Thursday, January 16, 2020

Ikan Dori, Lettersix Atau Blue Tank; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Blue Tang atau di indonesia biasa di panggil dengan nama Lettersix atau biasa dipanggil dengan nama populer Dori adalah ikan yang indah dan merupakan tambahan yang bagus untuk akuarium air laut anda. Salah satu alasan adalah ikan akuarium air laut harus menarik dan aktif. Dengan demikian, Lettersix membutuhkan banyak ruang untuk berenang. Dengan pembudidayaan yang tepat atau tangkapan liar Lettersix seperti ini yang bisa menjadi ikan yang lama tinggal di akuarium laut, tapi aquarists kurang berpengalaman mungkin ingin mempertimbangkan ikan lain yang lebih tepat, untuk aquarist awal seperti salah satu dari betok yang mudah untuk beradaptasi dengan aquarium baru. Ditemukan di Indo-Pasifik dari Afrika Timur ke Kiribati, dan dari utara ke selatan Jepang, Lettersix adalah ikan karang yang mendiami kedalaman hingga 40 meter. Ikan ini lebih menyukai arus deras pada terumbu ke arah laut di mana bentuk-bentuk rumput yang melayang-layang di atas koloni karang (terutama Pocillopora eydouxi). Spesies ini harus disimpan dalam akuarium, cukup besar didirikan dengan banyak batu hidup dan banyak air terbuka untuk berenang. Sebagai seorang remaja, ikan ini akan lebih memilih untuk berenang, Tapi karena dewasa, Lettersix akan mulai bertengkar dengan ikan lain dari spesies yang sama. Kecuali akuarium sangat besar.

KLASIFIKASI IKAN DORI, LETTERSIX  ATAU BLUE TANK
Kingdom
: Animalia
Filum
: Chordota
Kelas
: Actinopterygii
Ordo
: Perciformes
Famili
: Acanthuridae
Genus
: Paracanthurus
Spesies
: Paracanthurus hepatus
Nama lokal
: Ikan Dori

MORFOLOGI IKAN DORI, LETTERSIX ATAU BLUE TANK
Spesies ikan dori atau nama latinnya Paracanthurus hepatus, masuk dalam genus Paracanthurus dengan memiliki panjang maksimal 31 cm (Tinggi Lebar).125 Spesies ini memiliki tubuh dengan warna biru cerah serta terdapat pola hitam seperti angka enam, ekor kuning dengan sirip hitam. Sirip dada biru serta ujungnya hitam yang dilingkari dengan kuning. Spesies ikan ini lebih menyukai daerah perairan yang jernih dan berarus. Spesies ikan ini banyak ditemukan hidup menyendiri maupun kelompok kecil, sering terlihat sembunyi di celah karang Pocillopora.

CIRI-CIRI IKAN DORI, LETTERSIX  ATAU BLUE TANK
1.Hidup di tepi laut
2.Kepala besar dengan mata tinggi disisinya
3.Mempunya sirip kipas berduri
4.Ada yang bersisisk dan tidak
5.Ada yang bentuk gemuk pendek yang hampir melonjong
6.Jari-jari sirip punggung ertulang sangat memanjang seperti filament
7.Rahangnya menonjol dan dapatdisempukan keluar sampai panjang
8.Tersebar luas di Samudera Atlantik dan Arika selatan

HABITAT IKAN DORI, LETTERSIX  ATAU BLUE TANK
Botana Biru dapat ditemukan di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik bagian barat, yang berkisar hasil di Afrika Timur ke Laut Andaman, Christmas Island, dan Bali di Indonesia. Botana Biru adalah ikan penghuni lingkungan laut dangkal, terumbu karang pesisir pulau di kedalaman 0-25 meter. Ini biasanya dijumpai di rataan terumbu dan sepanjang lereng ke laut atas. Ia hidup sendirian atau bentuk agregasi besar yang memakan bersama-sama.

