Wednesday, February 19, 2020

Vitamin Dan Mineral Pada Ikan


Selenium
Selenium adalah salah satu zat antioksidan yang berperan untuk menangkal senyawa radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan DNA yang dapat menyebabkan penyakit rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit jantung. 


Vitamin A
Vitamin A penting untuk sistem kekebalan tubuh, serta untuk produksi dan pemeliharaan tulang dan kulit dan kesehatan mata, vitamin A juga berperan dalam sel reproduksi dan diferensiasi. 


Mengkonsumsi Vitamin A dalam jumlah yang cukup setiap hari dapat mengurangi risiko masalah mata seperti katarak atau degenerasi makula terkait usia. Vitamin A adalah nutrisi yang larut dalam lemak dan membutuhkan sumber lemak makanan yang diserap oleh usus.


Kalium
Hal ini diperlukan oleh tubuh untuk memicu enzim yang dibutuhkan dalam metabolisme energi dan untuk kesehatan jantung dan otot rangka berkontraksi dengan baik. 


Diet yang tidak memiliki tingkat yang memadai kalium dapat meningkatkan risiko stroke, tekanan darah tinggi, osteoporosis dan batu ginjal. Seseorang juga bisa menjadi kekurangan kalium jika terlalu sering mengkonsumsi sejumlah besar natrium. 


Asam Lemak Omega 3
American Heart Association (AHA) melaporkan bahwa makan ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung, aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) dan kolesterol tinggi. 


Penulis
Faizatus Sholihah
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015


Editor
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

No comments:

Post a Comment