Wednesday, February 24, 2021

Ikan Pink Zebra (Brachydomo nento); Klasifikasi, Morfologi, Habitat, Etc



Klasifikasi Ikan Pink Zebra (Brachydomo nento)

Menurut Lingga dan Heru (2013), ikan pink zebra diklasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : vertebrata

Ordo : ostaricphy soi

Sub ordo : cyprinid dae

Family : cyprinid dae

Genus : bramchydania

Spesies : branchydania resio

 

Morfologi Ikan Pink Zebra (Brachydomo nento)

Ikan pink zebra mempunyai warna yang menarik yaitu garis-garis horizontal biru dan putih perak yang terletak di seluruh tubuh sampai siripnya untuk membedakan jenis kelamin. Ikan pink zebra sulit dibedakan pada ikan yang masiih kecil (alexrod, 2012).

 

Habitat Ikan Pink Zebra (Brachydomo nento)

Ikan zebra merupakan ikan hias yang dapat ditemukan di daerah Sungai Gangga yang melintasi beberapa negara. Ikan ini banyak ditemukan di anak Sungai Gangga, sepanjang daerah pesisir Coromandel, dari Calcutta sampai Nepal, Pakistan dan Bangladesh. Ukuran tubuh ikan zebra dapat mencapai 5 cm. Warna tubuhnya biru atau kuning dengan 4 garis perak sepanjang tubuhnya hingga pangkal sirip ekor (Iwan, 2001).

 

Ikan zebra dapat ditemukan pada berbagai habitat, dari perairan yang memiliki arus tenang sampai perairan yang tidak mengalir, terutama di sungai, danau dan juga lahan persawahan yang biasanya memilki substrat berlumpur. Ikan zebra tergolong ikan pemakan zooplankton hingga serangga kecil yang sesuai dengan bukaan mulutnya. Ikan zebra memiliki system reproduksi yang dapat berlangsung sepanjang tahun dan ikan zebra siap untuk bereproduksi ketika berumur 4 – 6 bulan (Olmeda, 2011).

 

Ciri Khusus Ikan Pink Zebra (Brachydomo nento)

Ikan pink zebra memiliki bentuk yang kurus dan langsing sehingga memungkinkan dari gerakan ikan pink zebra sangat gesit dan lincah. Sehingga terkesan liar tapi bukan predator, ikan pink zebra dapat dipelihara sebagai ikan hias air tawar dalam suatu aquarium (Axelord, 2012)

 

Fisiologi Ikan Pink Zebra (Brachydomo nento)

Ikan pink zebra bisa tumbuh hingga ukuran maksimal sekitar 3-4 cm. Ikan yang sejenis dengan ikan ini adalah ikan zebra danio dan golden zebra. Ikan zebra danio berwarna hitam dan bergaris putih, sedangkan golden zebra memiliki warna kekuningan ditubuhnya dan garis-garis putih di tubuhnya.Ikan pink zebra bisa bertahan pada suhu 26°- 31°. Namun untuk awal-awal masuk kedalam tank, tentunya butuh proses dan waktu untuk penyesuaian si ikan (Richardson, 2015).

 

Reproduksi Ikan Pink Zebra (Brachydomo nento)

Untuk pemijahan masal di kolam, sebelum dipijahkan sebaiknya jantan dan betina dipelihara terpisah. Nanti setelah induk betina tampak benar-benar sudah penuh telur (gendut) barulah dicampur dengan jantan.Pada saat memijah, jantan akan mengejar betina dan betinanya akan menjatuhkan telurnya ke air.Pada saat itu, jantan akan dengan cepat membuahi telur-telur tersebut. Setelah selesai memijah, jantan akan berhenti mengejar betina(Natasyifa, 2009).

 

Peranan Bagi Perairan Ikan Pink Zebra (Brachydomo nento)

Menurut Sikpas (2015), Karena bentuk tubuhnya yang unik serta warna yang bervariasi juga terdapat corak warna atau pun garis-garis pada tubuhnya, ikan ini dimanfaatkan sebagai ikan hias, jika ditempatkan pada aquarium  maka akan terlihat cantik. ikan Pink Zebra ini dapat dijadikan sebagai pajangan atau hiasan di dalam rumah menambah kecantikan rumah.

 

Tingkah Laku Ikan Pink Zebra (Brachydomo nento)

Menurut Sikpas (2015), Ikan zebra lazimnya ditemukan tumbuh dan berkembang pada perairan yang mengalir. Oleh Karena itu kalau ia dipelihara dalam aquarium atau bak pemeliharaan air terlihat amat gesit dan lincah. Begitu lincahnya ada kesan si zebra ini amat liar padahal didalam aquarium ia hidup amat tentram dengan ikan jenis lain meski tidak seukuran dengan dia. Sifat yang menerik dari zebra jika ia ditaruh dalam jumlah yang banyak didalam aquarium, mereka suka membentuk barisan. Lebih dari itu meski kesan mereka terlihat liar tetapi amat mudah ditangkap. Dengan membuat suara kecipak air sekitarnya, dengan ramai-ramai ikan ini berbondong-bondong mendekat dan saat itulah mereka bisa diserok dengan mudah. Mereka juga dikenal amat rakus makan. Jika ia diberi makanan jentik nyamuk atau cacing merah dalam sekejap akan ludes dilahapnya. Tempat pemeliharaan yang digemarinya hendak diberi tanaman air. Karena ia bergerak cukup gesit maka sebaiknya dalam aquarium disediakan ruang kosong.

 

Penulis

Gery Purnomo Aji Sutrisno

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

 

Daftar Pustaka

Axelord, R. B. 2012. The martin’s guide to writing. New york. Usa: st martin’s press

Sikpas.2015. Morfologi dan Taksonomi Ikan Pink Zebra http://sikpas.blogspot.co.id/2015/10/morfologi-dan-taksonomi-ikan-discus.html.

Ikan Pink Zebra.Pdf. 2021. http://eprints.umm.ac.id/40842/3/BAB%20II.pdf. Diakses pada tanggal 15 Januari 2021

Natasyifa.N. http://hobiikan.blogspot.co.id/2009/01/budidaya-ikan-hias-zebra-danio.html. Diakses pada tanggal 17 Mei pukul 12:00

No comments:

Post a Comment