Ikan Sebelah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan sebelah atau disebut juga flatfish merupakan ikan damersal dengan distribusi yang luas, meliputi Teluk Persia dan pantai timur Afrika sampai Jepang, pantai utara sampai selatan Australia dan Indo-Pasifik. Kan berbadan pipih ini mempunyai kemampuan untuk menyamarkan tubuhnya dengan lingkungan sekitarnya sebagai penyamaran, sehingga mangsanya dapat dikelabuhi dan dapat dengan mudah ditangkap. Biasanya ikan ini memendamkan badannya ke dalam lumpur atau pasir di dasar laut, sementara hanya matanya yang muncul ke permukaan.

KLASIFIKASI IKAN SEBELAH
Klasifikasi Ikan Sebelah yakni sebagai berikut :
Kingdom
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Pisces
Ordo
: Pleuronectiform
Genus
: Pleuronectidae
Spesies
: Pseudorhombus arsius

MORFOLOGI IKAN SEBELAH
Secara morfologi ikan ini mempunyai bentuk badan pipih, kedua mata berada pada salah satu sisi, sedang sisi yang lain tidak ada mata (karena itulah ikan ini disebut ikan sebelah) dan sedikit pigmen. Panjang ikan rata-rata sekitar 30 cm dan dapat mencapai 45 cm. Bentuk asimetris yang ada pada ikan sebelah merupakan hasil evolusi tengkorak flatfish secara bertahap. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya fosil ikan bermata aneh dari perairan Eropa Kuno. Fosil ini diperkirakan hidup 50 juta tahun lalu, dengan satu mata di atas kepalanya dan satunya berada di sebelahnya. Bentuk asimetris ini memungkinkan mereka untuk berbaring datar di dasar laut sambil menunggu mangsanya. Adaptasi morfologi ikan ini sangat berguna untuk melindungi diri dari predator yang lebih besar dan untuk memudahkan ikan ini dalam memangsa.

REPRODUKSI IKAN SEBELAH
Ikan sebelah biasanya bertelur di daerah lepas pantai dan ada yang bertelur di muara sungai. Dalam sekali reproduksi, betina mampu melepaskan beberapa ratus ribu telur sampai dua juta telur. Telur-telur tersebut akan menjadi larva berukuran 1,5 – 3 mm. Pada saat masih larva hingga menjadi ikan sebelah yang dewasa, tubuhnya makin berbentuk pipih, sedangkan salah satu matanya bergerak kearah salah satu sisi tubuhnya. Setelah itu warna bagian tubuh bawah berubah menjadi putih.

HABITAT IKAN SEBELAH
Ikan ini banyak ditemukan di estuari dan air dangkal, di dasar pasir atau lumpur sampai kedalaman 200 m. Ikan sebelah yang masih muda umumnya ditemukan di air payau. Ikan sebelah termasuk ikan demersal, berenang di atas dasar atau menyembunyikan diri di dasar. Tipe substrat yang digemari terutama pasir dan berlumpur – ikan sebelah paling banyak ditemukan di wilayah perairan Utara Jawa, Selatan Kalimantan, Sumatera sampai Papua.

MANFAAT IKAN SEBELAH
Kandungan nutrisi ikan sebelah cukup tinggi dan rasanya juga enak, daging ikan sebelah memang tidak terlalu tebal tetapi rasanya sangat gurih. Ikan ini juga dipercaya dapat meningkatkan stamina. Ikan sebelah biasanya diekspor dalam bentuk fillet dengan tujuan Uni Eropa. Jenis yang diminati dan mempunyai nilai jual yang tinggi adalah Psetta maxima. Jenis lain yang juga mempunyai pasar ekspor adalah Engyprosopon sp yang banyak ditemukan di perairan Semarang dan sekitarnya dengan tujuan ekspor Jepang. Engyprosopon sp yang diminati untuk pangsa ekspor adalah yang berukuran di atas 20 cm. Untuk mendapatkan ukuran tersebut perlu mata jaring yang lebih besar sehingga yang tertangkap adalah jenis yang besar dan juga diperlukan kecepatan penarikan jaring yang lebih besar (sekitar 4-5 knot). Selain diekspor ikan sebelah juga dikonsumsi di dalam negeri, umumnya dijual segar atau dalam bentuk masakan.

PERAN IKAN SEBELAH DI PERAIRAN
Ikan sebelah juga merupakan salah satu media pembawa hama dan penyakit ikan. Berdasarkan Lampiran Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 841/KptsIK.220/7/99 tanggal 22 Juli 1999 tentang Jenis-jenis Hama dan Penyakit Ikan Karantina dan Jenis-jenis Media Pembawa Penyakit Ikan Karantina, disebutkan bahwa ikan sebelah jenis Psettodes erumei sebagai media pembawa/ inang dari penyakit Epizootic Haemotopotic Necrosis (EHN) yang disebabkan oleh indovirus dengan daerah penyebaran cukup luas yaitu Amerika, Eropa, Australia, Afrika dan Asia.

TINGKAH LAKU IKAN SEBELAH
Dalam mencari mangsa biasanya ikan ini akan bersembunyi di dasar pasir atau lumpur. Matanya dapat diangkat atau diturunkan dan digerakkan dengan bebas. Tanpa gerak, ikan ini akan menunggu mangsanya sampai mangsa benar-benar dekat dan lengah. Dengan gerakan yang cepat dan mendadak menyergap, jarang sekali mangsa yang dapat lolos dari sergapannya.

CIRI-CIRI IKAN SEBELAH
Ikan Sebelah Laut atau juga dikenali sebagai ikan sisa Nabi, merujuk kepada sekumpulan ikan dalam genus Pseudorhombus atau Achiroides. Ikan air masin dan tawar ini terdapat di kawasan tropika, termasuk di negara-negara ASEAN. Makanan utama ikan ini adalah hewan-hewan benthic, umumnya yang berkulit keras dan tidak bertulang punggung. Ikan berbadan pipih ini suka sekali menyamar, menyesuaikan dengan kondisi lingkungannya dengan cara memendamkan badannya ke dalam lumpur atau pasir di dasar taut, sementara hanya matanya yang muncul ke permukaan. Matanya dapat diangkat atau diturunkan dan digerakkan dengan bebas. lkan ini memakan terutama binatang berkulit keras, hewan tak bertulang punggung. Tanpa gerak,dengan sangat sabar ia menunggu mangsanya sampai mangsa benar-benar dekat dan lengah dengan gerakan yang sangat cepat dan mendadak menyergap, jarang sekali mangsa dapat lolos dari sergapannya. Sepertinya predator ini diciptakan demikian, pertama untuk melindungi diri dari predator yang lebih besar, kedua untuk memudahkan ia memangsa.

PENULIS
Yuliana Agus S
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2012

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Fishbase.2010.Psettodeserumei.http://www.fishbase.org/summary/Psettodes  erumei.html (Diakses pada tanggal 20 Oktober 2015)
Google Image. 2015. Ikan Sebelah. http://www.ikan-sebelah (Diakses pada tanggal 20  Oktober 2015)
Gunn,JohnS.1990.ArevisionofselectedgeneraofthefamilyCarangidae(Pisces) from Australian waters". Records of the Australian Museum Supplement 12: 1–78.
https://ms.wikipedia.org/wiki/Ikan_Sebelah_Laut
Redjeki, Sri. 2000. Biologi Reproduksi Ikan Sebelah (Psettodes erumei) di Perairan Jepara. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro. Semarang

Post a Comment for "Ikan Sebelah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll"