Monday, April 27, 2020

Ikan Buntal, Puffer Fish, Atau Stanleypool Puffer (Tetraodon Miurus); Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Puffer Fish (Tetraodontiformes) dalam bahasa Indonesia disebut ikan buntal merupakan ikan yang memiliki adaptasi tingkah laku dan anatomi yang tinggi pada perairan karang. Jenis ikan ini umumnya menetap di perairan karang, hanya beberapa jenis yang tidak menetap di perairan karang antara lain trigger fish dan molas yang dapat hidup di perairan laut yang luas (Grzimek 1974 dalam Pratama, et al., 2014).

KLASIFIKASI IKAN BUNTAL, PUFFER FISH, ATAU STANLEYPOOL PUFFER (TETRAODON MIURUS)
Kingdom
: Animalia
Phylum
: Chordata
Class
: Actinopterygii
Ordo
: Tetraodontiformes
Family
: Tetraodontidae
Genus
: Tetraodon miurus
Nama Ilmiah
: Tetraodon miurus
Nama Umum
: stanleypool puffer

MORFOLOGI IKAN BUNTAL, PUFFER FISH, ATAU STANLEYPOOL PUFFER (TETRAODON MIURUS)
Morfologi pada ikan ini serupa dengan ikan landak yang memiliki tulang belakang luas yang besar, memiliki empat gigi besar yang terpasang pada rahang atas dan bawah yang digunakan untuk menghancurkan cangkang krustasea dan moluska mangsa alami mereka.

TINGKAH LAKU IKAN BUNTAL, PUFFER FISH, ATAU STANLEYPOOL PUFFER (TETRAODON MIURUS)
Ikan ini dinamakan puffer fish karena mereka memiliki perut elastis yang bisa mengembang dengan berisi air atau udara, biasanya merupakan respon terhadap beberapa jenis ancaman, meskipun dalam akuarium banyak spesimen tampak mengembang diri tanpa alasan yang jelas. Ikan menjadi 2 atau 3 kali ukuran normal, cukup besar untuk menakut-nakuti predator potensial, atau sulit untuk menelan.Puffers juga memiliki beberapa adaptasi menarik lainnya. Mereka adalah salah satu dari beberapa ikan yang benar-benar dapat berkedip atau menutup mata.. Mereka juga memiliki paruh seperti mulut, yang dibentuk oleh fusi dari 2 gigi dari rahang masing-masing (maka Tetraodon). Ini digunakan untuk menghancurkan invertebrata, makanan favorit ikan tersebut.

HABITAT IKAN BUNTAL, PUFFER FISH, ATAU STANLEYPOOL PUFFER (TETRAODON MIURUS)
Ikan dengan nama latin Tetraodon miurus ini hidup di sungai besar atau pada daerah aliran sungai dan daerah dekat jeram pada wilayah beriklim tropis dengan suhu 24 oC – 28 oC. Penyebaran Daerah Asli Tetraodon miurus Hidup endemik di wilayah Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo.

CIRI-CIRI IKAN BUNTAL, PUFFER FISH, ATAU STANLEYPOOL PUFFER (TETRAODON MIURUS)
Tubuh ikan ini dapat mengembung seperti balon dan mengeluarkan duri tajam, hal ini dilakukan untuk melindungi diri dari mangsa yang akan mengganggunya. Selain itu pada tubuh ikan juga mengadung racu, banyak bagian tubuh puffers mengandung neurotoxin tetrodoxin yang mematikan. Ini adalah racun jenis yang sama dengan yang ditemukan dalam gurita cincin biru. Bila tertelan dalam jumlah yang cukup, dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

REPRODUKSI IKAN BUNTAL, PUFFER FISH, ATAU STANLEYPOOL PUFFER (TETRAODON MIURUS)
Reproduksi dan perkembanganbiakan ikan ini melalui pemijahan. Proses pemijahan terjadi secara alamiah pada induk yang sudah matang gonad. Penampakan morfologi pada induk yang sudah matang terlihat pada bentuk tubuh yang membulat. Pemijahan yang dilakukan terjadi persial, dalam 1 periode sepasang ikan dapat melakukan 4 kali proses pemijahan dengan selang waktu memijah sekitar 14-18 hari. Jumlah telur yang dihasilkan lebih dari 1000 – 1900 butir telur.

MANFAAT IKAN BUNTAL, PUFFER FISH, ATAU STANLEYPOOL PUFFER (TETRAODON MIURUS)
Ikan buntal merupakan ikan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi. Ikan ini sangat digemari di Jepang sebagai menu masakan yang mempunyai cita rasa yang sangat lezat dan bergizi. Harga menu masakan dari daging ikan buntal pisang di Jepang cukup mahal yaitu 10.500 yen atau sekitar Rp 840.000,00 (Suryati dan Prianto 2008). Salah satunya adalah ikan buntal jenis Takifugu rubripes. T. rubripes memiliki kandungan gizi pada dagingnya yaitu, air 78,9%, protein 16,5%, lemak 0,7%, karbohidrat 2,5% dan abu 1,4% (Saito dan Kunisaki 1998 dalam Pratama, et al., 2014).

PERAN IKAN BUNTAL, PUFFER FISH, ATAU STANLEYPOOL PUFFER (TETRAODON MIURUS) DI PERAIRAN
Ikan Buntal merupakan omnivora dapat memakan ganggang dan sebagai predator di perairan memakan kerang, udang, kepiting, dan moluska.

PENULIS
Prastyani Putri Andari
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
https://www.aqualog.de/en/lexikon/tetraodon-miurus-grey-2/
Pratama, G., N. R. Suwandi., dan A. M. Jacoeb. 2014. Kandungan Kimia, Fitokimia Dan Toksisitas Ikan Buntal Pisang Dari Kabupaten Cirebon. JPHPI. Volume 17 Nomor 2: 127-133
https://www.seriouslyfish.com/species/tetraodon-miurus/
www.alamikan.com
www.googleimage.com
www.lalaukan.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment