Wednesday, February 26, 2020

Ikan Belanak; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan belanak merupakan ikan yang habitatnya berasal dari air laut. Jenis-jenis ikan belanak diperairan pantai Indonesia digolongkan kedalam Genus Mugil (Djuahanda, 1981). Warna : Bagian belakang berwarna kehijau-hijauan atau abu-abu kecoklatan, pada bagian sisi dan perut berwarna keperakan; pinggiran belakang sirip ekor berwarna hitam; pada permulaan sirip dada terdapat spot biruMoolgarda delicatus. Ikan belanak bersisik cycloid atau ctenoid, bisa dengan jari-jari kecil di tepinya atau tidak, ujung rahang atas melengkung ke bawah dan terlihat pada saat mulutnya tertutup.

KLASIFIKASI IKAN BELANAK
Kingdom
: Animalia
Phylum
: Chordata
Class
: Osteichthyes
Order
: Perciformes
Family
: Mugilidae
Genus
Mugil
Spesies
Mugil cephalus

MORFOLOGI IKAN BELANAK
Ikan belanak memiliki ciri morfologi yaitu tubuh torpedo (fusiform), dimana bagian anterior agak besar kemudian makin ke posterior makin kecil. Bentuk mulut sub terminal , maxilla berada sedikit dibawah mandibula, memiliki bentuk sisik ctenoid dan warna didominasi putih perak dan pada bagian ventral berwarna agak ke merah muda. Bentuk sirip caudalnya berbentuk cagak dan memiliki rumus sirip = D1 IV, vi ; D2 V, 3-4; A III, 5-7; P IV 14-16; V I,12-14. Pada standart ikan belanak 14 cm , tinggi badan 3,3 cm. Linea lateralis terlihat sangat jelas dan berfungsi sebagai indra peraba.

HABITAT IKAN BELANAK
Ikan belanak atau Otomebora mullet termasuk klas Actinopterygii, ordo Perciformes dan familia Mugilidae, merupakan jenis ikan laut tetapi sering masuk ke daerah estuaria bahkan ke perairan sungai (tawar).

Ikan ini terdistribusi pada semua perairan terutama di daerah estuari (coastal) dan laut di daerah tropis dan subtropis yaitu di Indo-Pacific, Filipina, dan Laut Cina Selatan, hingga Australia. Di Sungai Musi ikan belanak hidup di daerah muara dan estuaria seperti di daerah Sungsang dan Sembilang (Utomo, et al., 2007). Ikan belanak merupakan jenis ikan pelagis (benthopelagic) yang bersifat katadromus hidup di perairan tawar seperti sungai, estuari dan laut dengan kedalaman sampai 120 meter, temperatur antara 8-240C.


REPRODUKSI IKAN BELANAK
Ikan belanak merupakan ikan golongan ovipar. Dimana golongan ovipr adalah ikan yang mengeluarkan telur pada waktu pemijahan. Beberapa ikan berpijah secara bersama-sama dan tanpa berpasangan. Sejumlah ikan jantan dan betina megeluarkan sperma dan telur secara bersama dalam suatu lingkungan yang cocok. Jumlah telur yang banyak dibiarkan hanyut dalam perairan terbuka, terbawa dan terapung oleh turbulensi arus, kemudian menempel pad substrat. Spesiae lain memiliki kebiasaan berpasangan dalam memijah setelah satu atau dari pasangan tersebut keduanya menyiapkan tempat untuk meletakkan telur. Beberapa jenis ikan memendam telurnya di krikil dan kemudian meninggalkannya, sedangkan jenis lain akan menjaga mengawal) sarangnya. Ikan belanak (Liza spp, Mugil spp, valamugil sp) merupakan jenis ikan pantai yang umumnya melakukan pemijahan di daerah pantai dengan salinitas yang agak tinggi. Telur-telur dikeluarkan begitu saja dan terbawa arus sampai ke muara sungai. Anak-anak belanak akan bergerak ke tambak dan bahkan ada yang masuk ke perairan tawar.

