Friday, May 1, 2020

Ikan Discus Atau Diskus; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Diskus (Symphysodon discus) adalah spesies ikan air tawar asli lembah Sungai Amazon, Amerika Selatan. Diskus pertama kali diperkenalkan pada tahun 1840 oleh Dr. Heckel dengan nama Symphysodon discus. Varian ikan diskus aslinya digolongkan ke dalam 3 jenis berdasarkan warna, yaitu Symphysodon aequifasciata aequifasciata (GreenDiscus), Symphysodon aequifasciata axelrodi(Brown Discus), dan Symphysodon aequifasciata haraldi (thebluevariant) (Marginata, et al. 2015).

KLASIFIKASI IKAN DISCUS ATAU DISKUS
Menurut Sikpas (2015), Klasifikasi Ikan Discus sebagai berikut :
Ordo : Percomorphodei
Sub Ordo : Percoidea
Family : Cichlidae
Genus : Symphysodon
Spesies : Symphysodon Discus
Nama Lokal : Diskus

HABITAT IKAN DISCUS ATAU DISKUS
Menurut Sikpas (2015), Habitat alami ikan discus adalah air tergenang, aliran airnya lambat, dangkal, bersih dan umumnya berada didaerah sungai dan danau yaitu di daerah Sungai Amazon di Brazilia, Colombia, Peru dan Venezuela. Discus hidup pada air ber pH 5 – 6 dengan kesadahan 10 – 30 ppm dan suhu 28 – 30 oC, dan kandungan oksigen terlarut ≥ 5 ppm,  tetapi ikan diskus bisa toleran sampai 2 ppm.

FISIOLOGI IKAN DISCUS ATAU DISKUS
Menurut Wikipedia (2013),  Insang Ikan Discus mampu mendifusikan air sembari menjaga kadar garam dalam cairan tubuh secara simultan. Adaptasi pada bagian sisik ikan juga memainkan peran penting; ikan discus yang kehilangan banyak sisik akan mendapatkan kelebihan air yang berdifusi ke dalam kulit, dan dapat menyebabkan kematian pada ikan.

MORFOLOGI IKAN DISCUS ATAU DISKUS
Menurut Sikpas (2015), Diskus mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai lempengan (disc) yang berdiri tegak. Antara diskus jantan dan betina mempunyai bentuk tubuh yang sedikit berbeda. Diskus jantan memiliki ciri-ciri ujung sirip punggung dan sirip anal lancip, ovipositor (alat untuk menempelkan telurnya) sedikit menonjol dan alat kelaminnya berbentuk lonjong atau elips. Diskus betina memiliki ciri-ciri ujung sirip punggung dan sirip anal membulat, ovipositor lebih menonjol dan alat kelaminnya membulat.

CIRI-CIRI IKAN DISCUS ATAU DISKUS
Menurut Sikpas (2015), Keunggulan diskus ini dibandingkan dengan ikan hias air laut terletak pada kemudahan proses pemeliharaan dan pemijahannya. Diskus merupakan ikan hias air tawar yang terkenal akan keragaman corak dan warnanya.

REPRODUKSI IKAN DISCUS ATAU DISKUS
Ikan diskus yang siap mijah umumnya ditandai dengan memisahkan diri dari rekan-rekannya dalam satu wadah pemeliharaan (seperti pada gambar 4). Ikan diskus tergolong ikan yang setia pada pasangannya, karena itu ikan diskus tidak bisa dipijahkan selain dari pasangannya tersebut.

Pasangan ini lalu kita pisahkan ditempat tersendiri dan terus diamati. Pasangan yang lengket terus sudah cukup sebagai jaminan bahwa mereka jantan dan betina. Calon induk jantan harus berumur 15 bulan, sedangkan induk betina berumur 12 bulan sehingga layak untuk dipijahkan (Sikpas, 2015).

PERAN  IKAN DISCUS ATAU DISKUS DI PERAIRAN
Menurut Sikpas (2015), Karena bentuk tubuhnya yang unik serta warna yang bervariasi juga terdapat corak warna atau pun garis-garis pada tubuhnya, ikan ini dimanfaatkan sebagai ikan hias, jika ditempatkan pada aquarium  maka akan terlihat cantik. Aquarium ikan diskus ini dapat dijadikan sebagai pajangan atau hiasan di dalam rumah menambah kecantikan rumah.

TINGKAH LAKU IKAN DISCUS ATAU DISKUS
Menurut Akbar (2013), Letakan aquarium di tempat yang agak tenang, stabil serta yakinkan jauh dari periodeuan tangan tangan usil sedikit susah kelihatannya apabila area discus gampang dijangkau anak anak. kemungkinan discus dapat mati karna stress.

Makanan discus waktu tetap baru baiknya yaitu pakan hidup berbentuk jentik, cacing darah, serta cadng sutra. atau bila pakan pabrikan baiknya sesudah diberikan kita segera pergi menjauh dari aquarium. makan mutlak untuk discus, terlebih waktu la tetap baru. untuk adaptasi dia perlu daya serta itu dari makanannya.

MANFAAT IKAN DISCUS ATAU DISKUS
Seiring dengan semakin bertambahnya orang yang tertarik untuk memelihara diskus, di beberapa negara di Asia budidaya diskus telah menjadi industri besar. Dari kegiatan tersebut mulai banyak dilakukan kegiatan penelitian dan usaha untuk menghasilkan strains baru dari ikan diskus, sehingga tak heran jika saat ini tercatat terdapat puluhan strains ikan diskus yang ada di pasaran. Diskus sangat populer sebagai ikan hias akuarium dan kadang disebut sebagai rajanya ikan hias.Diskus yang indah dan memiliki bentuk yang sempurna berasal dari benih dan kondisi pertumbuhan yang baik sejak lahir (Marginata, et al. 2015).

PENULIS
Ricki Oktario Budiman
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Adi.2013.AdaptasiFisiologiIkan.http://adiecr7.blogspot.co.id/2013/01/adaptasi-fisiologi-          ikan-yg-hidup-di-air_22.html .Diakses pada 5 Januari 2016 pukul 21:29
Akbar.2008.Mengernalikandiskus.http://akuariumhias.blogspot.co.id/2013/01/mengenal-          karakter-ikan-discus.html#0. Diakses pada 21 Desember 2015 pukul 11:27
https://alchetron.com/Symphysodon-discus : Gambar Diskus
Marginata., Rusliadi., dan I. Putra. 2015. Maintenance Symphysodondiscus With Different Feed On Recirculation Systems. Publikasi dari Laboratory Aquaculture of Technology, Faculty Fisheries and Marine Science University of Riau. 8 Halaman
Sikpas.2015.MorfologidanTaksonomiIkanDiskushttp://sikpas.blogspot.co.id/2015/10/morfologi-dan-taksonomi-ikan-discus.html. Diakses pada 19 Desember 2015 pukul 13:49.
Wikipedia.2015. Ikan Discus.https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_discus. Diakses pada 18 Desember 2015 pukul 11:24

No comments:

Post a Comment