Thursday, February 25, 2021

Ikan Comet Atau Komet (Carrasius auratus); Klasifikasi, Morfologi, Habitat, Etc



Klasifikasi Ikan Comet Atau Komet (Carrasius auratus)

Klasifikasi Menurut saanin (2014), klasifikasi ikan komet adalah sebagai berikut :

Kingdom : Animalia

Fillum : Chordata

Kelas : Achinopterigii

Ordo : Cyprinifermes

Famili : Cyrinidae

Genus : Carassius auratus

 

Morfologi Ikan Comet Atau Komet (Carrasius auratus)

Menurut Keping (2006), ikan komet tidak jauh beda dengan morfologi ikan mas. Karakteristik ikan komet masih dapat dibedakan dan karakteristik ikan mas secara umum meskipun jika di dekatkan keduanya akan sangat mirip. Oleh sebab itu di luar negeri ikan komet dijuluki sebagai ikan mas. Ikan komet sangat aktif berenang baik di kolam maupun di dalam aquarium. Ikan komet banyak ditemui dengan warna putih merah dan hitam.

 

Habitat Ikan Comet Atau Komet (Carrasius auratus)

Ikan komet adalah jenis ikan air tawar yang hidup di perairan dangkal yang airnya mengalir tenang dan berudara sejuk.Untuk bagian substrat dasar aquarium atau  kolam  dapat  diberi  pasir  atau  krikil,  ini  dapat  membantu  ikan  kometdalam mencari makan karena ikan komet akan dapat menyaringnya pada saat memakan plankton.  Ikan  komet  dapat  hidup  dalam  kisaran  suhu  yang  luas,  meskipun termasuk ikan yang hidup dengan suhu rendah  15 –20oC tetapi ikan komet juga membutuhkan suhu yang tinggi sekitar 27 –30oC. Adapun konsentrasi DOdi atas 5 ppm dan pH 5,5-9,0.Hal tersebutkhususnyadiperlukan saat ikan komet akan memijah (Partical Fish Keeping, 2013).

 

Ciri Khusus Ikan Comet Atau Komet (Carrasius auratus)

Terdapat perbedaan jantan dan betina. Ciri induk jantan yaitu terdapat bintik-bintik bulat menonjol pada sirip dada dan jika diraba terasa kasar. Pada induk yang telah matang gonad jika di urut perlahan dari perut kearah lubang genital akan keluar cairan berwarna putih. Sedangkan ciri induk betina yaitu terdapat bintik-bintik pada sirip dada, namun terasa halus jika diraba (gaenosa,2015).

 

Fisiologi Ikan Comet Atau Komet (Carrasius auratus)

Makanan ikan Komet terdiri dari krustasea, serangga, dan bahan tanaman. Ikan Komet bertelur pada vegetasi air. Hidup di sungai-sungai, danau, kolam dan saluran dengan air tergenang dan lambat mengalir. Pemakan termasuk tumbuhan, krustasea kecil, serangga, dan detritus. Ikan Komet hidup lebih baik dalam air dingin dan bertelur pada vegetasi terendam. Ikan Komet merupakan ikan euryhaline yang mampu hidup pada salinitas 17 ppt, tetapi tidak mampu bertahan lama pemaparan diatas 15 ppt (Mina, 2015).

 

Reproduksi Ikan Comet Atau Komet (Carrasius auratus)

Secara alami, pemijahan terjadi pada tengah malam sampai akhir fajar. Menjelang memijah, induk-induk ikan mas aktif mencari tempat yang rimbun, seperti tanaman air atau rerumputan yang menutupi permukaan air. Substrat inilah yang nantinya akan digunakan sebagai tempat menempel telur sekaligus membantu perangsangan ketika terjadi pemijahan. (Gursina, 2008).

 

Peranan Bagi Perairan Ikan Comet Atau Komet (Carrasius auratus)

ikan komet memiliki warna yang indah dan eksotis serta bentuk dan gerakan yang menarik, dan dikenal sangat jinak karena dapat mudah hidup berdampingan dengan jenis ikan lain bila berada didalam satu tempat, karena sifatnya yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, ikan ini dapat dipelihara di hampir semua perairan sebagai ikan hias air tawar(Lingga, 2003).

 

Tingkah Laku Ikan Comet Atau Komet (Carrasius auratus)

Komet termasuk ikan yang tidak disiplin, kita bisa menilainya dengan mengamati tingkah lakunhya saat memijah. Ikan komet menempatkan telurnya di sembarangan tempat, seperti di tanaman air dan ditempat-tempat yang aman atau di jatuhkan begitu saja di dasar perairan(Keping, 2006).

 

Penulis

Gery Purnomo Aji Sutrisno

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

 

Daftar Pustaka

Gaenarso. 2015. Budidaya ikan jilid 1 direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan dasar dan menengah departemen pendidikan nasional. Jakarta

Gusrina.   (2008).   Budidaya   Ikan   Jilid   2.   Direktorat   Pembinaan   Sekolah Menengah   Kejuruan,   Direktorat   Jenderal   Manajememen   Pendidikan Dasar dan Menengah, Dapartemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Habitat Ikan Komet.Pdf. 2021. https://docplayer.info/43394314-Gambar-2-morfologi-ikan-komet.html. Diakses pada tanggal 15 Januari 2021

Keping, dermawan. 2006. Budidaya ikan hias air tawar. Jakarta:penebar swadaya

Keping, dermawan. 2006. Budidaya ikan hias air tawar. Jakarta:penebar swadaya

Lingga, P., dan Heru S. 2003. Ikan Hias Air Tawar. Penebar Swadaya. Jakarta.

No comments:

Post a Comment