Saturday, October 31, 2020

Antibiotik; Pengertian, Jenis, Mekanisme Kerja



Gambar Mekanisme Kerja Antibiotik

 

Pengertian dan Jenis Antibiotik

Antibiotik merupakan obat yang berasal dari bahan alami maupun sintesis yang memiliki kemampuan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme (Serrano, 2005). Antibotik harus aman dan tidak beracun untuk inang, karena penggunaannya sebagai agen kemoterapi untuk pengobatan infeksi penyakit (Romero, et al., 2012).

Antibiotik yang dapat digunakan untuk pengobatan ikan terinfeksi penyakit ada beragam jenis. Antibiotik yang sering digunakan pada budidaya sudah banyak bersifat resisten, sehingga menteri kelautan memberi kebijakan dengan adanya undang-undang tentang obat ikan yang berisi beberapa obat keras yang diperbolehkan, obat keras yang dilarang, dan obat bebas terbatas. Jenis obat keras yang diperbolehkan antara lain: jenis tetrasiklina, makrolida, kuinolon, anthelmentik, zat pewarna (methylene blue, acriflavine, dan lain-lain), hormon (GnRH, LHRHa, HCG), dan vaksin. Jenis obat keras yang dilarang antara lain: jenis amfenikol, nitromidazole, nitrofuran, makrolida, polipeptida, dan lain-lain. Jenis obat bebas terbatas antara lain: desinfektan, antiseptik, dan lain-lain (KEPMEN-KP, 2014).

 

Mekanisme Kerja Antibiotik

Menurut Romero, et al. (2012), masing-masing antibiotik memiliki struktur kimia yang berbeda, oleh karena itu antibiotik juga bekerja pada masing-masing bagian yang berbeda dari bakteri. Mekanisme kerja antibiotik :

1) Efek Bakterisidal, yaitu antibiotik bekerja membunuh bakteri dengan cara merusak pembentukan dinding sel bakteri atau isi selnya. Contoh antibiotik ini antara lain penicillin, fluoroquinolones, dan metronidazole.

2) Efek Bakteriostatis, yaitu antibiotik bekerja dengan cara menghentikan bakteri saat melakukan pembelahan dengan mengganggu produksi protein pada bakteri, replikasi DNA, atau aspek metabolisme seluler dai bakteri tersebut. Contoh antibiotik ini antara lain tetracycline, sulfonamide, chloramphenicol dan macrolida.

 

Penulis

Husna Nabilla Rodhyansyah

Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2014

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno

Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2015

 

Daftar Pustaka

Romero, J., C. G. Feijoo and P. Navarrete. 2012. Amtibiotics in Aquaculture-Use, Abuse and Alternatives. Health and Environment in Aquaculture. 39p.

Serrano, P. H. 2005. Responsible Use of Antibiotics in Aquculture. FAO Fisheries Technical Paper. Rome. 97p.

No comments:

Post a Comment