Sunday, February 9, 2020

Ikan Todak; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Todak (Xiphias gladius) atau adalah sejenis ikan laut yang rahang atas dan moncongnya memanjang berbentuk seperti pedang pipih dan kuat berukuran hampir sepertiga panjang badan ikan tersebut. Tubuh ikan todak panjang mmbulat dapat mencapai 2 – 4,6 m dan dapat berbobot hingga 650 kg, kulitnya licin tidak bersisik, bagian atas tubuhnya berwarna keunguan atau kebiruan dan bagian bawah tubuhnya keperakan. Banyak terdapat di perairan tropis dan perairan iklim sedang.Ikan todak satu-satunya anggota famili Xiphiidae.

KLASIFIKASI IKAN TODAK
Kerajaan
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Actinoperygii
Ordo
: Perciformes
Famili
: Xiphiidae
Genus
: Xiphias
Spesies
: X. Gladius
Nama Biomal
: Xiphias gladius

MORFOLOGI IKAN TODAK
Todak betina lebih bear dari yang jantan, dengan jantan yang lebih berat dari 135 kg jarang ditemukan.Ikan todak betina dewasa pada umur 4-5 tahun di Pasifik barat-laut sementara jantan dewasa sekitar umur 3 sampai 4 tahun. Di Pasifik Utara, pemijahan berkelompok terjadi di air yang lebih hangat daripada 24 °C dari bulan Maret hingga Juli dan sepanjang tahin di Pasifik katulistiwa. Ikan todak dewasa mencari makan yang berupa ikan pelagis seperti tuna kecil, lemadang, barakuda, dan ikan terbang, makarel, dan juga spesies bentik seperti hake dan rockfish. Jika ada, cumi-cumi juga mangsa yang penting. Ikan todak dewasa dianggap memiliki sedikit pemangsa, sedangkan ikan todak muda sangat rentan dimangsa oleh ikan pelagis besar. Sementara ikan todak termasuk hewan berdarah dingin, mereka mempunyai organ khusus dekat mata untuk menghangatkan mata dan juga otak mereka. Suhu 10 sampai 15 °C di atas suhu air sekitarnya telah diukur. Pemanasan mata meningkatkan penglihatannya, dan meningkatkan kemampunnya dalam menagkap mangsa. Dari lebih dari 25.000 spesies ikan bertulang sejati, hanya 22 yang diketahui mampu menghangatkan bagian tubuh tertentu di atas suhu air sekitarnya.Diantara ikan-ikan tersebut adalah ikan todak, marlin dan tuna.

REPRODUKSI IKAN TODAK
Todak jantan dan betina memiliki bentuk yang hampir serupa, namun biasanya marlin betina akan berukuran lebih besar karena mereka menghasilkan telur. Kematangan seksual jantan dicapai saat ukurannya mencapai 140 cm sedangkan betina pada ukuran 230 cm. Betina akan mengeluarkan telurnya di sekitar terumbu karang dan jantan akan membuahinya. Marlin betina dalam sekali bertelur dapat mengeluarkan sekitar 40 juta telur, mereka biasanya kawin pada bulan oktober hingga November.

CIRI-CIRI IKAN TODAK
Nama ilmiahnya berasal dari paruhnya yang panjang dan tajam menyerupai pedang (Latin gladius) atau tombak. Pedang tersebut bersama dengan bentuk tubuh yang melancip memungkinkan ikan todak menyibak air dengan mudah dan lincah. Berlawanan dengan kepercayaan umum, pedangnya itu tidak dipakai menombak, melainkan untuk memukul dan melukai mangsanya agar mangsa tersebut mudah ditangkap. Unrtuk menangkap mangsanya, ikan todak sangat bergantung pada kecepatannya yang dapat mencapai 80 kilometer per jam serta kelincahan dalam air. Satu penggunaan untuk pertahanan yang mungkin dari pedangnya adalah melindungi dirinya dari pemangsa alaminya yang sedikit. Hiu mako sirip-pendek adalah salah satu binatang laut jarang yang cukup besar dan cepat untuk mengejar dan membunuh seekor ikan todak, namun hiu itu tidak selalu menang. Kadang-kadang saat berjuang melawan seekor hiu, seekor ikan todak dapat membunuh hiu tersebut dengan menusuknya di insang atau perut. Ciri paling mudah dari ikan ini adalah sungut yang tajam menyerupai pedang. Punggungnya bisa berwarna cokelat tua, perunggu, ungu metalik, biru keabu-abuan, atau hitam sama sekali. Sisinya bisa gelap dan bawahnya bisa putih. Ikan Todak memiliki badan memanjang, dengan sirip pektoral berbentuk sabit, dan sirip anal. Ia turut memiliki tompok gelap pada bagian posterior disirip dorsalnya. Ukuran bagi panjang badan ikan Todak tidak termasuk sirip caudal dan kepala karena moncong ikan Todak yang panjang seringkali patah.

HABITAT IKAN TODAK
Ikan Todak berada diseluruh dunia dikawasan laut tropika dan serdahana. Di atlantik Timur, ia diketahui terdapat di Tanjung Verde dan Dakar sehingga jajahan Namibe, Mocamedes di Angola. Di atlantik barat, ia dietahui berada diselatan Teluk Chesapeake sehingga ke Brazil. Ia terdapat disepanjang lautan India dan di barat pasifik dari selatan kepulauan Jepun sehingga ke Australia dan Tuvalu. Ikan Todak biasanya tinggal di air laut neritik berhampiran pulau, muara dan dekat dengan sungai.

MANFAAT IKAN TODAK
Ikan ini memiliki manfaat, antara lain sebagai primadona buruan bagi para pemancing, karena kekuatan nya yang membuat sensasi strike menjadi lebih hidup. Memiliki kandungan DHA dan Omega 3 yang juga sangat tinggi dmembuat ikan ini dijadikan sebagai makanan yang baik untuk tumbuh kembang anak.

TINGKAH LAKU IKAN TODAK
Ikan todak bukanlah ikan yang hidup berkelompok. Mereka berenang sendirian dan dalam pengelompokan yang berjauhan, terpisah sekitar 10 meter dari ikan todak tetangganya. Mereka sering ditemukan berjemur di permukaan, mengudarakan sirip punggung pertamanya. Penumpang kapal melaporkan hal ini sebagai pemandangan indah, seperti lompatan kuatnya yang membuat spesies ini dikenal. Lompatan ini oleh beberapa peneliti dianggap untuk melepaskan hama, seperti gemih atau lamprey. Lompatan itu juga bisa menjadi cara ikan todak makan di permukaan dengan mengejutkan ikan kecil saat todak itu melompat dari air, membuat ikan kecil tersebut lebih mudah ditangkap untuk dimakan. Ikan todak makan setiap hari, seringkali pada malam hari saat mereka naik ke permukan dan air dekat permukaan untuk mencari ikan yang lebih kecil. Mereka telah diamati bergerak melewati sekawanan ikan, menebaskan pedangnya untuk membunuh atau mengejutkan mangsanya. Di Atlantik Utara bagian barat, cumi-cumi merupakan makanannya yang populer. Ikan seperti menhaden, makerel, bluefish, silver hake, butterfish, dan ikan haring juga merupakan makanan ikan todak.

PERAN IKAN TODAK DI PERAIRAN
Todak biasanya sangat menyukai umpan permukaan, atau trolling. Karena memang di alam liar ikan ini memangsa ikan – ikan yang berada di dekat permukaan seperti ikan cakalang dan ikan tuna. Ikan marlin yang merupakan predator murni senang sekali menyantap ikan – ikan tersebut sambil mengejarnya. Perilaku ikan ini dapat kita ketahui saat ia tertangkap oleh mata kail kita. Ikan ini akan melompat lompat  ke permukaan air bahkan sampai lebih dari 2 M diatas permukaan air.

PENULIS
Marisa Ekaputri D
FPIK Universitas Brawijaya

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya

DAFTAR PUSTAKA
https://richocean.wordpress.com/ikan-laut/ikan-todak/
https://savecoralindonesia.wordpress.com/tag/ikan-Lepu
sedikittentangikan.blogspot.co.id/2010/07/ikan-todak.html
www.iftfishing.com/blog/mancing/fishypedia/swordfish
www.re-tawon.com/2012/06/ikan-lepu-ayam-ikan-anggun-yang.html

No comments:

Post a Comment