Friday, April 30, 2021

Ikan Keyapu Atau Golden Grouper (Cephalopholis aurantia); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Keyapu Atau Golden Grouper (Cephalopholis aurantia); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Serranidae, Hidup di Terumbu karang, umumnya kedalaman lebih dari 80 m; 9 duri sirip punggung, sirip ekor membulat, 9 jari lunak sirip dubur, 45–56 sisik gurat sisi, tepi bawah tutup insang bergerigi, sirip perut mencapai dubur, oranye-kuning dengan bintik-bintik kecil kemerahan lebih tua, pinggir belakang sirip ekor pucat; Indo–Pasifik Barat; 30 cm.

 

Keyapu or Golden Grouper Fish (Cephalopholis aurantia); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Serranidae family, Live on Coral reefs, usually deeper than 80 m; 9 dorsal-fin spines, caudal fin rounded, 9 anal-fin rays, 45–56 lateral-line scales, subopercle edge serrate, pelvic fins reach anus, orange–yellow with small darker reddish spots, caudal-fin posterior margin pale; Indo–W. Pacific; to 30 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Thursday, April 29, 2021

Ikan Keyapu, Geurape Brinchek Itam Atau Peacock Grouper (Cephalopholis argus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Keyapu, Geurape Brinchek Itam Atau Peacock Grouper (Cephalopholis argus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Serranidae, Hidup di Terumbu karang, kedalaman 0–40 m; sirip punggung dengan 9 duri dan 15–17 jari lunak, sirip ekor membulat, 9 jari lunak pada sirip dubur, tubuh dan sirip coklat tua dengan banyak bintik biru kecil (bertepi gelap), 5 atau 6 baris pucat pada bagian belakang tubuh dan area pucat di atas dada; Indo–Pasifik Barat; sampai 60 cm.

 

Keyapu Fish, Geurape Brinchek Itam or Peacock Grouper (Cephalopholis argus); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Serranidae family, Live on Coral reefs, to 40 m depth; dorsal fin with 9 spines and 15–17 soft rays, caudal fin rounded, 9 anal-fin rays, body and fins dark brown with numerous small blue spots (dark-edged), 5 or 6 pale bars on rear part of body and a pale area over chest; Indo–W. Pacific; to 60 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Wednesday, April 28, 2021

Ikan Keyapu, Kerapu Atau Sunrise Perch (Caprodon schlegelii); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Keyapu, Kerapu Atau Sunrise Perch (Caprodon schlegelii); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Serranidae, Hidup di Dasar berbatu atau karang, kedalaman 50–200 m; sirip punggung tidak berlekuk dan terdapat 10 duri punggung dan 19–21 jari lunak, 57–61 sisik gurat sisi, pinggir sirip ekor sedikit emarginate, tubuh dan sirip oranye kemerahan dengan beberapa bercak besar kekuningan; Pasifik Barat Tengah; sampai 35 cm.

 

Keyapu, Grouper or Sunrise Perch Fish (Caprodon schlegelii); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Serranidae family, Live on Coral or rocky substrates, 50–200 m depth; dorsal fin not notched and with 10 dorsal spines and 19–21 soft rays, 57–61 lateral-line scales, caudal fin slightly emarginate, body and fins reddish orange with several large yellowish blotches; W. Central Pacific; to 35 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Tuesday, April 27, 2021

Ikan Keyapu, Kerapu Atau Slender Grouper (Anyperodon leucogrammicus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Keyapu, Kerapu Atau Slender Grouper (Anyperodon leucogrammicus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Serranidae, Hidup di Terumbu karang, kedalaman 0–80 m; tubuh dan kepala memanjang dan pipih, tidak ada gigi pada langit-langit, sirip ekor membulat, dewasa abu-abu kecoklatan dengan banyak bintik-bintik kuning di kepala, tubuh dan sirip punggung, pada tubuh ada 4 garis keputihan mulai dari belakang mata; Indo–Pasifik Barat; sampai 60 cm.

