Wednesday, February 26, 2020

Ikan Gobi Atau Goby (Vanderhorstia Dawnarnallae)


Vanderhorstia dawnarnallae adalah spesies ikan goby baru yang cantik dan berwarna-warni yang baru-baru ini dijelaskan dalam Journal of the Ocean Science Foundation. Ditemukan di ujung timur Indonesia yang juga dikenal sebagai Papua Barat, Ikan Goby ini adalah spesies ke-26 Vanderhorstia yang akan dideskripsikan secara resmi.


Tidak seperti ikan gobi lain yang mendapatkan nama latin yang tepat setiap tahun, Vanderhorstia dawnarnallae berbentuk kecil. Tumbuh hingga 40mm atau hanya lebih dari satu setengah inci panjangnya,ikan goby ini masih sekitar dua kali ukuran udang Alpheus yang diasosiasikan dengannya.


Yang benar-benar menarik perhatian kita tentang Vanderhorstia dawnarnallae adalah jaringan garis biru labirin yang indah di wajah dan tubuh yang secara berkala melingkari bintik-bintik kuning muda di sayap. Kita dapat melihat bagaimana dalam beberapa pencahayaan, garis-garis biru dan bintik-bintik kuning akan sangat terlihat, atau sepenuhnya membantu kamuflase ikan ini pada substrat berpasir.


Ikan Goby ini terkait erat dengan Vanderhorstia ornatissima dan beberapa spesies serupa yang semuanya memiliki motif warna dan pola yang sama, serta 13 duri punggung dan dubur. Bahkan ada spesies Vanderhorstia yang tampaknya tidak terdeskripsikan tetapi serupa dari Pasifik Barat yang garis-garis birunya membentuk lebih banyak ocelli tertentu di sekitar titik-titik kuning. Vanderhorstia dawnarnallae yang baru saja dideskripsikan ini tidak pernah diimpor ke hobi akuarium, tetapi masih ada pengganti ribuan gobi yang bagus, penuh warna, dan akuarium yang cocok untuk dipilih.



Daftar Pustaka
https://reefbuilders.com/2019/10/28/vanderhorstia-dawnarnallae-wicked-new-species-of-shrimp-goby-described/

No comments:

Post a Comment