Tuesday, February 25, 2020

10 Ikan Hias Aquascape Terbaik Untuk Akuarium


MELEKPERIKANAN.COM - Menemukan ikan terbaik untuk membuat aquascape dapat menjadi tantangan tersendiri. Artikel ini memecah spesies mana yang terbaik dan mengapa. Pertanyaan-pertanyaan umum yang sering terdengar dari para penggemar meliputi: Ikan ukuran mana yang paling cocok untuk aquascape? Apakah semua spesies ikan kompatibel dengan akuarium yang ditanam? Apakah semua ikan kompatibel dengan pengaturan CO2 ?. Umumnya ikan yang lebih kecil seperti Ember Tetra yang tercantum di bawah ini cenderung memberikan ilusi akuarium yang lebih dalam dan lebih besar dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk penghobi zaman modern. Ikan yang lebih besar, herbivora, seperti dolar perak, Pacu, Hiu Perak & Oscar harus dihindari dalam aquaqscapes yang ditanam bersama dengan ikan yang peka terhadap perubahan pH yang dapat dihasilkan dari injeksi CO2. Di bawah ini adalah 10 pilihan terbaik yang digunakan berkali-kali oleh para profesional di industri ini:

1.   Ember Tetra


Ember tetra telah menjadi salah satu tambahan ikan aquascaping paling populer. Ini karena warna oranye terang yang berbeda dan ukurannya yang sangat kecil. Kombinasi ini bekerja dalam dua cara. Akuarium akan tampak jauh lebih besar dengan ikan kecil seperti Ember Tetra yang menempati ruang kosong. Ini sangat menguntungkan dalam kompetisi aquascaping seperti Aquatic Gardeners Association ketika sebuah gambar adalah satu-satunya sumber visual akuarium. Nama unik mereka 'Ember' diwujudkan dalam warna oranye darah terang. Ember Tetras akan sering berenang berkelompok di akuarium yang menghasilkan jejak warna cerah melalui aquascape. Mereka cocok untuk pH rendah yang sering ditemukan di aquascapes dan secara keseluruhan adalah pilihan yang sangat baik untuk akuarium.

2.   Cardinal Tetra


Kardinal Tetras selalu menjadi favorit dalam hobi akuarium. Mereka sangat populer di aquascaping karena warnanya yang menakjubkan dan cerah. Bilah neon terang yang terdapat pada keseluruhan tubuhnya terletak tepat di atas garis merah tua. Jika warna adalah perhatian utama, Kardinal Tetras adalah pilihan Anda. Mereka lebih cerah dari Ember Tetras tetapi seringkali lebih mahal dan dapat tumbuh cukup besar. Kardinal Tetra memiliki umur yang sangat panjang jika dibandingkan dengan spesies Tetra lainnya. Akuarium 55+ Gallon yang lebih besar direkomendasikan dengan minimal 10-15 Kardinal  tetra saat mereka menikmati suasana berenang berkelompok. Cardinals dapat tumbuh hingga 1,5 ″

3.   Neon Tetra atau Black Neon Tetra



Neon Tetra sangat mirip dengan Kardinal Tetra. Bagaimana Anda mengetahui perbedaan antara Neon Tetra dan Kardinal Tetra? Perbedaannya terletak pada warnanya. Kardinal Tetra menahan warna mereka dari ujung mulut ke ujung ekor. Neon Tetra memiliki celah kecil di lapisan merah yang membentang di sisi mereka. Perut mereka sering berwarna putih-perak. Neon Tetra tidak akan tumbuh sebesar, seringkali ukuran maksimum kurang dari 1 ″. Neon Tetra sangat murah dan dapat dibeli di hampir semua toko hewan peliharaan atau LFS. Untuk alasan ini mereka adalah solusi anggaran terbaik. Membeli 50-100 dalam akuarium yang sangat besar akan membuat tampilan yang menakjubkan.

4.   Harlequin Tetra (Harlquin Rasbora)


Harlequin Rasbora adalah ikan aquascaping populer lainnya. Ini karena ukurannya yang kecil dan warna reflektif cerah. Harlquin Tetras jarang tumbuh lebih dari 1 ″ panjangnya dan memiliki masa hidup hingga 10 tahun. Mereka memiliki kemilau mawar yang tidak biasa garis berbentuk L gelap yang mengalir di punggung mereka. Halequin Rasbora adalah ikan komunitas yang sangat baik dan sepenuhnya kompatibel dengan aquascape.

5.   Rainbows


Rainbows menjadi semakin populer di hobi akuarium aquascaping. Ini karena warna-warna cerah alami mereka yang memantulkan cahaya di akuarium. Sisik pelangi dipantulkan dan ditambahkan cahaya dan gerakan saat berenang. Mereka menikmati pH yang lebih rendah yang biasanya terkait dengan akuarium yang ditanam dari injeksi CO2 dan substrat yang digunakan. Rainbows kecil lebih populer di aquascapes. Termasuk mata Spotted Blue, Rainbowfish Dwarf Neon & rainbowfish Threadfin. Mereka adalah spesies yang kuat, datang pada titik harga yang baik tetapi dapat menjadi tantangan untuk ditemukan dalam jumlah besar.

