Monday, February 10, 2020

Ikan Bonito Atlantik, Bonito Pasifik, Atau Cakalang; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Bonito (dari kata bahasa Spanyol atau Portugis yang berarti "cantik") adalah nama yang diberikan untuk berbagai spesies ikan berukuran sedang, dari genus Sarda, dari keluarga ikan makarel. Spesiesnya adalah Bonito Umum, Bonito Atlantik (Sarda sarda) dan Bonito Pasifik.

KLASIFIKASI IKAN BONITO
Kingdom
: Animalia
Phyllum
: Chordata
Class
: Actinopterygii
Ordo
: Perciformes
Family
: Scombridae
Genus
: Sarda
Spesies
: Sarda sarda

MORFOLOGI IKAN BONITO
Ikan Bonito memiliki tubuh berbentuk memanjang dan agak bulat (fusiform), dengan dua sirip punggung yang terpisah. Sirip punggung pertama terdiri dari XIV-XVI jari-jari tajam. Sirip punggung kedua yang terdiri dari 14-15 jari-jari lunak, diikuti oleh 7-9 sirip tambahan berukuran kecil (finlet). Sirip dubur berjumlah 14-15 jari-jari, diikuti oleh 7-8 finlet. Sirip dada pendek, dengan 26-27 jari-jari lunak. Di antara sirip perut terdapat dua lipatan kulit yang disebut taju interpelvis. Busur (lengkung) insang yang pertama memiliki 53-63 sisir saring. Bagian punggung berwarna biru keungu-unguan hingga gelap. Bagian perut dan bagian bawah berwarna keperakan, dengan 4 hingga 6 garis-garis berwarna hitam yang memanjang di samping badan. Tubuh tanpa sisik kecuali pada bagian barut badan (corselet) dan gurat sisi. Pada kedua sisi batang ekor terdapat sebuah lunas samping yang kuat, masing-masing diapit oleh dua lunas yang lebih kecil.      

REPRODUKSI IKAN BONITO
Sistem kelamin pada ikan jantan disusun oleh testis, vasa deferensia dan lubang genital. Testis, terletak di bawah gelembung renang dan di atas intestinum. Bentuk testis agak kompak dan berwarna putih. Di dalam testis dihasilkan spermatozoa. Proses pembentukan spermatozoa disebut spermatogenesis. Bentuk spermatozoa bermacam-macam tergantung kepada spesies ikan. Alat penggantung testis disebut mesorchium. Vasa deferensia, merupakan dua buah saluran sperma yang bergabung pada bagian belakangnya membentuk suatu ruang genital yang terbuka ke arah luar, terletak di antara ureter atau papila urinaria dan anus. Lubang genital (porus genitalia), merupakan lubang yang terbuka ke arah luar dan tempat pelepasan sperma. Gonad ikan betina berwarna kuning kecoklatan, seperti yang di katakan Tester dan Takata (1953). Penampang gonad ikan betina tampak bulat dengan warna kuning kecoklatan, hal ini menunjukan bahwa gonad telah masak. Terletak di dekat usus, letak gonad betina mengisi dua pertiga rongga perut atau hampir menutupi organ-organ tubuh. (Khairuman dan Amri, 2007).

CIRI-CIRI IKAN BONITO
Ikan Bonito adalah perenang andal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging Bonito berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot Bonito lebih banyak mengandung myoglobin dari pada ikan lainnya. Kebanyakan bertubuh besar, ikan Bonito adalah ikan yang memiliki nilai komersial tinggi.

HABITAT IKAN BONITO
Ikan Bonito banyak sekali terdapat di pantai-pantai Australia Timur, juga banyak terdapat pada pulau pasir yang ada di tengah laut. Ikan Bonito berenang di Northeast Pacific: off the coast of Alaska (60°16'N, 145°32'W) ke Cabo San Lucas at the tip of Baja California (22°20'N, 112°27'W) and Revillagigedo Islands.

MANFAAT IKAN BONITO
Dalam masakan Jepang yang dibuat di luar Jepang, nama Bonito dipakai sebagai terjemahan dari katsuo (Katsuwonus pelamis atau ikan cakalang). Ikan ini diasap dan dikeringkan untuk membuat katsuobushi, bahan untuk membuat dashi (kaldu ikan dalam masakan Jepang). Daging Bonito Pasifik dan Atlantik memiliki tekstur yang keras dan warna agak gelap dan kandungan lemak yang sedang. Daging Bonito muda agak cerah, mirip dengan ikan cakalang dan kadang-kadang digunakan sebagai pengganti yang lebih murah dari cakalang terutama untuk dikalengkan. Bonito disebut tuna di banyak negara, namun di Spanyol, ikan tuna (Thunnus alalunga) seringkali disebut sebagai Bonito del Norte.

TINGKAH LAKU IKAN BONITO
Tingkah laku ikan adalah adaptasi tubuh ikan terhadap pengaruh lingkungan internal dan eksternal. Yang termasuk pengaruh lingkungan eksternal adalah oksigen, cahaya, salinitas dan faktor lingkungan lainnya. Yang termasuk faktor internal adalah kematangan gonad dan pertumbuhan (Baskoro, 2011). Ikan Bonito termasuk ikan pelagis bermigrasi secara oseanik. Dia menyenangi berada pada kedalaman di sekitar thermocline. Ikan sering didapatkan bergerombol berdasarkan ukuran. Ikan ukuran lebih besar bergerombol mengikuti objek seperti debris yang melayang dekat permukaan.

PERAN IKAN BONITO DI PERAIRAN
Di dalam air ikan mengambil makanan, bergerak, bernapas, respirasi, pertumbuhan, reproduksi, ekskresi, karena apapun yang terjadi pada perairan akan berakibat langsung pada kesehatan ikan sehingga ikan adalah hewan yang sangat tergantung dengan air. Ikan bonito berperan sebagai pemangsa yang memakan ikan lebih kecil dari ukuran tubuhnya. Seperti halnya pada ikan-ikan sejenis, yang menempati urutan tingkat konsumen kedua ataupun ketiga.

PENULIS
Melynda Dwi Puspita
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Allen JRL, (1985), Principles of Physical Sedimentology, Department of Geology, University of Reading London: George Allen and Unwin.
Astawan, M. 2004. Sehat Bersama Aneka Sehat Pangan Alami. Tiga Serangkai: Solo.
Baskoro, M. S. 2011. Tingkah Laku Ikan Hubungannya dengan Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap. Lubuk Agung: Bandung.
Fujaya, Yushinta. 2004. Fisiologi Ikan Dasar Pengembangan Teknologi Perikanan. Rineka Cipta: Jakarta.
http://sugarglider-jambiindo.blogspot.co.id/2014/03/mengenal-ikan-bonito.html (diakses pada tanggal 14 oktober 2015 pukul 09:17 WIB)
https://id.wikipedia.org/wiki/Bonito(diakses pada tanggal 14 oktober 2015 pukul 08:36 WIB)
Mentari,Ratna.2010.TingkahLakuIkan.http://ratnamentariblogspotcom.blogspot.co.id/2010/02/2.html (diakses pada tanggal 17 oktober 2015 pukul 19:21 WIB)
Moyle, P.B. and J.J. Cech, Jr. 1988. Fishes. An Introduction to Ichthyology. Second Edition. Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.
Mustiawan,Komang.2012.ApaItuIkanBonito.http://mustkomang.blogspot.co.id/2012/12/apa-itu-ikan-bonito.html (diakses pada tanggal 14 oktober 2015 pukul 09:18 WIB)
Rikky.2014.MengenalIkanBonito.http://aquascapemurah.blogspot.co.id/2014/03/mengenal-ikan-bonito.html (diakses pada tanggal 14 oktober 2015 pukul 09:19 WIB)
Stansby ME. 1963. Industry Fishery Technology. Reinhold Publishing Corp. NewYork.
Tester, A. L. and M. Takata. 1953. Contribution on the Biology of the Aholehole A Potential Baitfish. Hawaii Mar. Lab. Contr. No. 38.

No comments:

Post a Comment