 

Keyapu, Grouper or Slender Grouper (Anyperodon leucogrammicus); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Serranidae family, Live on Coral reefs, to 80 m depth; body and head elongate and compressed, no teeth on palatines, caudal fin rounded, adults brownish grey with numerous orange spots on head, body and dorsal fin, 4 whitish stripes originating behind eye on body; Indo–W. Pacific; to 60 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Monday, April 26, 2021

Ikan Keyapu Lumpur Hitam, Geurape Itam Atau Redmouth Grouper (Aethaloperca rogaa); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Keyapu Lumpur Hitam, Geurape Itam Atau Redmouth Grouper (Aethaloperca rogaa); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Serranidae, Hidup di Terumbu karang, kedalaman 0–60 m; 9 duri sirip punggung, sirip ekor tegak lurus, sirip dada jelas asimetris, tubuh lebar dan pipih, warna coklat tua sampai kehitaman merata, rongga mulut oranye kemerahan, tepi belakang putih pada sirip ekor yang muda, Indo–Pasifik Barat; sampai 60 cm.

 

Black Mud Keyapu Fish, Geurape Itam or Redmouth Grouper (Aethaloperca rogaa); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Serranidae family, Live on Coral reefs, to 60 m depth; dorsal fin with 9 spines, caudal fin truncate, pectoral fins distinctly asymmetrical, body deep and compressed, uniformly dark brown to blackish, inside mouth reddish orange, caudal fin of juveniles with white posterior margin; Indo–W. Pacific; to 60 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Sunday, April 25, 2021

Ikan Kuniran Merah Atau Typical Slopefish (Symphysanodon typus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Kuniran Merah Atau Typical Slopefish (Symphysanodon typus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Symphysanodontidae, Hidup di Karang berbatu dalam, 50–440 m, 2 duri pada tutup insang bagian atas, sirip punggung dengan 9 duri dan 10 jari lunak, 49–55 sisik gurat sisi, sirip ekor sangat bercagak dan tidak berfilamen, merah muda dengan tutup insang kuning, sirip punggung dan cuping ekor lebih rendah kuning; Pasifik Barat-Tengah; 22 cm.

 

Red turmeric fish or Typical Slopefish (Symphysanodon typus); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Symphysanodontidae family, Live on Deep rocky reefs, 50–440 m depth; 2 spines on upper opercle, dorsal fin with 9 spines and 10 soft rays, 49–55 lateral-line scales, caudal fin deeply forked and not filamentous, pinkish with yellow opercle, dorsal fin and lower caudal lobe yellow; W. & Central Pacific; to 22 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Saturday, April 24, 2021

Cara Menjaga Otak Tetap Awet



1. Hormati waktu istirahat otak
2. Jangan Mendem Perasaan keluarkan saja (karna orang yang mendem cepat marah, dikit" luka batin), hargai hak" kamu untuk mencurahkan sampah
3. Menyanyilah (perlu diingat lirik adalah sugesti bahaya harus cari yang liriknya bagus, karena ada penyanyi yang menyanyi persis hidupnya seperti lirik yang dia nyanyikan) pilih lagu yang liriknya netral jangan pilih lirik yang bikin down dalam kejatuhan. Contoh: lagu cinta jatuh terpuruk hancur jangan dinyanyiin
4. Membaca setiap hari minimal 1 jam
5. Punya Kesenangan Hobi, Hal yang membuat senang
6. Otak manusia tidak diciptakan Tuhan untuk pura", Pura" terlalu lama dalam suatu hubungan, pura" terlalu lama dalam karir mengakibatkan kamu cepat ling lung nanti, karna kamu terlalu sering pake topeng
7. Orang yang ga bisa megang duit boros ga Happy tuh
8. Setelah bangun pagi jangan langsung kaget, wuaahhh langsung berdiri langsung naik ky mau olahraga (ga boleh) karena orang ketika tidur Gelombang Delta, Setengah sadar Theta, dari Theta rada ngulet lembut, dan dari Theta Ngulet Kasar itu Alpha (nikmati kondisi Alpha cukup lama/kondisi rileks) jadi wajib ngulet tiap pagi karena ngulet menyehatkan otak
9. Olahraga menjadikan otak lebih awet karena oksigen banyak masuk ke otak
10. SEGERA MENEMUKAN CINTAMU

gelombang otak:
-Beta: gelombang siaga
-alpha: gelombang relaks tenang, ngulet dikasur (ngulet rileks saat gelombang Alpha harus dinikmati biar otak kamu sehat)
-theta: gelombang setengah tidur, ngigau,mimpi, sangat relaks sangat tenang
-Delta: gelombang tidur nyenyak

*pagi siang sore: gelombang beta dominan
*sore menjelang malam: jam 6 jam 7 gitu ya: otak akan menikmati gelomvang Alpha
*diatas jam 7, 8, 9, 10 malam: gelombang theta=biasa sesi curhat dengan pasangan/anggota keluarga atau pillow talk
*kemudian Delta: tidur nyenyak

√bila ingin otak tetap awet hormati jam tidur otak anda

-jangan jam 8 malam 9 malam marah" sama anak marah" ke pasangan, jangan kerja yang berat" mikirnya

jangan ngopi malam hari saat otak mulai capek

√waktu belajar siang atau sore, jangan malam (apalagi matematika hitungan) jangan malam hitung"otak gak boleh panas (khusus analisa mendalam hitung"an) kalau hafalan boleh saja

√100Milyar neuron merosot umur 40-50 tahun, 60 tahun menurun dari 100M jadi 80M, 70M semakin merosot

√orang yang alzheimer demensia pikun parah usia 60/70 tahun, mungkin sisa 60 milyar=efeknya nyusahin orang Kencing sembarangan, BAB sembarangan, teriak-teriak gajelas, marah"

√hal pertama diatas jam 7 malam ga boleh mikir berat, apapun itu marah" berdebat sama anak, marah" sama orang tua, kerja, belajar itung"an, matematika, malam hari ga boleh mengasah otak. Kalau pagi, siang, sore silahkan

√berharap di masa tua ga merosot neuron ya jangan sampe 50M, paling ngga 80 M yaa 70M neuron

√Ilmu ada folder" nya diotak ky perpustakaan, contohnya ada seorang ibu" kena stroke tapi lupa bahasa Indonesia semua sedangkan bahasa belanda lancar berarti bagian folder bahasa indonesianya yang kena. Contoh lagi orang kena stroke yang tidak bisa menggerakkan jari=berarti area neuron di otak yang berhubungan dengan pengendalian jari kena.

√hal yang paling mengerikan saat sudah jompo saat kehilangan sesuatu yang basic seperti, kencing sembarangan, BAB, nangis, teriak d an lain" yang menyusahkan, kita ga punya kontrol itu lagi karena neuron berguguran

√hal agar otak tetap sehat, keluarkan uneg" ekspresikan rasa contoh: jangan ga pernah nangis, ga pernah ngomong, ga pernah menceritakan, gaada yang tau kamu punya masalah tertutup semuanya otak kamu akan penuh. Otak kalau kepenuhan akan berat kerjanya. Contohnya laptop dikira rusak ternyata karena data kepenuhan. Sama dengan otak apabila terlalu banyak data cepat panas (gampang pusing, gampang cape, kreatifitas hilang, kemungkinan filenya sudah banyak) ini karena mendem sebenarnya=solusi: paling ngga tulis diari kek, ngomel" di voice note terus kamu hapus karna memang harus keluar.

√Penelitian mengungkapkan orang" depresi itu bisanya orang" Introver dan orang" melankolis, itu yang bahaya yaitu memendam perasaan, kelihatan Cool, padahal Kulkas isinya banyak wkwk

√mendem jangan kebanyakan, mendem jangan kelamaan. Ketika otak mendem mudah terbawa emosi otak panas oleh hal" kecil gampang marah luka batin ga bagus buat otak, digigit nyamuk aja luka batin, ga dibalas WA 3 jam luka batin wkwk.

√Alurnya seperti ini= otak mendem jarang curhat => mudah terpicu emosi => mudah marah dan menjadi masalah sosial bagi orang lain (otak penuh tidak dikosongkan akan menjadi beban tambahan) => masalah sosial orang lain bikin dia tambah panas => marah berlebihan buat neuron berguguran (marah okelah 1 jam tapi marah yang berlarut-larut sampai dibawa tidur susah) ilmu neurologi marah ga boleh dibawa nginep harus diselesaikan dulu ga boleh marah lalu tidur karena marah berkepanjangan Neuron gugur.

