Thursday, January 16, 2020

Ikan Bawal Hitam; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Bawal Hitam merupakan salah satu komoditas perikanan yang bernilai ekonomis cukup tinggi. Sirip ekor berjagak kuat dengan lembaran bawah lebih panjang. Ikan bawal termasuk pemakan plankton kasar (invertebrata). Ikan ini berasal dari Brazil. Pada mulanya ikan bawal diperdagangkan sebagai ikan hias, namun karena pertumbuhannya cepat, dagingnya enak dan dapat mencapai ukuran besar, maka masyarakat menjadikan ikan tersebut sebagai ikan konsumsi.

KLASIFIKASI IKAN BAWAL HITAM

Kingdom : Animalia

Filum : Chordota

Kelas : Osteichthyes

Ordo : Perciformes

Famili : Parastromateusdae

Genus : Parastromateus

Spesies : Parastromateus niger

Nama local : Bawal hitam


MORFOLOGI IKAN BAWAL HITAM
Dari arah samping tubuh bawal tampak membulat ( oval ) dengan perbandingan antara panjang dan tinggi 2 : 1. Bila dipotong secara vertikal, bawal memiliki bentuk tubuh pipih (compresed) dengan perbandingan antara tinggi dan lebar tubuh 4 : 1. Bentuk tubuh seperti ini menandakan gerakan ikan bawal tidak cepat seperti ikan lele atau grass carp, tetapi lambat seperti ikan gurame dan tambakan. Sisiknya kecil berbentuk ctenoid, dimana setengah bagian sisik belakang menutupi sisik bagian depan. Warna tubuh bagian atas abu-abu gelap, sedangkan bagian bawah berwarna putih. Pada bawal dewasa, bagian tepi sirip perut, sirip anus, dan bagian bawah sirip ekor berwarna merah. Warna merah ini merupakan ciri khusus bawal sehingga oleh orang Inggris dan Amerika disebut red bally pacu.

Dibanding dengan badannya, bawal memiliki kepala kecil dengan mulut terletak di ujung kepala, tetapi agak sedikit ke atas. Matanya kecil dengan lingkaran berbentuk seperti cincin. Rahangnya pendek dan kuat serta memiliki gigi seri yang tajam.

Bawal memiliki 5 buah sirip (pinnae), yaitu sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip anus, dan sirip ekor. Sirip punggung tinggi kecil dengan sebuah jari-jari agak keras, tetapi tidak tajam, sedangkan jari-jari lainnya lemah. Berbeda dengan sirip punggung bawal laut yang agak panjang, letak sirip ini pada bawal air tawar agak ke belakang. Sirip dada, sirip perut, dan sirip anus kecil dan jari-jarinya lemah. Demikian pula dengan sirip ekor, jari-jarinya lemah, tetapi berbentuk cagak. 

HABITAT IKAN BAWAL HITAM
Ikan bawal habitatnya sangat luas, mulai dari air laut, payau dan tawar. Disekitar muara sungai yang kadar garamnya (salinitas) sedang, ikan bawal hidup mencari makan dengan baik. Kehidupan ikan bawal yang sangat luas inilah yang memudahkan pemeliharaan diberbagai perairanyang salinitasnya berbeda. Hidup diperairan yang dasarnya berlumpur sampai kedalaman 100m, seringmasuk air payau dan membentuk gerombolan besar. Sirip - siripnya sedikit gelap. Umumnya panjang ikan bawal yang tertangkap adalah 15 - 20 cm dan panjangnya bisa mencapai 29 cm.

CIRI – CIRI IKAN BAWAL HITAM
Ciri- ciri bawal berbentuk sikloid, sangat kecil, gampang dikelupas dan sisik - sisik ini meluas sampai dasar semua sirip. Sirip punggung tidak 9 sama panjang, asalnya didepan pertengahan badan, tetapi menjadi sirip pektoral, didahului oleh 5 - 10 duri pendek yang menyerupai pisau, berjari - jari lemah 38 - 43. Sirip dubur tidak sama panjang.


