Thursday, June 11, 2020

Pandorina Sp Adalah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Pandorina Menurut Wikipedia, adalah genus ganggang hijau yang terdiri dari 8, 16, atau kadang-kadang 32 sel, disatukan di pangkalan mereka untuk membentuk koloni globular karung yang dikelilingi oleh lendir . Sel-sel berbentuk bulat telur atau sedikit menyempit di satu ujung untuk muncul keystone - atau berbentuk pir . Setiap sel memiliki dua flagela dengan dua vakuola kontraktil di pangkalan mereka, sebuah eyepot , dan kloroplas besar berbentuk cangkir dengan setidaknya satu pirenoid .

KLASIFIKASI PANDORINA SP
Divisio : Chlorophyta
Kelas : Chlorophyceae
Ordo : Volvocales
Familia : Volvocaceae
Genus : Pandorina
Spesies : Pandorina sp.

MORFOLOGI PANDORINA SP
Pandorina adalah plankton yang termasuk dalam genus ganggang hijau. Terdiri dari 8,16, atau kadang-kadang terdiri dari 32 sel. Sel-sel ini saling melekat pada bagian pangkalnya dan membentuk koloni berbentuk bulat yang dikelilingi oleh lendir. Sel-selnya berbentuk bulat telur atau sedikit menyempit di salah satu ujungnya muncul keystone atau berbentuk seperti buah pir. Setiap sel memiliki dua flagela dengan dua vakuola kontraktil di basis mereka. Selain itu mereka juga mempunyai eyespot dan kloroplas yang berbentuk cangkir besar dengan satu pyrenioid.

HABITAT PANDORINA SP
Pandorina sp. hidup sebagai fitoplankton air tawar. Pandorina biasanya membentuk populasi besar pada kedalaman yang cukup dangkal yaitu maksimal pada kedalaman 3,5 m.
REPRODUKSI PANDORINA SP
Pandorina sp. berkembangbiak secara seksual dan aseksual. Perkembangbiakan secara seksual dengan cara anisogami antar gamet heterotalus. Pembagian masing –masing sel koloni menjadi 16-32 zoogamet. Zogamet menunjukkan indikasi heterogami memiliki sedikit perbedaan dalam ukuran dan motilitas dari pasangan yang berfungsi membentuk zigot berdinding halus.

Sementara itu perkembangan seksual yaitu dengan cara pembagian stimultan dari semua sel dari koloni tersebut untuk membentuk autokoloni yang dibebaskan oleh gelatinisasi lingkaran kolonial. Lebih mudahnya dengan cara pembentukan koloni-koloni anak secara serentak oleh semua sel oleh koloni yang telah ada.

TINGKAH LAKU PANDORINA SP
Pembatasan pertumbuhan sampai musim panas tidak terjadi karena sekresi zat penghambatan oleh organisme lain di musim dingin dan musim semi. Biasanya pertumbuhan pada bulan Februari terhambat oleh suhu yang cukup rendah. Dan pada bulan Februari dan Mei 1972, dibatasi oleh batasan fosfat. Perkembangan populasi pada musim panas dikaitkan dengan stratifikasi termal langsung dan penurunan populasi alga non-motil untuk nutrisi, dan dengan ketersediaan fosfat dari hypolimnion anaerobik melalui migrasi diurnal fitoplankton tersebut.Untuk bisa bergerak atau berenang, koloni harus berkoordinasi dengan baik.

SIKLUS HIDUP PANDORINA SP


Gambar di bawah ini menunjukkan beberapa bagian dari sklus kehidupan Pandorina: A, Koloni Pandorina. B, Masing-masing koloni membagi diri membentuk koloni baru. C, Bagian dari koloni melepaskan diri menjadi gamet. D, konjugasi dari dua gamet yang berbeda ukuran. E, Konjugasi tahap selanjutnya. F, gametospore atau resting spore. G, Zoospore besar yang terbentuk dari gametospore. H, Bentuk koloni yang terususun dari zoospor.

PERAN PANDORINA SP DI PERAIRAN
Manfaat Pandorina sp bagi perairan kira-kira hampir sama dengan jenis fitoplankton lainnya. Funsinya adalah sebagai penyedia pakan alami bagi biota diperairan karena mengandung banyak protein dan karbohidrat untuk pertumbuhannya. Dapat menambah kadar oksigen terlaut (DO) dalam air dari proses fotosintesis yang dilakukannya. Selain itu juga dapat menjaga kestabilan suhu diperairan.

PENULIS
Hajar Alviyyah R
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2014

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

No comments:

Post a Comment