√kerja terus menerus ga ada istirahat merontokan neuron kerja harus diatur setelah 3 jam kerja istirahat karna pasokan oksigen di otak harus cukup (ketika kamu rileks oksigen lebih berlimpah)

√agar tidak mendem nulis diari atau keluarkan disaat sendiri

menyanyi membuat otak awet= perlu diingat lirik adalah sugesti bahaya harus cari yang liriknya bagus, karena ada penyanyi yang menyanyi persis hidupnya seperti lirik yang dia nyanyikan. Lagu yang liriknya bagus buat enjoy dan entertain bagi otak kamu

membaca minimal 1 jam otak harus diasah, karna ada penelitian yang menunjukan libur 1 bulan ga mengasah otak ga membaca berleha leha tok pasca liburan IQ turun 15% rata". Contoh saat libur kuta kembali kerja serasa tumpul tuh mau ngapain duh bingung nih mikir apa mau mikir berat nih (saran setiap hari baca minimal 1 jam baca apapun dan yang ILMU) Contohnya Profesor umur 65 tahun masih ngajar tidak pikun sama sekali (ini karena setiap minggu Profesor nyidang Disertasi yang tebal" dan setiap minggu mereka membaca habis Disertasi yang tebal" WOOOOW dan bacanya bukan cuman lewat tapi baca yang memahami jadi Profesor 65 tahun daya ingat kuat) JADI WAJIB BACA SEHARI SEJAM ORANG YANG MALAS BACA CEPAT PIKUN

√Wajib punya hobi, karena kesenangan memicu hormon endorfin, serotonin, melantonin hormon" ini menyeimbangkan dan membuat awet muda. Orang yang kerja dan ga ada kesenangan terjadi kemerosotan neuron di mereka dari 100M menjadi 90M, 80M ada kemungkinan terjadinya Alzheimer, pikun dini, Demensia di masa selanjutnya

√Fase Manusia= Usia produktif manusia 23-40 tahun => 50 tahun wanita menopause kalau laki" andropause => lalu kaya anak kecil lagi

wajib kesenangan karena kesenangan meremajakan otak karena yang menjaga otak itu neurotransmiter (endorfin, serotonin, melantonin, asetil kolin, DLL) hormon" itu untuk menyeimbangkan otak karena kesenangan itu perlu, cari sesuatu yang buat kamu senang/hillarious

√otak manusia tidak diciptakan Tuhan untuk pura", Pura" terlalu lama dalam suatu hubungan, pura" terlalu lama dalam karir mengakibatkan kamu cepat ling lung nanti, karna kamu terlalu sering pake topeng (pake topeng perlu hanya untuk urusan diplomasi) contoh saat kita ketemu client tidak mungkin kita ketemu lagi sedih karna kita harus profesional (JANGAN PAKE TOPENG LEBIH DARI 10 JAM SEHARI)

√SAYANG bisa dibuat, SAYANG bukan tanda jodoh, SAYANG adalah situasional. Karna kalau sayang tanda jodoh ahli psikiater yang bisa buat client sayang jodohnya RIBUAN, untung mereka memegang kode etik

√Sayang itu situasional, memberikan arti, sering beri surprise, Gebyar Kejutan, buat kejutan, makanya di bank itu buat" kejutan GEBYAR KEJUTAN DOORPRIZE sampai nasabah KAGET, karena KAGET ITU MEMASUKAN KE DALAM DAN PARA PLAYBOY TAU ILMU INI, karna selaki kasih serprise kejutan pasti masuk ke dalam. Makanya marahin anak jangan bentak karena kalau KAGET lukanya dalam, contoh saat anak dibentak saat kecil akan teringat sampai dewasa (mas kenapa ya padahal saya sudah memaafkan tapi tidak lupa akan tindakannya) ini karena KAGET makanya lukanya dalam

