Diurella Sp; Klasifikasi, Morfologi, Fisiologi Dll



Klasifikasi Diurella
Menurut Hauer (1963):
Kingdom : Animalia
Phylum :Rotifera
Class : Eurotatoria
Order : Ploima
Family : Trichocercidae
Genus : Diurella
Spesies : Diurella sp.

Morfologi Diurella
Head shield clearly marked off from the body; composed of a number of longitudinal folds. Anterior mucron distinct and well developed. Right and left toes of equal length, with two broad-based substyles on both sides of each toe.

Most of out mounted specimens show the head protruding some way beyond the anterior edge of the head shield or "hood', though the extent of this depends upon the degree of compression of the particular slide. Although we were able to clearly distinguish the trunk from the foot segment, the published data usually give just the body length. It was not possible to ascertain exactly how many sub-styles were present as they tended to lie flush with the base of each toe. The trophi, although considerably large, conform closely in all other respects with the published data for this species, bearing the characteristically massive anchor-shaped left manubrium (39-43 um). The right manubirum, which is rudimentary, is long and thin and about three quarters the length of the left. The fulcrum ranged from 36 to 54 um.

The body is fusiform and the head sheath clearly marked off from the body and is composed of longitudinal folds. A well-developed anterior mucron is present. The posterior end of the body resembles that of D. fusiformis (Levander). The left and right toes are of equal length with two substyles having wide bases on both sides of each toe. The trophi are asymmetrical and the left manubrium is axe-shaped while the left ramus has a wide allula. The right manubrium is small and thin.

Fisiologi Diurella
Fisiologi Diurella menurut (O. F. Muller, 1786):
- Body length 150;
- maximum width 50;
- toes 70-70; trophi 54 um.
- Length of body 130-150;
- length of foot 20-28;
- length of toes 60-70 um.
- Lorica length 180;
- toe 53;
- foot 23 um.
- Length of body 129-140;
- maximum width 42;
- left toe 66;
- right toe 66;
- length of trophi 54;
- fulcrum 32;
- left manubrium 35;
- right manubrium 15 um.
• Tubuh bulat telur.
• Single anterior mucro.
• Panjang Tubuh  = 180 - 200 µm, jari kaki = 90 - 100 µm.
• Diurella sp dapat menggunakan pedal kelenjar untuk memproduksi sekresi lendir untuk melampirkan substrat. Sekresi juga dapat menjadi mekanisme energik untuk tetap tersuspensi dalam kolom air.

Reproduksi Diurella
Mempuyai spesies yang paling banyak, sekitar 1500 spesies. Mereka hidup sebagai parasit pada bryophyte (alga hijau).

Mempunyai reproduksi seksual dan aseksual, ukuran jantan lebih kecil dibandingan dengan betina. Betina memproduksi telur yang tidak dapat dibuahi yang nanti akan menjadi betina (reproduksi aseksual). Pada reproduksi seksual terjadi k etika pada lingkungan yang tidak menguntungkan (terlalu kering atau terlalu basah). Ketika betina memproduksi telurnya pada fase seksual, apabila telurnya dapat dibuahi, maka akan menjadi betina dan sebaliknya apabila tidak dapat dbuahi, telur tersebut akan menjadi jantan.

Tingkah Laku Diurella
Struktur tubuh Diurella sp dilindungi oleh lapisan mesoderm. Dilihat dari kenampakkannya, tubuh Diurella sp dibagi  menjadi empat bagian dasar: kepala, leher, tubuh dan kaki.

Kaki Diurella sp mengandung cairan semen yang berfungsi sebagai alat bantu Diurella sp untuk menempel pada objek disekitarnya dan sebagai alat bantu untuk menyaring makanan.

Pada ujung anterior terdapat sekelompok silia yang tersusun dalam 2 baris, biasanya terdapat dalam lingkaran yang disebut korona (corona). Gerakan silia tidak serentak (tidak bersamaan) dan gelombang yang terjadi akibat gerakan tersebut sangat membantu dalam gerakan rotasinya.

Pada Diurella sp yang hidup bebas, gerakkannya terutama adalah mendorong dengan menggunakan silia yang terdapat pada korona. Pada beberapa spesiesnya, terutama yang embelannya baik sangat membantu dalam pergerakan. Sebagian besar spesiesnya, secara periodik tidak berenang, tetapi melekat pada substrat yang padat dengan menyekresikan substansi semen yang dihasilkan dari sepasang kelenjar kaki (pedal gland).

Pada spesiesnya yang hidup bebas, kaki dan jari memegang peranan dalam gerakan. Dalam melakukan gerakan, tubuhnya dapat dipanjangkan dengan kontraksi otot sirkuler dan kembali mengendur dengan relaksasi otot longitudinal. Pada saat pergerakan tubuh memanjang, korona di tarik ke dalam dan Diurella sp bergerak ke arah anterior.

Peran Diurella di Perairan
Diurella sp. is found worldwide in marine, brackish and freshwater habitats. Any body of standing water is likely to contain rotifers and Diurella sp. is probably the commonest and most widespread species in the world.

Sering dikaitkan dengan perairan eutrofik.This species is easily cultured and it has been used as a model in order to quantify variation in size at different conditions.

Mempunyai peranan penting dalam mekanisme rantai makanan pada air tawar, selain Diurella sp memakan bahan-bahan organik, bakteri dan ganggang, Diurella sp dimakan oleh hewan yang lebih besar seperti cacing, larva ikan atau udang.

Penulis
Rabella Septi Fauziah
Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2014

Editor
Gery Purnomo Aji Sutrisno              
Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2015

Post a Comment for "Diurella Sp; Klasifikasi, Morfologi, Fisiologi Dll"