REPRODUKSI IKAN BAWAL HITAM
Ikan bawal betina memiliki tubuh yang lebih gemuk, sedangkan bawal jantan selain lebih langsing, warna merah pada perutnya lebih menyala. Apabila sudah matang gonade, perut betina akan terlihat gendut dan gerakannya lamban. Adapun bawal jantan selain agresif juga akan mengeluarkan cairan berwarna putih susu bila dipijat ke arah anus. Seperti ikan lainnya, bawal pun biasanya memijah pada awal dan selama musim hujan. Di setiap negara, tanda kematangan gonad bawal dapat mengikuti musim yang ada pada negara yang bersangkutan, misalnya di Indonesia kematangan gonad bawal terjadi pada bulan Oktober sampai April. Sebelum musim pemijahan tiba, induk yang sudah matang akan mencari tempat yang cocok untuk melakukan pemijahan. Daerah yang paling disukai adalah hulu sungai yang biasanya pada musim kemarau kering, sedangkan pada musim hujan tergenang. Daerah yang seperti ini memberikan rangsangan dalam memijah. Saat pemijahan berlangsung, induk jantan akan mengejar induk betina. Induk betina kerap kali akan membalas dengan cara menempelkan perut ke kepala induk jantan. Apabila telah sampai puncaknya, induk betina akan mengeluarkan telur dan induk jantan akan mengeluarkan sperma. Telur yang telah keluar akan dibuahi dalam air (di luar tubuh).


MANFAAT IKAN BAWAL HITAM
Ikan bawal merupaKan salah satu jenis ikan air tawar yang digemari di Indonesia Ikan bawal atau ikan Marukoban memiliki banyak kandungan gizi yang banyak, meskipun dari segi peminat ikan bawal masih kalah dengan ikan tuna dan ikan lele. Namun jika anda mengaku sebagai pencinta seafood Anda harus mencoba salah satu ikan air tawar ini.

Dari hasil penelitian terakhir di Jepang Food Reseacrh Laboratories mengungkapkan bahwa kandungan Omega 3 dalam ikan bawal merupakan yang tertinggi, yaitu mencapai 2,56gram lemak omega 3, Asam lemak omega 3 merupakan salah satu asam lemak esensial. Dan Omega 3 merupakan salah satu gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Ikan bawal hitam memiliki nutrisi yang berbeda yaitu Omega 3 dan juga Omega 6 AA. Kandungan lain yang vital antara lain Vitamin A, B1 dan Vitamun D. Dari kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan bawal dapat dipastikan Ikan bawal memikiki banyak manfaat untuk kesehatan. Dan Berikut dan khasiat  Manfaat ikan bawal untuk kesehatan tubuh manusia.


TINGKAH LAKU IKAN BAWAL HITAM
Sama seperti ikan lainnya, bawal pun menghendaki lingkungan yang baik dan sesuai untuk hidupnya. Untuk mengetahuinya, dilakukan pengamatan di habitat aslinya. Di Brazil, bawal banyak ditemukan di sungai Amazon dan sering juga ditemukan di sungai Orinoko, Venezuela. Hidupnya bergerombol di daerah yang aliran sungainya deras, tetapi ditemukan pula di daerah yang aliran sungainya tenang, terutama saat benih. Untuk menciptakan lingkungan yang baik bagi bawal ada banyak hal yang harus diperhatikan, terutama dalam memilih lahan usaha, di antaranya ketinggian tempat, jenis tanah, dan air.


PENULIS

Uzulunnisa’ Arsy Fathanul Hikmah

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan Tahun 2012



EDITOR

Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan Tahun 2015

DAFTAR PUSTAKA
https://bimomix.wordpress.com/mengenal-ikan-bawal/

No comments:

Post a Comment