√Jangan menikahi wanita karna pura" sayang, karna otak manusia tidak diciptakan untuk pura", karna banyak penyakit dalam badan karena pura", pura" dalam pekerjaan, pura" bahagia dalam menjalin hubungan, pada akhirnya itu akan merusak di tubuh maupun di otak

√begini ya: dihubunganmu sekarang kamu mau menikah dan tidak yakin bisa menyayangi dia (jangan lanjut karena itu hal yang DZOLIM) karena apabila suatu saat kamu tidak bisa menumbuhkan rasa sayang ke dia kamu Dzolim sama dia kasian dia, dia menikah dengan seseorang yang tidak mencintai dia mending kita fair ga paksain apabila ga sayang dia

√soal pekerjaan, hidup ga selalu soal uang, contoh kamu kerja tapi ditempat baru yang gajinya lebih sedikit dari gaji tempat kerja yang lama dan kamu HAPPY ujung"nya kamu akan hemat karna di perusahaan lama duit yang masuk banyak tapi yang keluar juga banyak karena ga HAPPY ada hampa di batin dia, sehingga dia mengisinya dengan belanja" makan" jalan" malah bisa minus

√PEKERJAAN HAPPY TENTERAM, PULANG KERUMAH HAPPY KARENA SELAMA KERJA TENTERAM DAN SENANG NYAMAN BATINNYA JADI GA SELAMANYA SOAL UANG: ujung"nya 0 kalau kamu ga HAPPY, contoh saat ga happy mau kemana kita mau makan apa kita (ini tanda ga Happy) bahaya kalau sampai berpola

√Orang yang ga bisa megang duit boros ga Happy tuh

√Dilarang bangunin anak, BANGUN NAK!!! bahaya lo itu nanti di sekolah anak suka bengong bengong ga konsentrasi belajar, daya ingat turun karena perubahan dari DELTA ke BETA harus bertahap

√cara sugesti bangun pagi=sebelum tidur sugestiin besok bangun jam 4 ulang terus sampai 3 sampai 5 kali, liat besok kamu beneran bangun

√saat bangun pagi jangan langsung dimarahi karena otak akan langsung panas (kenapa panas karena kaget Delta-Theta-Langsung Beta, Alpha nya lewat)

√ga boleh bentak dan marahi anak subuh hari

√saat orang dalam mode cinta neuron"nya aktif, orang kalau sudah cinta jadi kreatif dia energinya utuh, 3 jam cukup sehari buat tidur energinya lebih, karna dalam kondisi cinta segerr kuliah juga semangat, ide" banyak segerr, tapi ketika lagi tuna asmara lagi love less fakir asmara ga bisa mikir tuh ide ga keluar kreatifitas ga ada, ini membuktikan bahwa ketika kamu dalam cinta energize your brain, cinta itu memberi energi kepada otak kreatif lah otak kamu akan menjadi kreatif, daya ingat makin bagus (cinta ga mesti punya pasangan tapi temukan cinta" yang lain, ke panti asuhan, ke panti jompo, angkat seorang nenek jadi nenek angkat contoh=sebelum aku pulang peluk aku dong nek.. gitu) saya sarankan kamu yang ga punya figure orang tua ke panti jompo cari seorang kakek atau nenek yang baik chemistry cocok caranya cerita kek aku sebenarnya kurang figure ayah sebelum pamit boleh ga kek elus aku, gituu. Itu kamu dapat cinta gitu lo) ga setiap hari ketemu gpp cukup sebulan atau 2 bulan sekali ketemu terus curhat gpp terus minta elus kepala gpp peluk aku dong, itu kamu merasa dicintai gitu lo.

