Sunday, February 9, 2020

Ikan Kakap Lobo, Ikan Sampah, Tripletail Atlantik, Tripletail, Flasher, Atau Steamboat; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Tripletail Atlantik atau tripletail (Lobotes surinamensis) adalah ikan laut yang hangat-air yang ditemukan di daerah tropis; dapat tumbuh sampai 90 cm dan berat 18 kg. Hal ini juga dikenal oleh nelayan dengan nama-nama seperti flasher atau steamboat. Ikan muda mengapung di sisi mereka, sering di samping kapar, dan muncul seperti daun kering.

KLASIFIKASI IKAN KAKAP LOBO, IKAN SAMPAH, ATAU TRIPLETAIL
Kingdom
: Animalia
Phylum
: Chordata
Class
: Actinopterygii
Order
: Perciformes
Family
: Lobotidae
Genus
: Lobotes
Species
: Lobotes surinamensis

MORFOLOGI IKAN KAKAP LOBO, IKAN SAMPAH, ATAU TRIPLETAIL
Tripletail Atlantik atau tripletail (Lobotes surinamensis) adalah ikan laut yang hangat-air yang ditemukan di daerah tropis; dapat tumbuh sampai 90 cm dan berat 18 kg. Hal ini juga dikenal oleh nelayan dengan nama-nama seperti flasher atau steamboat. Ikan muda mengapung di sisi mereka, sering di samping kapar, dan muncul seperti daun kering. Atlantik tripletail memiliki sisik yang memperpanjang ke punggung nya, anal, dan sirip ekor dan profil kepala yang cekungan sebagai usia ikan. Ia memiliki tubuh yang dikompresi tetapi mendalam dengan kepala berbentuk segitiga. Mata kecil, tapi mulut besar. Dasar dari sirip punggung dan dubur adalah skala dan sirip dada lebih pendek dari sirip perut. Nama "tripletail" diberikan karena tiga sirip bulat ikan: punggung, ekor, dan anal.

REPRODUKSI IKAN KAKAP LOBO, IKAN SAMPAH, ATAU TRIPLETAIL
Tripletail Atlantik atau tripletail (Lobotes surinamensis) adalah ikan laut yang hangat-air yang ditemukan di daerah tropis; dapat tumbuh sampai 90 cm dan berat 18 kg. Hal ini juga dikenal oleh nelayan dengan nama-nama seperti flasher atau steamboat. Ikan muda mengapung di sisi mereka, sering di samping kapar, dan muncul seperti daun kering. Pemijahan terutama terjadi pada musim panas di kedua Atlantik dan Teluk Meksiko U. pantai, dengan puncak pada bulan Juli dan Agustus. Jemaat besar tripletails selama bulan-bulan musim panas di perairan pantai dan dekat pantai perairan pesisir Georgia menunjukkan daerah ini adalah estuarian pemijahan habitat penting untuk spesies. Larva Atlantic tripletails pergi walaupun empat tingkat pembangunan; preflexion, fleksi, postflexion, dan transformasi. Pada saat larva mencapai 0,16 di (4 mm), mereka memiliki mata besar dan kepala cekung. Bentuk-bentuk larva dari Atlantic tripletails mirip dengan boarfishes, beberapa jack, spadefishes, dan bass.

CIRI-CIRI IKAN KAKAP LOBO, IKAN SAMPAH, ATAU TRIPLETAIL
Juvenile Atlantic tripletails berwarna sebuah berbintik-bintik kuning, coklat, dan hitam. Dewasa hitam legam. Ketika itu terletak pada sisinya di permukaan, tripletail kadang-kadang bingung untuk daun bakau mengambang. The remaja memiliki sirip dada putih dan margin putih pada sirip ekor mereka. Tripletails dewasa bervariasi pola warna belang-belang yang berkisar dari coklat tua sampai coklat kemerahan, sering dengan warna abu-abu.

HABITAT IKAN KAKAP LOBO, IKAN SAMPAH, ATAU TRIPLETAIL
Tripletails Atlantic ditemukan coastally di sebagian besar, tapi tidak semua, tropis dan subtropis laut. Mereka semimigratorial dan pelagis. Biasanya soliter, mereka telah dikenal untuk membentuk sekolah. Mereka dapat ditemukan di teluk, suara, dan muara selama musim panas. Remaja biasanya ditemukan berenang di bawah patch dari Sargassum ganggang. Di Teluk Meksiko, orang dewasa biasanya ditemukan di perairan terbuka, tetapi juga dapat ditemukan di berlalu, lubang, dan teluk dekat muara sungai. Dewasa besar kadang-kadang ditemukan di dekat permukaan lebih dalam, perairan terbuka, meskipun selalu terkait dengan benda-benda mengambang. Ikan muda juga sering ditemukan di atau dekat bangkai kapal, balok atau mendukung, dermaga, kapar dan pelampung laut. Fry biasanya ditemukan di perairan yang melebihi 84 ° F (29 ° C), lebih besar dari 3,3 ‰ salinitas, dan lebih dari 230 kaki (70 m) dalam.

