Saturday, May 2, 2020

Ikan Guppy Atau Gapi; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Gapi atau Guppy (Poecilia reticulata) merupakan salah satu ikan hias yang banyak diminati oleh masyarakat. Ikan gapi merupakan ikan hias air tawar yang berukuran kecil. Ikan ini digemari karena mudah dipelihara dan memiliki bermacammacam corak warna yang indah, terutama pada ikan jantan. Sedangkan pada ikan betina lebih menoton pada satu warna (Sukrillah, et al. 2013).

KLASIFIKASI IKAN GUPPY ATAU GAPI
Menurut Wikipedia (2008), Klasifikasi Ikan Guppy Sebagai Berikut :
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Cyprinodontiformes
Famili : Poeciliidae
Genus : Poecilia
Spesies : Poecilia reticulata

HABITAT IKAN GUPPY ATAU GAPI
Menurut Zipcodezoo (2015), Ikan guppy berasal dari daerah Amerika Selatan tepatnya di Amazon. Ikan ini salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki penampilan morfologis cukup menarik dan toleransi yang tinggi terhadap kondisi perairan yang kurang baik. Ikan guppy juga mampu beradap tasi diperairan air payau pada kisaran suhu 25 derajat celcius sampai 28 derajat celcius.

FISIOLOGI IKAN GUPPY ATAU GAPI
Menurut Nasution (2013), Ikan Guppy termasuk  ikan hias jenis pendamai  dan jinak yang bisa ditempatkan dengan jenis ikan lain yang sama-sama jinak (jangan dicampur dengan ikan buas). Di alam aslinya  ikan ini dapat hidup di dua jenis perairan yang berbeda yakni air tawar dan payau. Menyukai pada perairan yang tenang tetapi sangat sensitive dan mudah setres terhadap perubahan kualitas air yang mendadak, terutama fluktuasi suhu yang tinggi.

MORFOLOGI IKAN GUPPY ATAU GAPI
Menurut Zipcodezoo (2015), Ikan Gupi merupakan ikan yang bersifat ovovtivpaf yaitu ikan yang bertelur dan melahirkan. Selama dalam peru induknya, embrio dapat makanan bukan dari induknya melainkan dari kuning telur, ikan gupi jantan memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding ikan gupi betina. Ikan gupi pada habitat alami ukuran betina adalah 7 cm lebih panjang dari jantan yang panjangnya kurang dari 4 cm.

CIRI-CIRI IKAN GUPPY ATAU GAPI
Menurut Zipcodezoo (2015), Ikan Gupi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang digemari masyarakat. Warna pada ikan hias air tawar jantan cenderung lebih cerah dari betina. Warna ikan gupi jantan juga lebih cerah dan kecil dibanding betina.

REPRODUKSI IKAN GUPPY ATAU GAPI
Menurut Wikipedia (2015), Gupi adalah ikan yang sangat mudah berkembang biak. Masa kehamilan ikan ini berkisar antara 21–30 hari (rata-rata 28 hari) bergantung pada suhu airnya. Suhu air yang paling cocok untuk berbiak adalah sekitar 27 °C (72 °F). Alih-alih bertelur, ikan gupi mengandung dan melahirkan anaknya (livebearers). Setelah ikan betina dibuahi, daerah berwarna gelap di sekitar anus yang dikenal sebagai ‘bercak kehamilan’ (gravid spot) akan meluas dan bertambah gelap warnanya. Menjelang saat-saat kelahirannya, bintik-bintik mata anak-anak ikan dapat terlihat dari kulit perut induknya yang tipis dan menerawang. Seekor induk gupi dapat melahirkan burayak (anak ikan) antara 2–100 ekor pada setiap kelahiran, namun kebanyakan antara 5–30 ekor saja. Beberapa jam setelah persalinan, induk gupi telah siap untuk dibuahi lagi. Begitu keluar dari perut induknya, anak-anak gupi telah mampu hidup sendiri. Berenang, mencari makanan, dan menghindari musuh-musuhnya. Anak-anak gupi ini umumnya akan terus bergabung dengan kelompoknya, dan dengan ikan-ikan lain yang lebih besar. Namun gupi yang telah dewasa tidak akan segan-segan memangsa burayak yang berukuran jauh lebih kecil; sehingga apabila dipelihara di akuarium, anak-anak ikan ini perlu dipisahkan dari ikan-ikan dewasa. Burayak-burayak ini, apabila selamat, akan mencapai kedewasaan pada umur satu atau dua bulan saja. Itulah sebabnya ikan ini dengan segera dapat melipat-gandakan jumlah anggota kelompoknya, sehingga dinamai juga ikan seribu. Sirip dubur pada ikan jantan mengalami perubahan menjadi gonopodium, yang berfungsi untuk mengeluarkan sperma yang akan masuk pada tubuh ikan betina. Gupi betina memiliki kemampuan untuk untuk menyimpan sperma, sehingga dapat hamil berulang kali dengan hanya satu kali kawin. Faktor kunci keberhasilan yang lainnya adalah kemampuannya untuk menyesuaikan hidup dengan pelbagai kondisi perairan, dengan variasi makanan yang beragam. Analisis terhadap isi perut gupi yang hidup di Danau Buyan, Bali, menunjukkan bahwa ikan ini terutama memakan zooplankton yang melimpah di sana. Sementara gupi yang hidup diDanau Bratan dan Batur kebanyakan mengandalkan bahan-bahan organik yang berada di dasar danau. Gupi bahkan dapat hidup pada perairan dengan salinitas tinggi (air asin), hingga 150% salinitas normal air laut.

