Ya Rabb kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan melakukan amal saleh berbeda dengan yang telah kami kerjakan” [Fâthir/35:37] 


ALLAH MENGAMPUNI DOSA-DOSA SEMUANYA

Dalam hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Seorang hamba mengerjakan dosa kemudian  berkata, ‘Ya Allâh, ampunilah aku.’ Allâh Azza wa Jalla berfirman, ‘Hamba-Ku mengerjakan dosa dan ia tahu bahwa ia mempunyai Rabb yang mengampuni dosa dan menyiksa karenanya.’ Kemudian hamba tersebut berbuat dosa lagi, lalu berkata, ‘Wahai Rabbku, ampunilah dosaku.’ Allâh Azza wa Jalla berfirman, ‘Hamba-Ku berbuat dosa dan ia tahu bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa dan menyiksa karenanya.’ Kemudian hamba tersebut berbuat dosa lagi, lalu berkata, ‘Wahai Rabbku, ampunilah dosaku.’ Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, ‘Hambaku berbuat dosa dan ia tahu bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa dan menyiksa karenanya, berbuatlah sesuka engkau, Aku telah mengampunimu. Shahih: HR. al-Bukhari (no. 7507) dan Muslim (no. 2758). Diperkuat oleh Ayat Al- Quran: “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar {39} : 53-54). 


RAIHLAH AKHIRAT DENGAN AMBISI

Rasulullah SAW mengungkapkan, ''Siapa yang menjadikan ambisinya semata-mata untuk meraih akhirat, Allah akan mencukupi kebutuhan dunianya. Tapi siapa yang ambisi meraih dunianya bermacam-macam, Allah tidak akan pernah peduli dengan yang ia inginkan. Ia justru akan menemui kehancurannya sendiri.'' (HR Ibnu Majah dari Abdullah bin Mas'ud). 


Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi.


Referensi

almanhaj.or.id

almanhaj.or.id/3540-penyesalan-yang-tiada-berguna.html

islam.nu.or.id/post/read/119873/ini-jumlah-rata-rata-usia-umat-nabi-muhammad-saw

muslimah.or.id/2790-angan-angan-mereka-yang-telah-tiada.html

republika.co.id/berita/qal8bx320/rasulullah-saw-ingatkan-umatnya-jangan-jadikan-dunia-ambisi

sman4bukittinggi.sch.id

sumbarprov.go.id/home/news/16738-usia-yang-hina-atau-umur-yang-berkah

No comments:

Post a Comment