Thursday, June 25, 2020

Rhizosolenia Sp Adalah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Rhizosolenia adalah diatom dari family Rhizosoleniaceae De Toni adalah kelompok penting marine fitoplankton, yang diperoleh dari sampel yang bersih dan air dari berbagai habitat. Genera Rhizosolenia Brightwell, Neoca - lyptrella Hernández-Becerril dan Meave, Pseudosolenia Sundström dan Proboscia Sundström adalah spesies laut diatom sangat umum yang sering mendominasi laut diatom assemblages. Laut diatom genus Rhizosolenia didirikan lebih dari satu abad yang lalu dengan R. americana sebagai tipe spesiesnya.

KLASIFIKASI RHIZOSOLENIA
Phylum : Ochrophyta
Class : Bacillariophyceae
Order : Rhizosoleniales
Family : Rhizosoleniaceae
Genus : Rhizosolenia

MORFOLOGI ATAU CIRI-CIRI RHIZOSOLENIA
• Memiliki alur yang memusat (central) pada permukaan cawannya
• Perkembangbiakannya dapat membelah diri
• Cosmopolitan
• Diameter 13-230µm
• Habitatnya di laut

HABITAT RHIZOSOLENIA
Empat Rhizosolenia spesies laut diatom muncul di 30 situs di perairan pantai Korea dari September 2008 sampai Februari 2010. Di perairan pantai Korea, Shim (1994) melaporkan 26 Rhizosolenia spesies dan dua genera yang terkait, dan Lee (1995) terdaftar 19 Rhizosolenia spesies dan empat berkaitan genera dalam pemeriksaan data dari awal 1930 untuk akhir 1995.

TINGKAH LAKU RHIZOSOLENIA
Sebuah deskripsi rinci dan diferensial diagnosis genus disediakan, didasarkan terutama pada ciri-ciri morfologi yang umum untuk empat spesies (R. stylifor - mis, R. imbricata, R. setigera, dan R. alata) yang mencakup karakteristik berikut : berserabut, frustules sub silindris, sangat memanjang, silicious, ditandai dengan garis melintang, calyptriform ekstremitas, menunjuk dengan bulu dan umumnya bersel tunggal.

Di perairan pantai Korea, Shim (1994) melaporkan 26 Rhizosolenia spesies dan dua genera yang terkait, dan Lee (1995) terdaftar 19 Rhizosolenia spesies dan empat berkaitan genera dalam pemeriksaan data dari awal 1930 untuk akhir 1995. Sejak itu, studi Korea telah dilakukan sporadis, dan identifikasi spesies, synonymies dan sistem filogenetik keluarga Rhizosoleniaceae tetap tidak mencukupi.

PERAN RHIZOSOLENIA DI PERAIRAN
Empat Rhizosolenia spesies laut diatom muncul di 30 situs di perairan pantai Korea dari September 2008 sampai Februari 2010. Bentuk sel, diameter, panjang pervalvar axis, proses eksternal, segmen dan areolation karakter dari spesies yang diteliti. Semua empat spesies yang cylindrically dibentuk, tetapi proses yang luar berbeda. Segmen striations adalah secara teratur lurus dan velum menunjukkan heksagonal, melingkar pori-pori dan celah sempit. Rhizosolenia formosa dan R. hyalina adalah hanya terjadi pada bulan September 2008 dari laut kuning, R. bergonii muncul sepanjang tahun dari pantai Selat Korea dan Yangyang, dan R. setigera berlimpah menunjukkan di semua musim dari semua situs. R. formosa adalah spesies baru direkam di perairan pantai Korea.

Rhizosolenia bergonii H. Peragallo 1892 (Fig. 2, A-G) R. bergonii menyerupai R. temperei H. Peragal - lo dan pohon palem R. (H. Peragallo) H. Peragallo umum penampilan, struktur areola dan kurangnya otaria.

Rhizosolenia hyaline Ostenfeld in Ostenfeld and Schmidt 1901 (Fig. 4, A-F) R. hyalina adalah jelas dan ringkas de - scribed oleh Ostenfeld (Ostenfeld dan Schmidt 1901). Spesies ini menunjukkan ciri-ciri yang diuraikan di atas. Ada sangat sedikit variabilitas yang diamati. Hanya beberapa studi floristic termasuk R. hyalina (Hustedt 1920, Gaarder 1951, Sourina 1968). Itu mungkin adalah terkandung dalam Allen dan Cupp's (1935) Deskripsi R. clevei, yang itu re - sembles dangkal.

