Tuesday, June 30, 2020

Nebelia Sp Adalah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Nebelia sp adalah kelompok tanaman vaskular yang termasuk kelas Angiospermae dan termasuk phylum Plantae.

KLASIFIKASI NEBELIA SP
Phylum : Plantae
Class : Angiospermae
Genus : Nebelia
Spesies : Nebelia sp 

MORFOLOGI NEBELIA SP
Angiospermae adalah kelompok  tanaman vaskular. Struktur reproduksi subdivisi angiospermae adalah bunga di mana bakal biji diapit oleh ovarium angiosperma ditemukan di hampir semua habitat dari hutan dan padang rumput sampai pinggiran laut dan gurun.. Angiosperma menampilkan berbagai macam bentuk kehidupan termasuk pohon, tumbuh-tumbuhan, yang suka hidup diair, umbi dan epifit. Famili yang terbesar adalah Anggrek, dan Compositae (aster) dan Kacang-kacangan (biji).

HABITAT NEBELIA SP
Tumbuh pada substrat pasir dengan kedalaman air laut 10-30 cm, salinitas 32-33,5 o/oo dan suhu antara 27,25 0C-29,75 0C. Memiliki iklim yang sedang sampai dingin.

Lingkungan tempat tumbuh Nebelia sp terutama di daerah perairan yang jernih yang mempunyai substrat dasar batu karang, karang mati, batuan vulkanik dan benda-benda yang bersifat massive yang berada di dasar perairan.

Nebelia sp tumbuh dari daerah intertidal, subtidal sampai daerah tubir dengan ombak besar dan arus deras. Kedalaman untuk pertumbuhan dari 10 – 30 cm. tumbuh subur pada daerah tropis, suhu perairan 27,25 - 29,75 0C dan salinitas 32-33,5 %. Pertumbuhan Nebelia sp membutuhkan intensitas cahaya matahari berkisar 6500 – 7500 lux. Terdapat di laut dengan iklim yang sedang dan dingin.

FISIOLOGI NEBELIA SP
Tubuh berwarna dominan hijau, yang telah tua berwarna agak kecoklatan. Selain itu juga Cladophora glomerata memiliki rhizoid yang menyerupai akar pada tumbuhan tinggi yang berfungsi untuk melekatkan dirinya pada substrat, sedangkan assimilator berfungsi untuk menghasilkan Nutrisi.

REPRODUKSI NEBELIA SP

Reproduksi Aseksual
Reproduksi aseksual terjadi melalui pembelahan sel menghasilkan dua sel anak yang masing-masing akan menjadi individu baru. Reproduksi dengan cara pembelahan sel umumnya terjadi pada alga bersel tunggal. Alga berbentuk koloni tanpa filamen atau yang berbentuk filamen umumnya bereproduksi melalui fragmentasi. Fragmentasi adalah terpecah-pecahnya koloni menjadi beberapa bagian.

Selain melalui pembelahan sel dan fragmentasi, alga juga dapat bereproduksi melalui pembentukan zoospora. Zoospora merupakan sel tunggal yang diselubungi oleh selaput dan dapat bergerak atau berenang bebas dengan menggunakan satu atau lebih flagela. Setiap zoospora merupakan calon individu baru.

MANFAAT NEBELIA SP
Dimanfaatkan sebagai industri  makanan atau farmasi, algin atau asam alginate dari Dictyota digunakan dalam pembentukan es krim, pembentukan pil, salep, pembersih gigi, dan lotion.

Diketahui juga mempunyai aktivitas antibakteri. Memiliki kandungan kimia berupa phenols, vitamins, and folic acids. Berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan gangguan kelenjar gondok.

PENULIS
Bonaventura Brama Bagaskara
FPIK Univeristas Brawijaya Angkatan 2014

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Univeristas Brawijaya Angkatan 2014

No comments:

Post a Comment