MANFAAT IKAN KAKAP LOBO, IKAN SAMPAH, ATAU TRIPLETAIL
Beberapa ton Atlantic tripletails memancing komersial di sebelah timur dan barat pantai Florida, dan dipasarkan segar, beku, atau asin. Mereka terutama tertangkap menggunakan pukat haul, jaring insang, dan gigi line. Mereka yang umum dalam tangkapan driftnet tuna sepanjang tepi landas kontinen. Ikan ini jarang ditargetkan oleh nelayan rekreasi.

TINGKAH LAKU IKAN KAKAP LOBO, IKAN SAMPAH, ATAU TRIPLETAIL
Tripletails Atlantic adalah pemakan oportunistik; mereka memakan berbagai makanan, sebagian besar finfish kecil seperti menhaden jurang, bumper Atlantic, dan ikan asin. Mereka juga memakan invertebrata seperti kepiting biru dan udang coklat, serta krustasea bentik lainnya. Tripletails yang terkenal untuk perilaku yang tidak biasa mereka mengambang tepat di bawah permukaan dengan satu sisi terkena, meniru daun atau puing-puing mengambang. Hal ini dianggap sebagai strategi makan karena wilayah item mangsa mereka dan struktur terapung yang terkait dengan perilaku ini. Perilaku telah mengakibatkan insiden yang meningkat pesat nelayan rekreasi melihat-memancing untuk tripletails mengambang, sehingga tas dan panjang pembatasan parah di Florida dan Georgia untuk memastikan populasi masa depan.

PERAN IKAN KAKAP LOBO, IKAN SAMPAH, ATAU TRIPLETAIL DI PERAIRAN
Atlantic tripletail tidak terdaftar sebagai terancam punah atau rentan dengan World Conservation Union (IUCN). Kedua Florida dan Georgia memiliki batas tas dua ikan per hari untuk rekreasi memancing. Di Florida, panjang minimum adalah 15 di; [6] di Georgia, 18 di [5]. Atlantik tripletail adalah satu-satunya ikan dalam keluarga Lobotidae yang dapat ditemukan di Samudera Atlantik. Hal ini, bagaimanapun, didistribusikan di laut tropis. Di perairan AS, Atlantic tripletails ditemukan dari Massachusetts dan Bermuda ke Argentina, timur Atlantik dan Laut Mediterania, dari Madeira Island ke Teluk Guinea, Pasifik timur dari Kosta Rika ke Peru, dan Pasifik Barat dari Jepang ke Fiji dan Tuvalu . Mereka jarang ditemukan utara dari Chesapeake Bay. Mereka ditemukan di pantai Teluk dari bulan April sampai Oktober dan kemudian bermigrasi ke perairan yang lebih hangat selama musim dingin. Pada musim semi, tripletails berkonsentrasi hanya lepas pantai dari dua tempat tertentu: Port Canaveral, Florida (Maret-Juni) dan Jekyll Island, Georgia (April-Juli).

PENULIS
Moh Dwi Pratomo
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Allen, G. 1997. Ikan Laut Tropis Australia dan Asia Tenggara. Perth: Museum Australia Barat.
Bailly, N. (2010). Nicolas Bailly, ed. "Amphiprion ocellaris Cuvier, 1830". FishBase. Dunia Register Kelautan Spesies. Diperoleh 2011/12/19.
Breder Jr, CM (1949). "Pada Perilaku Muda Lobotes surinamensis". Copeia (4): 237-242. doi: 10,2307 / 1438372.
Ditty, James G & R F Shaw (1993). "Pengembangan larva dari tripletail Lobotes surinamensis (Pisces: Lobotidae), dan distribusi spasial dan temporal mereka di utara Teluk Meksiko" (PDF). Perikanan Bulletin 92: 33-45.
Google.com.2015.Atlantic_tripletail.https://en.wikipedia.org/wiki/Atlantic_tripletail Diakses pada tanggal 17 Oktober 2015
Gudger, EW (1931). "The Triple-Tail, Lobotes surinamensis, Its Nama, Kejadian di Pesisir dan Its Sejarah Alam". The American Naturalist 65 (696): 49-69. doi: 10,1086 / 280.346.

No comments:

Post a Comment