√Tak bisa dipungkiri otak ciptaan Tuhan ini bensinnya itu CINTA

√Dalam bidang apapun, Sekolah, pendidikan, guru kepada murid, buatlah muridmu cinta kepadamu, karna apabila muridmu cinta kepadamu pelajaran sesulit apapun jadi gampang karna cinta tuh, karna kalau kita cinta seseorang nyebrangin samudera juga bisa

√kalau gaada cinta dia dandan 5 menit sudah mulai marah tuh, jadi cinta itu totalitas gitu (Cinta lawan jenis, Cinta kepada orang tua, atau Cinta ke adek panti asuhan memberi peluk, memberi cinta itu enak rasanya) karna cinta manti berhubungan dengan hormon endorfin oksitosin di otak kita itu yang membuat otak kita awet

Pembicara
Dr. Dedi Susanto
Motivaror Psikologi

Penulis
Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

Daftar Pustaka

Cara menjaga otak tetap awet hingga masa tua (Ilmu Neurologi dan Psikologi) https://youtu.be/UqHayfmo1iY Diakses pasa Tanggal 24 April 2021

Ikan Kuniran Merah Atau Yellowstripe Slopefish (Symphysanodon katayamai); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Kuniran Merah Atau Yellowstripe Slopefish (Symphysanodon katayamai); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Symphysanodontidae, Hidup di Karang berbatu dalam, kedalaman 90–165 m; 2 duri di atas tutup insang, 9 duri sirip punggung dan 10 jari lunak, 48–55 sisik gurat sisi, sirip ekor sangat bercagak dengan cuping berfilamen, pink kemerahan dengan garis kuning lebar di sisi, sirip punggung kuning; Pasifik Barat-Tengah; sampai 25 cm.

 

Red or Yellowstripe Slopefish (Symphysanodon katayamai); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Symphysanodontidae family, Live on Deep rocky reefs, 90–165 m depth; 2 spines on upper opercle, dorsal fin with 9 spines and 10 soft rays, 48–55 lateral-line scales, caudal fin deeply forked with filamentous lobes, reddish pink with a broad yellow stripe on side, dorsal fin yellow; W. Central Pacific; to 25 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Friday, April 23, 2021

Ikan Dongdot Atau Sharptooth Seabass (Synagrops philippinensis); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Dongdot Atau Sharptooth Seabass (Synagrops philippinensis); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Acropomatidae, Hidup di Dasar bersubstrat lunak dan keras, kedalaman 30–220 m; beberapa taring tajam di rahang bawah, sisik berlingkar pada tubuh, sirip punggung terpisah, 2 duri sirip dubur, tepi bagian depan sirip dada bergerigi, tepi bagian depan duri ke-2 dari sirip punggung ke-1 dan sirip dubur halus; Indo–Pasifik Barat; sampai 14 cm.

 

Dongdot Fish or Sharptooth Seabass (Synagrops philippinensis); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Acropomatidae family, Live on Soft and hard bottoms, 30–220 m depth; several sharp canines in lower jaw, body with cycloid scales, dorsal fins separate, 2 anal-fin spines, anterior margin of pectoral fin serrated, anterior margins of 2nd spines of 1st dorsal and anal fins smooth; Indo–W. Pacific; to 14 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Thursday, April 22, 2021

Ikan Ambangan Atau Rosy Seabass (Doederleinia berycoides); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Ambangan Atau Rosy Seabass (Doederleinia berycoides); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Acropomatidae, Hidup di Dasar bersubstrat lunak dan keras, kedalaman 80–200 m; 3 duri sirip dubur, tepi bagian depan sirip perut halus halus, anus lebih dekat ke sirip dubur daripada ke pangkal sirip perut, tidak ada duri di ujung rahang bawah, tubuh dengan sisik bergerigi, 41–46 sisik gurat sisi, tubuh kemerahan; Pasifik Barat; sampai 40 cm.

 

Fish Threshold Or Rosy Seabass (Doederleinia berycoides); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Acropomatidae family, Live on Soft and hard bottoms, 80–200 m depth; 3 anal-fin spines, anterior margin of pelvic-fin spine smooth, anus closer to anal fin than pelvic-fin origin, no spine at tip of lower jaw, body with ctenoid scales, 41–46 lateral-line scales, body reddish; W. Pacific; to 40 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Wednesday, April 21, 2021

Ikan Ambangan Atau Silverspotted Seabass (Acropoma argentistigma); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Ambangan Atau Silverspotted Seabass (Acropoma argentistigma); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Acropomatidae, Hidup di Mungkin di luar lempeng kontinental, pada dasar bersubstrat keras dan lunak; 3 duri sirip dubur, tepi bagian depan sirip perut berduri halus, anus maju ke ujung bagian belakang sirip perut yang pipih, tubuh oranye pucat di atas sampai keperakan di bawah dengan perut hitam; hanya diketahui dari Indonesia; 20 cm.

