Ikan Gergaji; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan gergaji atau sawfish masih termasuk famili ikan pari (famili Pristidae). Mereka memiliki ciri moncong panjang bergigi. Beberapa spesies bisa tumbuh mencapai 7 meter atau 23 kaki, bahkan dikabarkan telah ditemukan dengan panjang 9 meter. Semua jenis ikan gergaji tergolong hewan terancam punah.

KLASIFIKASI IKAN GERGAJI
Kingdom
: Animalia
Phylum
: Chordata
Class
: Chondrichthyes
Subclass
: Elasmobranchii
Superorder
: Batoidea
Order
: Pristiformes
Family
: Pristidae
Species
: Anoxypristis pristis

MORFOLOGI DAN CIRI-CIRI IKAN GERGAJI
Ciri khas dari ikan gergaji ini adalah rostum atau moncongnya yg seperti gergaji. Rostumnya yang merupakan tulang rawan diselimuti pori yg sensitif pada gerakan dan listrik untuk mendeteksi pegerakan dan detak jantung mangsa dimana. Ini juga bisa mereka gunakan untuk menggali udang yg terkubur atau melukai makanannya. Ikan gergaji juga diketahui mempertahankan dirinya dengan rostum dari musuhnya seperti hiu dan penyelam. Rostum ikan gergaji memiliki "gigi" sebanyak 16-20 buah, sementara di mulutnya terdapat 80-160 buah gigi. "Gigi" yg berada di rostumnya itu bukanlah gigi sebenarnya, tapi modifikasi dari struktur mirip gigi yg disebut denticles. Rostum ini panjangnya 1/5 dari panjang tubuh ikan gergaji. Ikan ini juga memiliki sirip dada (pectoral fin) yang menyatu dengan kepala dengan sedikit lemak dan otot.

Seperti ikan bertulang rawan lain, ikan gergaji kehilangan kantung renang sehingga mereka menggunakan hati yang kaya akan minyak sebagai penggantinya. Tubuh dan kepalanya pipih dan memungkinkan mereka untuk menghabiskan waktunya berbaring di dasar laut. Seperti pari, mulut, insang, dan lubang hidung ikan gergaji berada di tubuh bagian bawah. Mulutnya kecil dan memiliki gigi berbentuk kubah yg berguna saat mereka makan meski terkadang mereka juga langsung menelan makanannya. Ikan gergaji bernapas dengan kedua spirakel yg berada di belakang matanya, mengambil sejumlah air ke insangnya. Kulitnya kasar karena dilindungi dermal denticles kecil. Tubuhnya terkadang berwarna abu-abu atau cokelat, bahkan ikan gergaji bergigi kecil (Ikan gergaji adalah hewan nokturnal, istirahat pada siang dan mulai berburu hewan kecil air pada malam hari. Walau terlihat menyeramkan, mereka adalah hewan tenang dan tidak akan menyerang manusia bila mereka tidak diganggu.

Meski memiliki penampilan sama dg hiu gergaji, ikan gergaji bukanlah hiu gergaji atau sawshark. Ikan gergaji memiliki ukuran yg lebih besar, tidak memiliki sungut, dan insang yg berada di bagian perut. Keduanya juga memiliki habitat yg berbeda. Hiu gergaji tinggal di laut dalam, sementara ikan gergaji hidup di perairan dangkal dan berlumpur. Mereka juga bisa dijumpai di muara dan teluk dangkal, sehingga mereka bisa hidup di air tawar dan air asin. Ikan gergaji ditemukan di daerah tropis dan subtropis di Atlantik dan Indo-Pasifik.

HABITAT IKAN GERGAJI
Freshwater Sawfish (Pristis microdon) dikenal juga dengan nama Leichhardt's sawfish. Ikan yang termasuk keluarga sawfish ini mempunyai keragaman nama di setiap negara seperti Cucut Krakas (Jawa),Cucutgergaji(Malaysia), Nokogiriei (Jepang), Zoetwaterzaagrog (Belanda) dan sebagainya. Ikan ini sebenarnya hidup di lautan indo-pacific namun dapat juga hidup di sungai untuk melakukan siklus hidupnya. Di lautan, mereka ditemukan pada garis geographis antara 11oN dan 39oS. spesies ini dikenal dapat tinggal di jauh di bagian dalam sungai termasuk danau dan kolam sementara di Australia bagian utara. Pada musim hujan (Desember-maret) ikan akan hidup di sungai air tawar sedangkan pada musim kering (Mei-oktober) ikan akan lebih suka tinggal di muara atau teluk yang menyerupai habitat air laut. Selain di Australia, ikan ini juga menyebar ke Kalimantan, Papua, Vietnam, India, Madagascar dan Afrika timur. Semua keluarga sawfish mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai ikan hiu, termasuk freshwater sawfish. Secara taksonomi, spesies ini berbeda dengan kelas ikan sejati seperti halnya lungfish. Sawfish termasuk kelas ikan bertulang rawan atau Chondrichthyes. Tubuh ikan ini mempunyai warna polos dengan coklat keabu-abuan menutupi semua bagian atas tubuh sedangkan bagian perut berwarna putih pucat. Ciri khas dari keluarga sawfish adalah adanya moncong atau hidung panjang menyerupai pedang (Rostrum) dengan deretan gergaji kecil yang menyamping (Rostral teeth). Freshwater sawfish mempunyai rostral teeth yang lebih besar dibanding semua spesies sawfish kecuali Largetooth sawfish (Pristis perotteti). Jumlah rostral teeth per sisi rosturm pada ikan ini berjumlah 14 sampai 23 buah. Freshwater sawfish mempunyai gigi mulut yang sangat kecil dengan ujung yang tumpul. Rahang atas terdiri dari 70-72 deret gigi dengan jumlah item gigi perderet adalah 115-127 buah. Sedangkan rahang bawah terdiri dari 64-68 dengan jumlah item gigi perderet adalah 122-140 buah. Sirip dada berukuran cukup lebar dan bersifat agak kaku. Sirip punggung berada lebih depan dibanding sirip panggul. Spesies ini dapat tumbuh dengan ukuran sekitar 6 meter (19,7 ft), bahkan beberapa sumber menyebutkan panjang maksimal adalah 7 meter (23ft) namun masih membutuhkan konfirmasi lebih lanjut.

