Sunday, November 29, 2020

Gas Chromatography Mass Spectrometry (GCMS)



GC-MS adalah kependekan dari Gas Chromaography Mass Spektrofotometry. Instrumen alat inimerupakan gabungan alat yang terdiri dari alat GC dan MS. Sampel yang hendak diperiksa diidentifikasi dahulu dengan alat GC (Gas Chromatography) baru, kemudian diidentifikasi dengan alat MS (Mass Spectrometry). GC dan MS merupakan kombinasi yang simultan dan digunakan untuk memisahkan serta mengidentifikasi komponen-komponen campuran (Made et al., 2015).

 

Keunggulan metode GC-MS dibandingkan dengan metode lainnya yaitu efisien, resolusi tinggi sehingga dapat digunakan untuk menganalisis partikel berukuran sangat kecil seperti polutan dalam udara, aliran fasa bergerak (gas), sangat terkontrol dan kecepatannya tetap, pemisahan fisik terjadi di dalam kolom yang jenisnya banyak sekali, panjang dan temperaturnya dapat diatur, banyak sekali macam detektor yang dapat dipakai pada kromatografi gas (Made et al., 2015). Gas Chromatography-Mass Spectrometry (GC-MS) merupakan salah satu instrument yang dapat mendeteksi suatu senyawa dalam konsentrasi yang kecil hingga < 1 ng/g (Darmapatni dan Suartini, 2016). Metode ini sangat cocok digunakan untuk mengidentifikasi senyawa kimia karena mempunyai kemampuan analisis dengan akurasi dan sensitifitas yang tinggi (Boes, 2014).

 

Penulis

Rosita Hasna Budiwardhani

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2014

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

 

Daftar Pustaka

Boes, E. 2014. Analisis, Identifikasi Precusor dan Hasil Degradasi Senyawa Senjata Kimia Menggunakan Teknik Gas Chromatography Mass Spectrometry-Electron Ionisasi (GCMS-EI). JKTI. 16(1): 1-9.

Darmapatni, K. A. G., A. Basori dan N. M. Suaniti. 2016. Pengembangan Metode GC-MS untuk Penetapan Kadar Acetaminophen pada Spesimen Rambut Manusia. Jurnal Biosains Pascasarjana. 18(3): 1-13.

Gambar Gas Chromatography Mass Spectrometry (GCMS). 2020. http://english.qibebt.cas.cn/rs/fs/lip/200909/t20090916_38444.html. Diakses pada 30 Oktober 2020.

Made, D. A. N., I. O. A. Parwata dan L. A. M. Parthasutema. 2015. Analisis Kadar Metamfetamina pada Sampel Darah dengan Metode GC-MS. Jurnal Chemistry Laboratory. 2(1): 19-29.

No comments:

Post a Comment