 

Fish Threshold Or Silverspotted Seabass (Acropoma argentistigma); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Acropomatidae family, Live on Probably outer continental shelf, on hard and soft bottoms; 3 anal-fin spines, anterior margin of pelvic-fin spine smooth, anus forward of posterior tips of depressed pelvic fins, body pale orange above to silvery below with a black belly; known only from Indonesia; to 20 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Tuesday, April 20, 2021

Ikan Pangkah Atau Bald Glassfish (Ambassis gymnocephalus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Pangkah Atau Bald Glassfish (Ambassis gymnocephalus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Ambassidae, Hidup di Pesisir, muara sungai dan air tawar; tubuh transparan, sirip ekor sangat bercagak, sirip punggung tunggal amat berlekuk, 3–5 duri sirip punggung kecil di atas mata, depan tutup insang depan tanpa gerigi jelas, 9 jari lunak sirip dubur, 11–14 sisik depan punggung; Indo–Pasifik Barat; sampai 16 cm.

 

Pangkah Fish or Bald Glass (Ambassis gymnocephalus); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the family Ambassidae, Live on Coastal, estuarine and freshwater; body translucent, caudal fin deeply forked, 1 deeply notched dorsal fin, 3–5 small spines above eye, preopercle without distinct serrations, 9 anal fin rays, 11–14 predorsal scales; Indo–W. Pacific; to 16 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Monday, April 19, 2021

Ikan Ringan, Mata Ulo Atau Sand Bass (Psammoperca waigiensis); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Ringan, Mata Ulo Atau Sand Bass (Psammoperca waigiensis); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Latidae, Hidup di Pesisir, terumbu karang dan berbatu, 3–12 m; kepalacekung di atas mata, depan tutup insang dengan 1duri di sudut, rahang melewati bagian bawah dari tengah mata, mata besar, abu-abu keperakan sampai coklat tua di bagian atas, bagian bawah pucat, biasanya dengan garis tipis gelap sepanjang tubuh; Indo–Pasifik Barat; sampai 47 cm.

 

Light Fish, Ulo Eye or Sand Bass (Psammoperca waigiensis); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Latidae family, Live on Coastal, rocky and coral reefs, 3–12 m depth; head concave above eyes, preopercle with 1 spine at angle, jaws extend to beneath mid-eye, eyes large, silvery grey to dark brown above, paler below, usually with darker thin lines along body; Indo–W. Pacific; to 47 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Sunday, April 18, 2021

Ikan Kakap Putih Atau Barramundi (Lates calcarifer); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Kakap Putih Atau Barramundi (Lates calcarifer); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Latidae, Hidup di Pesisir, muara sungai, air tawar; kepala cekung di atas mata, depan tutup insang dengan 3 atau 4 duri datar di sudut, rahang sampai melewati mata, mata kecil, abu-abu keperakan dengan punggung kehijauan sampai kebiruan, 3 garis putih di kepala pada ikan muda; Indo–Pasifik Barat; mungkin sampai 200 cm.

 

White snapper or Barramundi (Lates calcarifer); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Latidae family, Live on Coastal, estuarine and freshwater; head concave above eyes, preopercle with 3 or 4 flat spines at angle, jaws extend past eyes, eyes small, silvery grey with greenish to bluish back, juveniles with 3 white stripes on head; Indo–W. Pacific; possibly to 200 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Saturday, April 17, 2021

Ikan Paut-paut Atau Broadhead Flathead (Sunagocia otaitensis); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Paut-paut Atau Broadhead Flathead (Sunagocia otaitensis); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Platycephalidae, Hidup di Dasar bersubstrat lunak, kedalaman 0–40 m; jarak antar mata sempit, duri depan tutup insang pendek, bagian atas kepala berduri, tutup berdaging yang lebar di bawah kepala, bintik-bintik kecoklatan pada tubuh dan sirip, warna punggung dan perut tidak terlalu terlihat di kedua sisi; Indo-Barat & Pasifik Tengah; sampai 30 cm.