Rhizosolenia Formosa H. Peragallo 1888 (Fig. 3, A-I) R. formosa adalah sebuah spesies yang sangat besar dan sangat lemah frustules dalam genus Rhizosolenia. Di LM obser - vations, R. formosa dibedakan oleh bentuk segmen ikat pinggang dan ukurannya yang besar. Menurut Sund - str Umlaut m (1986), R. formosa menyerupai R. styliformis dan R. formosa di Thailand. Tapi pola-pola areola dan struktur katup dan segmen dibedakan antara dua spesies. Rhizosolenia setigera Brightwell 1858 (Fig. 5, A-G) R. setigera menyerupai R. antennata f. semi - spina dan R. hebetata f. semispina secara morfologi katup dan proses. Namun, spesies ini dibedakan dari kedua dua spesies oleh kurangnya otaria. Selain itu, R. setigera adalah takson yang kosmopolitan, spesies lain terjadi di daerah air dingin.

REPRODUKSI RHIZOSOLENIA
R. bergonii adalah spesies dari daerah air hangat (Sundstr Umlaut m 1986, Hasle dan Syvertsen 1996, Romero dan Hensen 2002). Selama masa kini studi, tercatat pada bulan Januari dan Oktober 2009 di Selat Korea dan Yangyang.

R. formosa adalah mungkin circumglobal dalam perairan Kelautan dan wilayah air hangat. Itu terlihat di perairan sekitar Ko Phuket, Thailand melalui tahun, tapi jarang berlimpah (Sundstr Umlaut m 1986). Dalam studi ini, R. formosa adalah baru rekaman species pada bulan September 2008 di oceanic perairan laut kuning di Korea. R. hyalina adalah spesies air hangat (Sundstr Umlaut m 1986, Hasle dan Syvertsen 1996). Itu adalah - porting untuk pertama kalinya dari Samudera Atlantik Selatan tahun 1982 dari marine perairan Rio Grande do Sul oleh Rosa (1982) dan kemudian dikutip dalam beberapa tulisan dari perairan pesisir lain Brasil (Moreira Filho et al. 1999). Selama studi ini, R. hyalina diamati pada September 2008 di samudera perairan laut kuning.

R. setigera adalah jenis/takson kosmopolitan, prob - cakap absen dari Kutub perairan Hasle dan Sy - vertsen (1996). Formulir ini sering dilaporkan dari Argentina perairan (Vouilloud 2003) sebagai variasi dalam beberapa kasus. Spesies yang diamati dari September 2008 September 2009 di Selat Korea, di Pulau Jeju, Daecheon, Wolseung, Kanghwa Island, adalah Geoje - tanah, Namhae, Sacheon dan Tongyeang.

FISIOLOGI RHIZOSOLENIA
Rhizosolenia bergonii H. Peragallo 1892 (Fig. 2, A-G) Sel-sel R. bergonii biasanya soliter, cylindri - cal, Co-financing simetris, dan melingkar di penampang. Spesimen ditemukan di Korea perairan pantai 7,5-18.6 μ m dengan diameter, dan sel-sel yang 211.7-313.3 μ m panjang. Katup akut dan kerucut. Bagian ventral Valve lebih lama daripada dorsal. Areolae katup yang memanjang ke arah pervalvar axis. Areolae adalah 20-25 per 10 μ m, ar - berkisar di konvergen striae menuju puncak 15 per 10 μ m trapesium dalam garis besar. prosesnya tebal, lurus, mempersempit clefted di ujung, 3.2-16.1 μ m panjang, internal struktur proses terlihat oleh LM, dengan basal lumen gelendong-berbentuk, tiba-tiba di tubular canal dan ex - panded ke dalam lobang berbentuk saluran di ujung. Con - tiguous daerah ini terlihat oleh SEM, sedikit tertekan, tidak dibatasi oleh pegunungan marjinal. Claspers dan otaria adalah ab - dikirim. Segmen ikat pinggang adalah dalam dua kolom dorsiventral atau beberapa kolom, sangat bervariasi dalam ukuran dan bentuk, rhom - boidal untuk trapesium dalam garis besar. Segmen dengan sumbu horisontal dan tegak lurus sumbu yang saling 7,5-18.6 μ m dan 8.1-12,2 μ m panjang. Segmen areolae, 22 10 μ m, disusun dalam striae sejajar sumbu pervalvar, 20-22 per 10 μ m, dengan pola quincuncial sekunder.

Rhizosolenia Formosa H. Peragallo 1888 (Fig. 3, A-I) Sel-sel R. formosa biasanya soliter atau jarang berpasangan, silindris, Co-financing simetris dan melingkar di penampang. Spesimen yang 93,3-206.3 μ m dengan diameter. Shallowly kerucut katup dan sel adalah 493.3-700 μ m panjang. Bagian ventral Valve lebih lama daripada dorsal, medial diperluas ke lidah menampung kesan adik-sel proses. Areolae katup yang memanjang ke arah pervalvar, 18-25 10 μ m. Pro - cess meruncing dari dasar, menyerupai tabung, 3,8-27,7 μ m panjang, 1,9-3,9 μ m dengan diameter dari proses. Con - tiguous daerah ini terlihat dengan LM, berbeda sepanjang bagian tengah dari permukaan ventral. Claspers dan otaria yang hadir dan cukup menonjol. Ikat pinggang segmen diatur dalam dua kolom dorsiventral, biasanya dari bentuk sayap, rata-rata margin pendek, lateral margin sangat panjang. Segmen hori - zontal axis dan axis tegak lurus yang 93,3-206.3 μ m dan 23,9-28.3 μ m panjang, masing-masing. Segmen areolae, 10-43 per 10 μ m, dengan pola quincuncial sekunder.

Rhizosolenia hyaline Ostenfeld in Ostenfeld and Schmidt 1901 (Fig. 4, A-F) Sel-sel R. hyalina biasanya soliter, rantai formulir - ing, silinder, Co-financing simetris dan melingkar di penampang. Spesimen yang ditemukan di perairan pantai Korea adalah 20-63.3 μ m dengan diameter. Sub kerucut katup dan sel adalah 225.7-300 μ m panjang. Bagian ventral Valve lebih lama daripada dorsal. Katup garis adalah karakter berombak-ombak. Areolae katup yang memanjang ke arah pervalvar, 43-45 per 10 μ m. Proses ini tipis, lurus atau sedikit melengkung, panjang, meruncing berbentuk jarum di puncak, dan 26,7-80 μ m panjang. Berdekatan tempat terlihat jelas hanya dekat margin mana adik-sel proses menjadi - gin, claspers jelas didirikan. Otaria memperpanjang sepanjang proses, sempit, bulat di ujung, paralel untuk sumbu panjang proses. Kolom ikat pinggang segmen di 2n (n 2, 3,... 8), sel-sel dengan hanya dua ikat pinggang segmen kolom tidak ditemukan dalam penelitian ini, bulat subrectangular untuk rhomboidal untuk trapesium, dengan areolae. Segmen hori - zontal axis dan axis tegak lurus adalah 23,8-26,2 μ m dan 10,5-14,3 μ m panjang, masing-masing. Segmen areolae, 24-36 per 10 μ m, dengan pola quincuncial sekunder.

Rhizosolenia setigera Brightwell 1858 (Fig. 5, A-G) Sel-sel soliter atau dalam pasangan, silindris, Co-financing simetris, melingkar di Penampang, 3.3-16,7 μ m dalam di - ameter, dan 125-350 μ m panjang. Katup adalah tajam sub-kerucut, memanjang. Katup areolae adalah poroid. areo - lae dengan celah-seperti pori-pori, 20-50 per 10 μ m, dengan pola orthostic sekunder. Pori-pori yang tersebar melingkar, tidak teratur didistribusikan di antara areolae atau mengambil tempat beberapa areolae, dibedakan dalam tampilan eksternal. Proses yang sangat panjang jarum bentuk, hampir lurus, lebih luas di dasar dan secara bertahap meruncing sepanjang puncak, 33.3-130.7 μ m panjang. Daerah berdekatan ini diamati, berbentuk alur, deep - er di wilayah basal daripada wilayah terminal. Otaria absen, claspers kurang terlihat. Segmen dengan horizontal axis dan axis tegak lurus adalah 23,8-26,2 μ m dan 10,5-14,3 μ m panjang masing-masing. Ikat pinggang segmen yang rhomboidal trapesium dan diatur dalam dua dorsi - ventral kolom. Segmen areolae bulat, 30-50 per 10 m μ, diatur dalam striae berorientasi ke arah pervalvar, dengan pola quincuncial sekunder.

R. setigera adalah jenis/takson kosmopolitan, prob - cakap absen dari Kutub perairan Hasle dan Sy - vertsen (1996). Formulir ini sering dilaporkan dari Argentina perairan (Vouilloud 2003) sebagai variasi dalam beberapa kasus. Spesies yang diamati dari September 2008 September 2009 di Selat Korea, di Pulau Jeju, Daecheon, Wolseung, Kanghwa Island, adalah Geoje - tanah, Namhae, Sacheon dan Tongyeang.


PENULIS

Fadilla Septi Kartikasari
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2014

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

No comments:

Post a Comment