Tuesday, February 25, 2020

Ikan Lemadang Atau Mahi-Mahi; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Lemadang (Coryphaena hippurus) merupakan salah satu komoditi dari perairan Indonesia. Ikan lemadang ini merupakan ikan berukuran cukup besar. Ukuran ikan ini saat masih muda sekitar 30 cm dan saat dewasa mencapai 200 cm. .Ikan ini termasuk ikan yang buas. Ikan lemadang merupakan ikan yang terbaik dalam hal kecepatan untuk berbagai kelas piranti. Ikan lemadang sangat kuat dan kerap berakrobatik.

KLASIFIKASI IKAN LEMADANG ATAU MAHI-MAHI
Kingdom
: Animalia
Phylum
: Chordata
Sub Phylum
: Vertebrata
Class
: Actinopterygii
Ordo
: Perciformers
Family
: Coryphaenidae
Genus
: Coryphaena
Species
Coryphaena hippurus

MORFOLOGI IKAN LEMADANG ATAU MAHI-MAHI
Ikan lemadang memiliki bentuk tubuh fusiform. Sirip punggung tunggal mengikuti panjang tubuh. Sirip anal dimulai di tengah tubuh dan berakhir pada titik yang sama dengan sirip punggung. sirip perut terletak di bawah sirip dada dan dapat dikompresi menjadi alur dangkal pada tubuh. Sirip ekor sangat cagak. Kepala tumpul dan mulut mengandung banyak gigi kecil serta patch gigi kecil dan berbentuk oval di lidah. Sisik lingkaran menutupi tubuh. Menampilkan pertumbuhan dimorfik seksual, jantan dewasa mengembangkan tulang punggung yang menonjol di bagian depan kepala.

HABITAT IKAN LEMADANG ATAU MAHI-MAHI
Ikan lemadang hidup di perairan rata-rata 28 ° C/83 ° F, larva ikan lemadang ditemukan sepanjang tahun, dengan jumlah yang lebih besar terdeteksi di musim semi dan musim gugur. Ikan lemadang dapat ditemukan di Laut Karibia, di pantai barat Amerika Utara dan Selatan, pantai Pasifik Kosta Rika, Teluk Meksiko, pantai Atlantik Florida dan Afrika Barat, Laut Cina Selatan dan Asia Tenggara, Hawaii dan banyak tempat lainnya di seluruh dunia. Di Indonesia, ikan lemadang banyak terdapat di wilayah perairan Maluku, bagian utara Jawa, bagian Selatan Jawa, dan perairan Sulawesi.


REPRODUKSI IKAN LEMADANG ATAU MAHI-MAHI
Ikan lemadang merupakan ikan golongan ovipar. Dimana golongan ovipar adalah ikan yang mengeluarkan telur pada waktu pemijahan. Beberapa ikan berpijah secara bersama-sama dan tanpa berpasangan. Sejumlah ikan jantan dan betina megeluarkan sperma dan telur secara bersama dalam suatu lingkungan yang cocok. Jumlah telur yang banyak dibiarkan hanyut dalam perairan terbuka, terbawa dan terapung oleh turbulensi arus, kemudian menempel pad substrat. Spesiae lain memiliki kebiasaan berpasangan dalam memijah setelah satu atau dari pasangan tersebut keduanya menyiapkan tempat untuk meletakkan telur. Beberapa jenis ikan memendam telurnya di krikil dan kemudian meninggalkannya, sedangkan jenis lain akan menjaga  mengawal) sarangnya.

CIRI-CIRI IKAN LEMADANG ATAU MAHI-MAHI
Ikan Lemadang memiliki warna emas di sisi, bercak-bercak tidak teratur biru metalik dan hijau di bagian belakang dan samping, dan putih dan kuning di bagian bawah. Ikan ini sangat berwarna-warni di bawah air, menangkap cahaya dan mencerminkan berbagai warna cemerlang. Individu baru tertangkap mengubah warna sangat cepat, memudar menjadi warna keperakan seragam. Individu kecil dan remaja telah didefinisikan dengan baik cahaya bolak dan vertikal bar gelap pada sisi tubuh yang terus ke punggung dan sirip dubur. Ikan lemadang memiliki sirip ekor putih-tipped dan sirip perut hitam sedangkan remaja ikan lemadang memiliki sirip ekor putih bermata dan tidak ada pigmen pada sirip perut.

MANFAAT IKAN LEMADANG ATAU MAHI-MAHI
Ikan Lemadang atau Ikan Mahi-Mahi mungkin termasuk ikan dengan rupa yang aneh tapi jangan lupakan kelezatan alaminya. Namun, sama seperti ikan laut pada umumnya, ikan ini memiliki berbagai manfaat bagi manusia. Antara lain :
1.    Mengatasi masalah pencernaan
2.    Merangsang Otak
3.    Menurunkan Resiko Penyakit Degeneratif
4.    Baik untuk Pertumbuhan
5.    Dll.

TINGKAH LAKU IKAN LEMADANG ATAU MAHI-MAHI
Ikan lemadang merupakan ikan yang akrobatik. Ikan lemadang seringkali muncul dengan loncatan-loncatan tinggi. Aksi eksotiknya selalu ditunggu bahkan digemari oleh para pemancing. Padahal, aksi goyang lemadang merupakan upaya melepaskan diri dari kail yang menancap mulutnya. Pada saat terpancing, ikan lemadang akan marah dan akan memberontak dengan loncatan-loncatan yang atraktif.

PERAN IKAN LEMADANG ATAU MAHI-MAHI DI PERAIRAN

Ikan sangat penting sebagai penyedia protein hewani  bagi pemenuhan gizi masyarakat  terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Pasokan ikan di Sumatera Selatan masih mengandalkan hasil tangkapan, karena itu perlu dipertahankan ketersediaan stok ikan di perairan umum. Salah satu upaya untuk mempertahankan stok ikan di perairan umum adalah dengan melakukan restocking atau kegiatan penebaran kembali ikan di habitatnya.

PENULIS
Elvara Nadya Adventy
FPIK Universitas Brawijaya

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya

DAFTAR PUSTAKA
http://manfaat.co.id/manfaat-ikan-laut diunduh pada 26 Oktober 2015 
         pukul 19.57 WIB
http://wartapancing.blogspot.co.id/2014/02/lemadang-bergoyang-hatipun-senang.html diunduh pada 26 Oktober 2015 pukul 20.09 WIB
http://www.iftfishing.com/blog/mancing/fishypedia/lemadang/ diunduh pada 26 Oktober 2015 pukul 19.15
http://www.scribd.com/doc/156767932/usulan-penelitian-gelatin#scribd diunduh 26 Oktober 2015 pukul 19.27 WIB
http://www.seputarikan.com/2014/07/ikan-lemadang.html diunduh pada 26 Oktober 2015 pukul 19.33 WIB

No comments:

Post a Comment