CIRI-CIRI IKAN BELANAK
Bentuk ikan belanak secara umum memanjang agak langsing dan gepeng. Sirip punggung terdiri dari satu jari-jari keras dan delapan jari-jari lemah. Bagian belakang berwarna kehijau-hijauan atau abu-abu kecoklatan, pada bagian sisi dan perut berwarna keperakan; pinggiran belakang sirip ekor berwarna hitam; pada permulaan sirip dada terdapat spot biru Moolgarda delicatus. Sirip dubur berwarna putih kotor terdiri dari satu jari-jari keras dan sembilan jari-jari lemah. Bibir bagian atas lebih tebal daripada bagian bawahnya ini berguna untuk mencari makan di dasar/ organisme yang terbenam dalam lumpur. Ciri lain dari ikan belanak yaitu mempunyai gigi yang amat kecil, tetapi kadang-kadang pada beberapa spesies tidak ditemukan sama sekali.

MANFAAT IKAN BELANAK
Ikan belanak merupakan salah ikan air laut yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Ikan sangat baik untuk memenuhi nutrisi tubuh karena ikan mengandung protein yang tinggi. Ikan juga sangat baik dikonsumsi untuk perkembangan otak anak. Omega 3 yang terkandung di dalam ikan dapat membuat anak lebih cerdas, meningkatkan fokus dalam belajar, memperbaiki penglihatan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan dapat menurunkan kolesterol darah. Mineral yang terkandung di dalam ikan meliputi fosfor, kalium, besi, tembaga, seng, magnesium. Seng dan kalsium sangat penting bagi perkembangan tulang. Selenium dapat mengurangi risiko katarak, mengurangi penyakit yang berhubungan dengan hati, mencegah proses penuaan dini, mencegah kanker, dan mencegah penyakit jantung. Kandungan besi sangat diperlukan wanita menjelang masa menopause.

TINGKAH LAKU IKAN BELANAK
Tingkah laku ikan adalah adaptasi tubuh ikan terhadap pengaruh lingkungan internal dan eksternal. Yang termasuk pengaruh lingkungan eksternal adalah oksigen, cahaya, salinitas dan faktor lingkungan lainnya. Yang termasuk faktor internal adalah kematangan gonad dan pertumbuhan. Mempelajari tingkah laku ikan sangat penting terutama bagi penangkapan dan budidaya. Di bidang penangkapan, tingkah laku ikan digunakan untuk menentukan efektifitas alat tangkap. Sedangkan di bidang budidaya dapat diaplikasikan pada pemberian pakan dan pemijahan.

PERAN IKAN BELANAK DI PERAIRAN

Ikan sangat penting sebagai penyedia protein hewani  bagi pemenuhan gizi masyarakat  terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Pasokan ikan di Sumatera Selatan masih mengandalkan hasil tangkapan, karena itu perlu dipertahankan ketersediaan stok ikan di perairan umum. Salah satu upaya untuk mempertahankan stok ikan di perairan umum adalah dengan melakukan restocking atau kegiatan penebaran kembali ikan di habitatnya.

PENULIS
Elvara Nadya Adventy
FPIK Universitas Brawijaya

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya

DAFTAR PUSTAKA
http://www.hellodoctor.co.id/ikan-sumber-nutrisi-yang-baik-untuk-tubuh/ diunduh pada 26 Oktober 2015 pukul 16.53.
https://ikanmania.wordpress.com/2008/04/02/sudahkah-anda-tahu-ikan-belanak-liza-melinoptera/.html diunduh 26 Oktober 2015 pukul 16.49 WIB
http://cocoper6-cocoper6.blogspot.co.id/2011/02/ikan-belanak.html diunduh pada 24 Oktober 2015 pukul 09.41 WIB
http://kurniawanprastyo.blogspot.co.id/2011/08/makalah-ikan-mugil.html diunduh 20 Oktober 2015 pukul 20.06 WIB
http://deeadeeul.blogspot.co.id/2012/05/laporan-praktikum-ikhtiologi-pengenalan.html diunduh 20 Oktober 2015 pukul 20.31 WIB
http://opuen.blogspot.co.id/2013/02/reproduksi-ikan_6.html diunduh pada 24 Oktober 2015 pukul 09.19
http://stresspraktikum.blogspot.co.id/2013/05/klasifikasi-dan-morfologi-ikan-belanak.html diunduh 24 Oktober 2015 pukul 08.54

No comments:

Post a Comment