MANFAAT IKAN DORI, LETTERSIX  ATAU BLUE TANK
Manfaat ikan dori seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber : Berdasarkan penelitian Ikan Dori mengandung asam lemak tak jenuh (omega 3, yodium, zat besi, magnesium, taurin, selenium, flourida, DHA, EPA dsb). Bagi penderita tekanan darah tinggi, kandungan DHA & EPA dalam ikan bisa membantu menurunkan tekanan darah. Seperti halnya ikan salmon, omega 3 pada ikan dori sangat tinggi. Omega 3 adalah lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel otak dan kecerdasan bayi, juga berfungsi untuk mengurangi produksi partikel penyebab radang dalam tubuh yang dapat merusak kulit.Manfaat lain, omega 3 ditengarai dapat membantu mencegah keriput, menjaga kesehatan dan kesegaran kulit. Ikan yang banyak terdapat di perairan Australia, Vietnam, dan di Indonesia ada di Kepulauan Riau ini juga mengandung antioksidan yang melindungi lemak tak jenuh dari oksidasi sebelum dan sesudah pencernaan. Kandungan protein, vitamin, mineral dan asam lemak omega 3 mempunyai efek baik untuk mata, jantung, pencernaan, otot, dan meningkatkan kecerdasan anak.Ikan ini bentuknya pipih, kulitnya cokelat dengan mata lebar dan titik hitam di sisi badannya. Sekilas mirip ikan kuwe. Daging ikan ini putih bersih dan sangat halus dan gurih. Karena itu lebih sering dijual dalam bentuk fillet.

REPRODUKSI IKAN DORI, LETTERSIX  ATAU BLUE TANK
Ikan Dori, Lettersix atau Blue Tang sulit sekali berkembang biak jika bukan di lautan. Ikan ini sangat rentan penyakit, sehingga bisa membawanya pada bencana kepunahan. Selain itu, Blue Tang juga bisa memanjang dan membesar sehingga tidak akan cukup untuk dipelihara dalam akuarium. Jadi, memelihara ikan ini sama saja dengan membunuhnya. Dory hanya mampu bertahan hidup jika dilepas ke alam liar bukan menjadi peliharaan di akuarium. Lagipula jika spesies ini terus-menerus ditangkap, populasinya di alam liar akan menurun dan lama-kelamaan punah.

TINGKAH LAKU IKAN DORI, LETTERSIX  ATAU BLUE TANK
Meskipun namanya diambil dari warna tubuhnya yang biru, ternyata warnanya tidak selalu biru. Ketika malam tiba, ikan ini dapat berubah warna menjadi ungu. Bahkan di usia muda, warnanya bukanlah biru, melainkan kuning. Blue Tang berubah warna menjadi biru setelah mereka dewasa.

PERAN IKAN DORI, LETTERSIX  ATAU BLUE TANK DI PERAIRAN
Ketika sedang menyelam di laut dan bertemu dengan ikan ini, jangan dipegang ya. Cukup diamati saja dari jauh. Karakter Dory dalam film memang ramah dan lucu, tapi aslinya, duri tajamnya bisa membahayakanmu. Sirip tajamnya ini digunakan untuk melindungi diri dari predator. Meskipun berbahaya untukmu, tapi ikan ini dapat membuat terumbu karang sehat. Ikan ini memakan ganggang sehingga jumlah ganggang yang ada di sekitar terumbu karang jadi lebih terkontrol. Karena apabila terlalu banyak ganggang, terumbu karang bisa mati.

PENULIS
Uzulunnisa’ Arsy Fathanul Hikmah
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2012

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Diansyah, K. R. 2017. Keanekaragaman Spesies Ikan Di Zona Sub Litoral Perairan Pulo Rubiah Sabang Sebagai Materi Pendukung Kingdom Animalia Di Sman 2 Sabang. SKRIPSI. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Biologi.
https://blog.ruangguru.com/finding-dory-fakta-ikan-dori

No comments:

Post a Comment