Sunday, May 31, 2020

Ikan Koki Atau Ikan Mas Koki (Carrassius Auratus); Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan mas koki mempunyai sirip punggung (dorsal) memanjang kemudian bagian belakangnya berjari tulang keras. Sementara itu, sirip ketiga dan keempatnya bergerigi. Letak sirip punggung berseberangan dengan permukaan sirip perut (ventral). Sirip dubur (anal) mempunyai ciri seperti sirip punggung, yakni berjari tulang keras dan bergerigi dan seluruh bagian siripnya berbentuk rumbai-rumbai atau panjang. Garis rusuk atau gurat sisi (linnea lateralis) pada ikan mas koki tergolong lengkap, berada dipertengahan tubuh dengan posisi melentang dari tutup insang sampai ke ujung belakang pangkal ekor (Iskandar, 2004).

KLASIFIKASI IKAN KOKI ATAU IKAN MAS KOKI (CARRASSIUS AURATUS)
Kelas : Osteichthyes
SubKelas : Teleostei
Ordo : Cypriniformes
Subordo : Cyprinoidea
Famili : Cyprinidae
Genus : Carassius
Spesies : Carassius auratu

MORFOLOGI IKAN KOKI ATAU IKAN MAS KOKI (CARRASSIUS AURATUS)
Mas Koki memiliki tubuh gendut pendek, punggung agak bongkok, sirip yang lengkap seperti sirip punggung, sirip dada, sirip perut, dan sirip ekor. Bentuk badan mas Koki biasanya pendek dan gempal yang menjadi salah satu ciri khas tersendiri. Dibawah ini adalah ciri-ciri calon induk mas Koki yang siap dijadikan induk:

1. Umur calon induk minimal 8 bulan, tetapi yang lebih baik berumur 1 tahun.
2. Sehat dan tidak mengalami stress.
3. Tubuhnya tidak ada luka.
4. Tidak sedang terserang penyakit atau parasit.
5. Tubuhnya normal dan tidak cacat.

Menurut Iskandar (2004), ikan mas koki memiliki bentuk tubuh yang unik dan sisik yang sangat menarik. Tubuh memanjang dan pipih tegak (compressed) dan mulutnya terletak di ujung tengah (terminal) dan dapat disembulkan (protaktil) adalah ciri dari bentuk ikan mas koki. Sedangkan bagian ujung mulut memiliki dua pasang sungut dan di ujung dalam mulut terdapat gigi kerongkongan yang tersusun dari tiga baris. Gigi geraham secara umum, hampir seluruh tubuh ikan mas koki ditutupi oleh sisik yang berukuran relatif kecil. Menurut Lingga dan Susanto dalam Chui et al. (2009)

CIRI-CIRI IKAN KOKI ATAU IKAN MAS KOKI (CARRASSIUS AURATUS)
a. Bentuk tubuh yang pendek dan bulat
b. Mata melebar dan besar
c. Sisi tubuhnya terdapat gurat sisi
d. Memiliki banyak sirip, yaitu sirip dada, sirip perut, sirip punggung, sirip dubur dan sirip ekor
e. Di bagian hidung terdapat tunas pembau
f. Mempunyai lembaran insang yang berfungsi sebagai alat pernapasan
g. Telinga tidak tampak dari luar
h. Kelopak mata kecil serta tidak bisa membuka dan menutup
i. Sisik berderet rapi, mengklap dan menutup seluruh tubuh

HABITAT IKAN KOKI ATAU IKAN MAS KOKI (CARRASSIUS AURATUS)
Habitat pada ikan mas koki ini adalah air yang tergenang, aliran airnya lambat, dangkal , bersih dan biasanya berada didaerah sungai atau danau. Mas Koki dapat bertahan hidup pada air ber pH 6-7 dengan suhu 27-300 C, kandungan oksigen terlarut ≥ 5 ppm.

Di daerah yang mempunyai 4 musim, ikan mas koki melakukan aktivitasnya pada musim semi yaitu, ketika suhu lingkungan mencapai 12-20 derajat C, ikan mas koki mampu memijah sepanjang tahun. Sedangkan air yang digunakan sebagai media hidup mas koki harus memiliki perbandingan gas karbon dioksida (CO2) dan gas oksigen (O2) yang seimbang. Apabila kadar CO2 yang lebih tinggi maka akan mangakibatkan kematian. Ikan mas koki senang hidup di air yang jernih dan bersih dan juga dapat hidup di air keruh atau jenis-jenis air lainnya asal kadar  oksigennya terjamin. Perkembangbiakan ikan mas koki ini cukup baik di lakukan di daerah tropis. Akan tetapi apabila dipelihara dalam akuarium harus ada perlakuan khusus utuk penambahan oksigen. Faktor ini dikarenakan volume akuarium yang kecil sehingga oksigen mudah habis (Fajrin, 2011).

