Sunday, June 21, 2020

Striatella Unipunctata Adalah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Striatella merupakan spesies jenis fitoplankton yang hidup di air tawar dan sebagian di laut. Plankton Striatella unipunctata ditemukan oleh peneliti UB dan UNIPA dari Perairan Raja Ampat beberapa waktu lalu. S. unipunctata berwarna coklat kekuningan dan tidak berwarna hijau. Makanan dan predator S. unipunctata berturut-turut adalah fitosintetik serta mikroorganisme laut dan larva hewan.

KLASIFIKASI STRIATELLA UNIPUNCTATA
Kingdom : Chromista
Subkingdom : Harosa
Infrakingdom : Heterokonta
Phylum : Ochrophyta
Subphylum : Khakista
Class : Bacillariophyceae
Subclass : Fragilariophycidae
Superorder : Fragilariophycanae
Order : Striatellales
Family : Striatellaceae
Genus : Striatella
Spesies : Sriatella sp

MORFOLOGI STRIATELLA UNIPUNCTATA
Sel pada Striatella menunjukkan pola khas kromatofora radial diatur. Ukuran 50um lebar, 64um panjang, tinggi 10um, total volume 32000 mikron kubik. Mudah diidentifikasi dalam slide sediaan basah. Dapat dilihat dalam rantai zig-zag. Umum dan berlimpah beriklim hangat untuk perairan tropis, yang di atas dikumpulkan lepas pantai di Carrie Bow Cay, Belize. Hal ini juga ditemukan dalam bagian yang lebih rendah dari Chesapeake Bay.

Fitoplankton spesies Striatella memiliki bentuk yang simetris. Spesies ini memiliki pigmen warna yang membuat Striatella memiliki warna yang unik ketika dilihat dari mikroskop. Pigmen warna ini juga berfungsi sebagai zat atau klorofil yang digunakan sebagai bahan fotosintesis selain cahaya matahari dan air.

HABITAT STRIATELLA UNIPUNCTATA
Habitat: Laut dan sebagian besar hidup di air tawar . Spesies temperat ini berasal dari zona litoral dan mendiami habitat secara pelagik atau menempel pada berbagai mahluk hidup laut lain. S. unipunctata tersebar luas di perairan laut dunia. Selain di Raja Ampat spesies ini ditemukan di Perairan Indonesia lain dan di perairan mancanegara seperti di Kenya, Laut Atlantik Utara, Teluk Meksiko, Laut Mediterania, Selandia Baru, Swedia, Tunisia, Laut Hitam, Amerika Utara, Amerika Selatan, Singapura, Australia, Guam, dan Skotlandia.

CIRI-CIRI STRIATELLA UNIPUNCTATA
1. Unisel
2. Kosmopolitan
3. Dinding sel dari silikat dan karbon

REPRODUKSI STRIATELLA UNIPUNCTATA
Terdapat dua cara perkembangbiakan pada Striatella. Perkembangbiakan secara seksual dan aseksual. Hal ini memudahkan spesies ini untuk memperbanyak keturunan dalam berbagai kondisi tertentu. Secara seksual dengan cara melakukan pembelahan meiosis dengan membentuk gamet. Untuk perkembangbiakan secara aseksual dengan cara melakukan pembelahan sel. Striatella akan melakukan perkembangbiakan secara aseksual jika kondisi ingkungan tidak cocok.

TINGKAH LAKU STRIATELLA UNIPUNCTATA
Tingkah laku dari spesies ini sangat bergantung pada kondisi lingkungan tempat tinggalnya. Spesies yang hidup di air laut terutama sangat dipengaruhi oleh pergerakan arus yang ada di laut. Sehingga menyebabkan penyebaran spesies ini merata. Untuk spesies air tawar cenderung bersifat pasif dan menghuni kolom air bagian atas untuk mendapatkan sinar matahari sebagai sumber utama fotosintesis. Striatella merupakan penghuni kolom air bagian atas yang membutuhkan kecukupan cahaya sebagai sumber fotosintesis. Jadi spesies ini melayang-layang di perairan.

PERAN STRIATELLA UNIPUNCTATA DI PERAIRAN
Secara umum peranan dari fitoplankton adalah sebagai sumber makanan alami bagi ikan maupun organisme lainnya. Striatella merupakan fitoplankton yang perkembangbiakannya cukup cepat sehingga menyediakan makanan yang cukup bagi organisme pemakan fitoplankton. Peranan spesies ini selain sebagai makanan alami juga sebagai indeks atau parameter kualitas suatu perairan. Jika suatu perairan terdapat spesies Striatella yang cukup melimpah dapat dipastikan perairan tersebut subur.

PENULIS
Miftakhul Roziqin
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Paul.2014.Konservasi Biodiversitas Rajaampat, Papua. Universitas Papua. Papua .
www.scribd.com/doc/99494143/80-spesies-plakton#scribd.

No comments:

Post a Comment