Wednesday, June 10, 2020

Characium Sp Adalah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Characium Menurut Wikipedia, adalah genus ganggang hijau dalam keluarga Characiaceae.

KLASIFIKASI CHARACIUM SP
Divisio : Chlorophyta
Class : Chlorophyceae
Ordo : Chlorococcales
Famili : Characiae
Genus : Characium
Spesies : Characium sp

JENIS JENIS CHARACIUM SP
Characium sendiri memiliki jenis yang sangat banyak sekali. Di bawah  ini adalah beberapa contoh  jenis-jenis Characium.
1. Characium acuminatum f. major Péterfi
2. Characium acuminatum A.Braun
3. Characium acutum A.Braun 
4. Characium ambiguum Hermann 
5. Characium ancora (G.M.Smith) Fott
6. Characium angustum A.Braun
7. Characium apiculatum Rabenhorst 
8. Characium astipitatum Metting
9. Characium asymmetricum Korshikov 
10. Characium boldii J.A.Rino
11. Characium braunii Brügger
12. Characium brunnthaleri Printz
13. Characium bulbosum Korshikov 
14. Characium bulgariense
15. Characium californicum K.W.Lee & H.C.Bold
16. Characium cerassiforme var. minimum Playfair
17. Characium cerassiforme B.Eichler & Raciborski 
18. Characium clava Hermann
19. Characium conicum Korshikov

MORFOLOGI CHARACIUM SP
Characium adalah fitoplakton yang tergabung dalam kelompok uniseluler dan epifit.Berbentuk silinder, fusiform, ada juga yang berbentuk  bulat telur atau spindel berbentuk bulat. Sel dari Characium sering berbentuk membengkok atau asimetris dan melekat pada substrat di salah satu ujungnya. Hidupnya soliter atau ada juga yang berkoloni. Ukurannya sebesar 8,5 – 23 mm dengan dinding sel yang halus. Kloropas yang dimilikinya sebagian besar tunggal parietal dan berbentuk pita. Pirenoidnya sebagian besar tunggal. Pada Characium, kloropasnya sangat besar sehingga  memenuhi hampir seluruh tubuhnya.

HABITAT CHARACIUM SP
Characium epifit pada ganggang lain dan tumbuhan, epilithic atau epizoic di berbagai habitat air tawar atau tanah di Arktik untuk iklim tropis.

REPRODUKSI CHARACIUM SP
Reproduksi pada Characium terjadi dengan dua cara yaitu reproduksi aseksual dan  reproduksi seksual. Reproduksi aseksual dengan zoospora biflagellate atau akinetes; spora dirilis melalui puncak sel atau melalui robekan pada dinding lateral. Zoospora berukuran 7-19 x 2-3 mm, dengan dua sisi sama, apikal flagella dan  kontraktil vakuola. Berdinding tebal, akinetes bola sampai 100 m ini, sering dengan akumulasi pigmen karotenoid. Pada spesies ini, sel vegetatif tidak berinti banyak pada saat menuju kedewasaan. Zoospora dihasilkan dari hasil pembelahan protoplasma. Kemudian ada pendapat lain yang menyatakan bahwa zoospora dihasilkan dari protoplasma yang dengan segera mengikuti setiap pembelahan mitosis nukleus.

Reproduksi seksual pada Characium kurang banyak diketahui daripada reproduksi secara aseksualnya. Menurut Filarsk (1928), reproduksi dan penggabungan dari asinogamet terjadi pada jenis Characium saccatum, tetapi tidak ada detail yang pasti tentang zygotnya dan perkembangan berukutnya.

TINGKAH LAKU CHARACIUM SP
Pada fitoplankton jenis Characium suka sekali menempelkan ujung tubuhnya pada substrat atau alga. Sel pada ujung tubuhnya dibulatkan  menjadi runcing. Biasanya dengan proses menipiskan atau tidak karena substrat yang akan dibuat untuk melekat cukup tebal dindingnya.
                                             
PERAN CHARACIUM SP DI PERAIRAN
Fungsi Characium dalam perairan hampir sama seperti fitoplankton pada umumnya. Fitoplankton bersifat autotrofik, yaitu dapat membuat makannya sendiri. Characium  dapat menghasilkan bahan organik hasil dari fotosintesis yang dilakukan untuk bahan respirasi biota-biota yang ada disekitarnya. Selain itu, Characium juga dapat menjadi bahan makanan bagi ikan-ikan kecil yang ada di sekitarnya.

PENULIS
Hajar Alviyyah R
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2014

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

No comments:

Post a Comment