FISIOLOGI IKAN KOKI ATAU IKAN MAS KOKI (CARRASSIUS AURATUS)
Jenis ikan mas koki yang saya amati adalah Oranda Goldfish yaitu jenis ikan mas koki yang memiliki tudung seperti raspberry dikepalanya. Ikan mas koki ini berasal dari Cina dan Jepang. Jenis ikan mas koki ini tidak mudah stress karena memiliki jambul dikepalanya yang berfungsi untuk melindungi kepala ikan dari benturan. Ikan ini sangat rakus terhadap makanan

REPRODUKSI IKAN KOKI ATAU IKAN MAS KOKI (CARRASSIUS AURATUS)
Selain populer, ikan mas koki mudah untuk dibudidayakan dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Dengan lahan yang sempit dan siklus reproduksinya yang singkat dengan harga jual yang cukup tinggi kita dapat membudidayakan ikan mas koki. Karena keindahan warnanya, gerak-gerik, serta bentuk tubuhnya yang unik ikan mas koki sangat digemari oleh masyarakat. Dan juga dengan harga yang relatif terjangkau, ikan mas koki memiliki pasaran dan tingkat konsumen yang baik dan stabil. Komoditas air tawar ini banyak diminati oleh konsumen ikan hias untuk dipelihara di dalam akuarium, serta ikan ini memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan jenis ikan hias air tawar lainya (Nizar, 2013).

TINGKAH LAKU IKAN KOKI ATAU IKAN MAS KOKI (CARRASSIUS AURATUS)
Tingkah laku ini secara membedakan antara mas koki jantan dan betina adalah pada jantan sirip dada kasar seperti garam dan bila dilihat dari atas tubuhnya lebih kecil dan bila ditekan pada perutnya akan keluar cairan putih kental dan pada saat ingin kawin muncul titik-titik putih pada kedua tutup insang dan kedua sirip depannya, Sedangkan pada betina sirip dada halus dan bila dilihat dari atas tubuhnya agak gendut dan bila ditekan pada perutnya akan keluar cairan putih yang bening, pada betina ini tidak muncul titik-titik putih dan anus lebih menonjol. Pada mas koki jantan apabila kawin dia lebih agresif mengejar dan menghimpit betinanya. Apabila ikan mas koki ini lapar maka dia akan berenang diatas dan pergerakannya tidak cepat. Pemberian pakan pada ikan koki ini sehari 2X pagi jam 10.00 dan sore hari jam 15.00. Karena frekuensi ini di anggap ideal karena koki adalah jenis ikan yang mencari makan pada siang hari dan pada jam-jam tersebut kandungan oksigen di air sedang tinggi sehingga memacu nafsu makan koki.

Krustasea, serangga, dan berbagai jenis tumbuhan air adalah sumber makanan alami ikan mas koki di alam liar. Ikan mas koki ini mempunyai peran sebagai pemangsa oportunistik yang makan terus menerus tanpa ada kesadaran untuk berhenti makan seperti halnya ikan lain. Kelebihan dalam pemberian pakan pada ikan mas koki dapat membahayakan kesehatan ikan mas koki, seperti menyumbat ususnya. Hal ini biasanya terjadi pada ikan mas hias hasil pembiakan yang yang memiliki saluran pencernaan yang berbelit-belit. Jika makanan tersedia sangat banyak, mereka akan memakan semuanya dan menghasilkan kotoran yang cukup banyak. Hal ini umumnya karena ketidaksempurnaan ikan mas koki dalam mencerna protein. Pemberian makan berlebihan dapat buktikan melalui meneliti panjangnya kotoran yang keluar dari kloaka ikan (Chui et al, 2009).

PERAN IKAN KOKI ATAU IKAN MAS KOKI (CARRASSIUS AURATUS) DI PERAIRAN
1. Untuk tingkat metabolisme yang bergantungan pada suhu air.
2. Hidup pada iklim subtropics
3. Tergantung pada suhu perairan
4. Ikan termasuk omnivore
5. Sangat edial juga dipelihara didalam aquarium

MANFAAT IKAN KOKI ATAU IKAN MAS KOKI (CARRASSIUS AURATUS) DI PERAIRAN
Ikan Koki juga populer dengan sebutan nama goldfish memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa yaitu dari bentuk strain unik yang berbeda dengan ikan mas lainnya sehingga menjadi bulan – bulanan para hobis aquarium. Ikan Mas Koki memiliki kisaran harga yang cukup ekonomis dan menarik kalau kita jadikan peluang bisnis, harga bibit ikan mas koki di pasaran Rp.1.000-50.000’an tergantung keunikan strain yang di milikinya. Kisaran harga Koki untuk kontes Rp. 200.000-500.000’an lumayan mahal khan…? Tapi lumayan kualitasnya di jamin memuaskan

PENULIS
Yenni Nur Hidayati
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2012

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2012

DAFTAR PUSTAKA
http://eprints.umm.ac.id/45405/3/jiptummpp-gdl-ianpradipt-45835-3-babii.pdf
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/1949 diakses pada tanggal 19 desember 2015 pada pukul 12.50
http://media.unpad.ac.id/thesis/230110/2009/230110090129_2_4801.pdf diakses pada tanggal 19 Desember 2015 pada pukul 12.30
http://www.ikanhias-yuli.org/2014/03/ikan-koki.html diakses pada tanggal 19 Desember 2015 pada pukul 15.25
http://www.wasiwa.com/2015/03/makalah-morfologi-dan-anatomi-ikan.html  diakses pada tanggal 19 Desember 2015 pada pukul 12.35
http://www.wedaran.com/19393/fakta-tentang-ikan-mas-koki/  diakses pada tanggal 19 Desember 2015 pada pukul 16.00
https://fishesofaustralia.net.au/home/species/1855
https://mazara30.wordpress.com/2012/06/03/160/ diakses pada tanggal 19 Desember 2015 pada pukul 13.15
https://plus.google.com/102058044058293447150/posts/21fDPYgMYky diakses pada tanggal 19 Desember 2015 pada pukul 15.00

No comments:

Post a Comment