MANFAAT IKAN GUPPY ATAU GAPI
Menurut Rizky (2013), Ikan Guppy dan ikan-ikan kecil mempunyai kandungan gizi yang tinggi, sehingga selain sebagai ikan hias merupakan salah satu sumber protein bagi burung Murai Batu dan burung kicauan lainnya. Ikan guppy juga mengandung berbagai zat yang  sangat bermanfaat bagi kesehatan burung. Kandungan zat gizi yang  terdapat pada ikan guppy segar dan manfaatnya antara lain :
1.Omega 3, untuk proses perkembangan otak dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan pada burung Murai Batu.
2.Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah dicerna oleh burung Murai Batu dan burung kicauan lainnya.
3.Kaya akan asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak pada burung Murai Batu.
4.Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah masalah mata pada burung Murai Batu.
5.Vitamin D dalam daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang pada burung.
6.Vitamin B6 untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf pada burung.
7.Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi juga kerusakan syaraf pada burung Murai Batu.
8.Zat besi yang mudah di serap oleh tubuh burung.
9.Selenium untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas
10.Seng yang membantu kerja enzim dan hormon.
Kandungan  ikan guppy kaya akan manfaat dan akan lebih optimal jika diberikan dalam bentuk daging ikan segar.

TINGKAH LAKU IKAN GUPPY ATAU GAPI
Menurut Rizki (2014), Ikan Guppy Sangat rentan terhadap perubahan kualitas air secara spontan maupun rentan terhadap kualitas air yang buruk. Biasanya apabila ikan guppy merasa tidak nyaman akan lingkungannya ikan guppy berenang di permukaan air, dengan gaya berenang seperti orang joget. Tingkah laku demikian disebabkan karena guppy tersebut stress, akibatnya adalah guppy jadi tidak mau makan, lalu guppy akan kekurangan asupan gizi hingga kurun dan akhirnya guppy akan mati karna tidak mau makan.

PERAN IKAN GUPPY DI PERAIRAN
Di perairan ikan guppy menjadi santapan predator perairan, dan menjadi sumber energi bagi predator yang memakannya.

PENULIS
Ricki Oktario Budiman
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Nasution, Ika. 2013. Budidaya Ikan Guppy. http://ikazanst.blogspot.co.id/2013/03/budidayaikanguppy_3814.ml . Diakses pada 29 Desember 2015 pukul 19:24
Rizki.2014. Budidaya Ikan Guppy. http://d-guppies.blogspot.co.id/2014/06/budidayaikanguppy_514.html.Diakses pada 21 Desember 2015 Pukul 21:32
Rizky.2013.Ikan Guppy extra fooding yang bergizi.http://muraimedansuper.blogspot.co.id/2013/03/ikanguppyextrafooding-yang- bergizi.html. Diakses pada 20 Desember 2015 pukul 17:31
Sukrillah Mhd., Sukendi., dan Nuraini. 2013. Briefing Gender Male Guppy Fish (Poecilia reticulata) Through Immersion Parent in Coconut Water Solution with Different Doses and Time. 7 Halaman
Wikipedia.2015. Ikan Gupi.https://id.wikipedia.org/wiki/Gupi.Diakses pada tanggal 18 Desember Pukul  11:53
Zipcodezoo.2015.Klasifikasi Ikan. http://zipcodezoo.com . Diakses pada 20 Desember 17:13

No comments:

Post a Comment