 

Paut-paut fish or Broadhead Flathead (Sunagocia otaitensis); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Platycephalidae family, Live in Soft bottoms, to 40 m depth; space between eyes narrow, preopercular spines short, top of head spiny, broad fleshy flaps underneath head, body and most fins with brownish speckles, dorsal and ventral colouration not sharply defined on sides; Indo–W. & Central Pacific; to 30 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Friday, April 16, 2021

Ikan Patok Empat, Paat Atau Finemarbled Flathead (Platycephalus sp. A); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Patok Empat, Paat Atau Finemarbled Flathead (Platycephalus sp. A); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Platycephalidae, Hidup di Dasar berlumpur dan berpasir; jarak antar mata lebar, tulang belakang bagian bawah depan tutup insang lebih panjang dari tulang belakang bagian atas, sirip ekor dengan 2 garis gelap lebar dan lebih rendah dan 3–4 garis diagonal lebih sempit di bagian atas, coklat dan putih seperti marmer; Indonesia; 39 cm.

 

Four, Paat or Finemarbled Flathead Fish (Platycephalus sp. A); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Platycephalidae family, Live in Mud and sand bottoms; space between eyes wide, lower preopercular spine longer than upper spine, caudal fin with 2 broad dark lower stripes and 3 or 4 narrower diagonal upper stripes, marbled brown and white; known from Indonesia; to 39 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Thursday, April 15, 2021

Ikan Patok Empat, Paat, Ikan Anjing Atau Indonesian Flathead (Platycephalus cf. indicus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Patok Empat, Paat, Ikan Anjing Atau Indonesian Flathead (Platycephalus cf. indicus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Platycephalidae, Hidup di Dasar besubstrat lunak; jarak antar mata lebar, duri bagian bawah depan tutup insang lebih panjang dari duri bagian atasnya, sirip ekor dengan garis kekuningan lebar antara area putih dan dengan garis hitam lebar, sirip dada berbintik halus; mungkin terbatas untuk Indonesia, jenis yang kompleks; sampai 49 cm.

 

Four Patok Fish, Paat, Dog Fish or Indonesian Flathead (Platycephalus cf. indicus); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Platycephalidae family, Live in Soft bottoms; space between eyes wide, lower pre–opercular spine longer than upper spine, caudal fin with large yellowish patch between white areas – each with broad dark stripe, pectoral fin finely spotted; probably confined to Indonesia, a species complex; to 49 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.

Wednesday, April 14, 2021

Ikan Patok Empat, Paat Atau Manybar Flathead (Platycephalus cultellatus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi



Ikan Patok Empat, Paat Atau Manybar Flathead (Platycephalus cultellatus); Morfologi, Habitat, Ciri-Ciri, Klasifikasi

Masuk kedalam famili Platycephalidae, Hidup di Dasar bersubstrat lunak; jarak antar mata lebar, duri yang lebih rendah pada depan tutup insang lebih panjang dari duri di atasnya, sirip ekor dengan 4–5 garis gelap lebar dengan ketebalan sama, permukaan atas hijau keabu-abuan hampir merata, sisi ekor di atas sirip dubur dan pangkal ekor gelap; Pasifik Barat; sampai 54 cm.

 

Fish Patok Empat, Paat or Manybar Flathead (Platycephalus cultellatus); Morphology, Habitat, Characteristics, Classification

Enter the Platycephalidae family, Live in Soft bottoms; space between eyes wide, lower preopercular spine longer than upper spine, caudal fin with 4 or 5 broad dark stripes of similar thickness, upper surface almost uniformly greyish green, side of tail above anal fin and caudal peduncle dark; W. Pacific; to 54 cm.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi

 

Daftar Pustaka

White, W. T., P., R. Last., Dharmadi., R. Faizah., U. Chodrijah., B. I. Prisantoso., J. J. Pogonoski., M. Puckridge., S. J. M. Blaber. 2013. Market Fishes Of Indonesian. Australian Centre For International Agricultural Research.