Ikan ini berstatus hampir punah. Sejak tahun 2006, IUCN telah menetapkan status “critical endangered” melihat jumlah populasinya yang terus menurun. Banyak sekali faktor penyebab penurunan populasi ikan ini. Antaranya penangkapan untuk ikan aquarium, akitifitas manusia terhadap sungai dan laut seperti pembuangan limbah, pembangunan DAM, pertanian dan sebagainya. Belum lagi ulah manusia yang menangkap ikan ini hanya untuk mengambil moncongnya.

TINGKAH LAKU IKAN GERGAJI
Freshwater sawfish bersifat karnivora. Makanan utamanya adalah invertebrata dan ikan-ikan kecil yang berkelompok. Dia merupakan tipe pengumpul makanan menggunakan rostrumnya yang digerakkan ke samping kiri-kanan secara cepat untuk memperoleh mangsa. Ikan ini dapat mengetahui letak lokasi mangsa karena mempunyai moncong yang ditutupi dengan ribuan elektroreceptor seperti halnya hiu dan pari. Habitat yang berbeda dapat memicu terjadinya beda pola makan, sebagai contoh mangsa di perairan dangkal akan sangat berbeda antara siang dan malam. Salah satu mangsanya seperti beberapa spesies ikan kecil akan banyak dijumpai di perairan dangkal pada malam hari.

PERAN IKAN GERGAJI DI PERAIRAN
Ikan gergaji mempunyai peran sebagai penyeimbang ekosistem di perairan, ikan dewasa hanya sedikit mempunyai musuh alami atau predator namun tidak untuk anakan ikan. Hiu dan buaya air asin (Crocodylus porosus) merupakan contok predator utama untuk anakan ikan. Selain predator, ikan ini juga beresiko diserang parasit. ContohnyaNonacotyle pristis dan Pristonchocotyle papuensis (Hexabothriidae), yakni parasit dari Papua Nugini yang biasa menyerang bagian insang ikan. Habitat yang berbeda biasanya akan memunculkan jenis parasit yang berbeda baik dari golongan nematoda, protozoa maupun trimatoda. Kebanyakan parasit akan menyerang insang, kulit dan sistem pencernaan. Efek dari parasit ini terhadap freshwater sawfish masih dalam tahap penelitian.

REPRODUKSI IKAN GERGAJI
Usia kedewasaan ikan ini tidaklah diketahui, namun berdasar fakta yang ada diduga ikan membutuhkan waktu setidaknya 20 tahun sebelum siap bereproduksi. Ikan betina berukuran lebih panjang dibanding ikan jantan, ikan betina dewasa berukuran 3 m sedangkan ikan jantan sekitar 2,5 m. Freshwater sawfish bersifat ovovivipar. Seperti halnya hiu dan pari, ikan ini juga mengalami pembuahan secara internal. Ikan betina akan hamil selama 5 bulan sebelum melahirkan. Selama dalam kandungan, embrio ikan akan tumbuh dengan memakan plasenta kuning telur. Bayi ikan yang baru lahir memiliki ukuran 72-93 cm dengan ekor keluar terlebih dulu waktu lahir. Gigi gergaji pada bayi ikan belumlah muncul secara lengkap dan masih ditutupi dengan jaringan pelindung. Jaringan pelindung gigi gergaji ini juga bertujuan untuk tidak menyakiti induk betina waktu melahirkan.

MANFAAT IKAN GERGAJI
Ikan gegaji mempunyai manfaat yaitu sebagai ikan hias di akuarium, untuk perawatan di aquarium belum didapat informasi yang spesifik, namun mengingat status ikan yang terancam punah maka dianjurkan untuk tidak menjadikannya ikan peliharaan. Ikan ini tidak berbahaya bagi manusia selama merasa tidak terganggu. Ukuran tubuh manusia yang cukup besar tidak akan menjadikan manusia dalam daftar menu mangsa ikan ini. Justru sebaliknya, freshwater sawfish merupakan menu buruan manusia karena moncong gergajinya. Moncong gergaji ikan ini telah lama dibuat sebagai kerajinan oleh beberapa suku di negara yang berbeda. selain moncong gergajinya, sirip ikan ini banyak tersedia di pasaran “sirip ikan hiu” di Asia. Daging dan organ tubuh ikan juga banyak dicari orang. Selain itu, telur, minyak hati dan empedu ikan digunakan sebagai obat-obatan oleh masyarakat China.

PENULIS
Jefri Numan Faizi
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
http://www.iftfishing.com/blog/mancing/fishypedia/hiu-gergaji/
http://zafact.blogspot.co.id/2012/04/freshwater-sawfish-pristis-microdon.html

Post a Comment for "Ikan Gergaji; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll"