Wednesday, September 16, 2020

Ciri-Ciri Ekologi Kolam


Menurut Pagora et al. (2015), pada kolam pasca tambang jenis plankton yang mendominasi adalah golongan fitoplankton. Sedangkan golongan zooplankton relative lebih sedikit. Artinya stabilitas komunitas suatu organism termasuk kedalam tingkat moderat, dimana kondisi komunitas di semua lokasi sampling mudah berubah hanya dengan mengalami pengaruh lingkungan yang relative kecil. Apabila dalam suatu lingkungan terjadi penurunan keragaman secara tajam sampai hanya sebagian kecil saja populasi yang dominan, maka lingkungan tersebut telah mengalami tekanan akibat pencemaran dan populasi, hal demikian disebut sebagai indicator pencemaran. Semakin tinggi jumlah spesies dalam suatu komunitas, maka habitat tersebut semakin baik dari segi ekosistem.

 

Menurut pamungkas et al. (2011), air menggenang atau habitat lentik berasal dari kata lenis yang berarti tenang. Contohnya adalah danau, kolam, rawa, atau pasir terapung. Stratifikasi vertical pada perairan menggenang yang diakibatkan oleh intensitas cahaya yang termasuk keperairan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu lapisan eufotik yang merupakan lapisan yang masih mendapatkan cukup cahaya. Lapisan konfensasi  yang merupakan lapisan dengan intensitas cahaya sebesar 1% dari intensitas cahaya permukaan, dan lapisan protundal yang merupakan lapisan yang terletak dibawah. Lapisan kompensasi merupakan lapisan dengan intensitas cahaya sangat kecil bahkan tidak mendapatkan cahaya atau afotik.

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno

Fpik Universitas Brawijaya Angkatan 2015

 

Daftar Pustaka

Pagora, H., Ghitarina dan D. Udayana. 2015. Kualitas plankton pada kolam pasca tambang batu bara yang dimanfaatkan untuk budidaya perairan. Zira’ah. 40(2) : 108-113.

Pagora, H., Ghitarina dan D. Udayana. Kualitas plankton pada kolam pasca tambang batu bara yang dimanfaatkan untuk budidaya perairan. Ziraa’ah. 40(2): 108-113.

Pamungkas, A. S., F. Husna, Putri dan S. Oktaviyani. 2011. PKM Karaktetistik ekosistem perairan menggenang di Situ Gede. PKM IPB.

No comments:

Post a Comment