6.   Angel Fish


Angel Fish adalah favorit klasik dalam hobi akuarium dan baru-baru ini digunakan dalam pengaturan aquascaping. Angel fish lebih sensitif daripada spesies lain terhadap perubahan kualitas air. Untuk alasan ini, pengaturan CO2 yang besar harus menggunakan katup solenoid yang memotong CO2 selama jam malam. Ini dapat membantu meminimalkan input CO2 sementara tanaman berfotosintesis dan mencegah penurunan pH akuarium. Angel Fish telah digunakan oleh Takashi Amano di akuarium raksasa yang terletak di rumahnya. Ini adalah Altum Angelfish, spesies yang sangat menantang yang membutuhkan pemantauan cermat dan pemberian makanan teratur. Angelfish standar dapat tumbuh cukup besar dan ini membuat mereka dicadangkan untuk aquascapes yang lebih besar. Di nomor 6 mereka adalah ikan yang indah, mereka aman untuk tanaman dan tambahan yang indah untuk aquascape apa pun.

7.   Discus


Diskus mungkin merupakan spesies paling unik dan berwarna-warni yang tersedia dalam hobi ini. Cakram berasal dari Amazon dan diyakini warna cerah ini diperlukan di perairan gelap keruh untuk menemukan dan menarik pasangan. Diskus juga lebih suka pH rendah yang hampir identik dengan yang ditemukan pada aquascapes CO2. Sayangnya Discus dapat tumbuh menjadi cukup besar, mereka harus disediakan untuk aquascapes yang sangat besar setidaknya 100 galon. Seperti disebutkan sebelumnya, ukuran yang lebih besar dari Discus dapat menjadi pertukaran antara ilusi kedalaman di akuarium dan warna. Mereka dapat dikombinasikan dengan Tetra dan merupakan ikan komunitas yang serba baik. Mereka adalah tambahan yang sangat baik untuk aquascape asalkan akuarium cukup besar untuk menampung bentuk dewasa mereka.

8.   Guppys


Guppys telah menjadi sorotan akuarium sejak awal. Pemanas tropis di akuarium memungkinkan untuk menjaga berbagai spesies dan guppy termasuk yang paling terang dan paling keras di antara mereka semua. Jantan membawa ekor yang besar dan cerah yang menandakan status dan menarik betina. Guppys memiliki warna intens yang ada di hampir setiap warna yang memungkinkan. Ini membuat pilihan yang sangat baik untuk aquarist yang mencari warna tertentu untuk melengkapi aquascape. Guppys tidak menyukai aliran tinggi dan lebih memilih lingkungan bergerak yang lebih lambat. Mereka juga rentan terhadap spesies lain yang menggigit sirip mereka dan harus dipelihara dengan spesies mereka sendiri.

9.   Chili Rasbora/ Mosquito Rasbora


Chili Rasbora adalah pilihan cerdas lain untuk pengaturan akuarium. Ukurannya yang sangat kecil dan warna merah yang mencolok membuat mereka menjadi pesaing utama. Keuntungan utama mereka adalah berenang berkelompok sehingga terlihat menarik. Akuarium besar dengan setidaknya 15 Chili Rasbora akan menemukan mereka tetap rapat di sekitar akuarium. Ini dapat memiliki efek trailing yang indah saat mereka bergerak dari satu sisi ke sisi lain dari aquascape. Mereka adalah spesies yang lebih sulit untuk diperoleh. Rasbora membutuhkan ruang bebas untuk berenang dan 55gal direkomendasikan, meskipun mereka dapat disaksikan di akuarium yang jauh lebih kecil. Chili Rasbora harus disimpan dalam akuarium satu spesies saja karena ukurannya yang kecil dan sifatnya yang pemalu.

10.       Dwarf Gouramy


Dwarf Gourami adalah tambahan akuarium klasik yang memiliki kepribadian yang sangat baik dan warna reflektif yang cerah. Dwarf Gouramis dapat tumbuh hingga 3 ″ tetapi lebih umum terlihat sekitar 2 ″ panjangnya. Untuk alasan ini, mereka harus dibatasi pada aquascapes yang lebih besar, menyadari bahwa ikan yang lebih besar dapat mengurangi ukuran aquascape yang dipersepsikan. Aquascapes adalah pemandangan yang sempurna untuk ikan-ikan ini, mereka baik di komunitas dan menambahkan merah dan biru cerah ke aquascape hijau sehingga terlihat lebih menarik.

Ini hanya 10 dari banyak ikan akuarium yang cocok di Aquascape. Mereka populer, terbukti dan dijamin aquascaping akan menarik dilihat apabila memilih ikan-ikan jenis ini.

Daftar Pustaka
https://blog.aquariuminfo.org/the-10-best-aquascaping-fish/

No comments:

Post a Comment