Friday, June 12, 2020

Gomphosphaeria Sp Adalah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Gomphosphaeria adalah plankton yang termasuk keluarga cyanobacteria.

KLASIFIKASI GOMPHOSPHAERIA SP
Menurut McCoy Jr and Martin DF (1977), klasifikasi dari Gomphosphaeria adalah:
Division : Cyanophyta
Class : Myxophyceae
Order : Chroococcales
Family : Merismopediaceae
Genus : Gomphosphaeria

MORFOLOGI GOMPHOSPHAERIA SP
Menurut Komarek (2003), Gomphosphaeria adalah plankton berkoloni dan hidup bebas, berbentuk bulat atau oval yang tidak teratur, dan kadang-kadang terdiri dari sub koloni. Mereka memiliki sistem pusat tangkai mucilaginous tebal yang hampir semu dikotomis yang dibagi dan dapat menyebar dalam koloni. Batang melebar di ujung amplop dan sel-sel individual dengan lapisan lendir tipis. Sel sedikit memanjang, bulat telur atau klub-berbentuk, dan radial berorientasi lebih atau kurang di pinggiran koloni, yang kadang-kadang diselimuti oleh lendir halus, berwarna, dan menyebar. Sel memiliki pucat homogen atau terang biru-hijau, hijau zaitun, atau konten merah dan (4.2) 6-12 (15) X 2-8 (13.2) m. Setelah pembagian, sel-sel tetap bergabung bersama-sama dan membentuk cordiform bentuk yang khas. Sel-sel pada koloni sedikit jauh dan kadang-kadang sedikit radial pengungsi dari satu sama lain. Pembelahan sel terjadi dalam dua pesawat di generasi-generasi, tegak lurus satu sama lain dan ke permukaan koloni. Reproduksi adalah dengan koloni disintegrasi.

HABITAT GOMPHOSPHAERIA SP
Hidup dalam air atau di atas tanah yang basah, merupakan benang dan akhirnya membentuk koloni yang berlendir. Gomphosphaeria sp hidup  secara bebas. Bentuk sel-selnya bulat atau seperti oval yang tidak  teratur. Mereka memiliki sistem pusat batang mucilaginous tebal. Gomphosphaeria sp dibungkus oleh lendir halus, berwarna hijau, dan  menyebar. Sel memiliki warna biru-hijau, hijau zaitun, atau merah. Reproduksi dilakukan dengan cara berkoloni disintegrasi.

FISIOLOGI GOMPHOSPHAERIA SP
Menurut Komarek 1992, sel-sel dalam Gomphosphaeria selalu memanjang, radial dan terletak di ujung batang, bulat telur atau klub-berbentuk, setelah pembagian tetap dan tumbuh secara paralel bergabung bersama-sama untuk bagian yang panjang dari siklus sel, membentuk cordiform bentuk karakteristik. Sel soliter atau pasangan cordiform selalu sedikit jauh dari satu sama lain dengan ruang luar biasa di antara mereka, kadang-kadang sedikit radial pengungsi dari satu sama lain.

REPRODUKSI GOMPHOSPHAERIA SP
Menurut Komárek & Anagnostidis (1998, pembelahan sel dalam dua pesawat di generasi-generasi, tegak lurus satu sama lain dan ke permukaan koloni; sel anak membelah sepenuhnya pada periode selanjutnya dari siklus sel. Reproduksi dengan disintegrasi koloni. Pembelahan sel dalam dua arah di generasi berikutnya, tegak lurus satu sama lain dan ke permukaan koloni; sel anak tetap setelah divisi bergabung bersama-sama, membentuk "cordiform" sel. Reproduksi dengan disintegrasi koloni.

TINGKAH LAKU GOMPHOSPHAERIA SP
Menurut Hadiani (2011), banyak alga bersel satu yang merupakan fitoplankton dan beberapa yang memiliki sifat seperti hewan zooplankton. Alga atau Algae adalah sekelompok organisme autotrof yang tidak memilki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata. Alga tidak memiki batang, akar, dan daun, tubuhnya hanya berupa tallus.

MANFAAT GOMPHOSPHAERIA SP
Menurut Aulia (2013), Gomphosphaeria merupakan jenis alga pada umumnya. Peranan Gomphosphaeria ini adalah peranannya bagi kehidupan manusia antara lain, digunakan dalam penyelidikan metabolisme di laboratorium. Juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk obat-obatan, bahan kosmetik dan bahan makanan. Serbuk Gomphosphaeria dalam industri obat-obatan dimasukkan dalam kapsul dan dijual sebagai suplemen makanan dikenal dengan “Sun Chlorella”.

PENULIS
M. Farid Dimyati
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2014

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
https://studylibid.com/doc/1078/spesies---gomphosphaeria-sp

No comments:

Post a Comment