Thursday, April 30, 2020

Ikan Rasbora Galaxy; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Rasbora Galaxy tergolong kedalam ikan hias yang lincah dan bergerak aktif. Rasbora Galaxy akan tumbuh dengan baik pada suhu air 25 derajat celcius dengan tingkat pH sebesar 7 dan dengan pencahayaan yang terang. Rasbora Galaxy hanya dapat mencapai panjang maksimal 5 cm, oleh karena itu ikan hias ini tergolong ikan hias yang memiliki tubuh kecil (Axelrods,1992).

KLASIFIKASI IKAN GALAXY RASBORA
Menurut Action (2011), ikan Galaxy Rasbora mempunyai klasifikasi sebagai berikut:
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Actinopterygii
Order : Cypriniformes                              
Family : Cyprinidae
Genus : Danio
Species : Danio margaritatus

HABITAT IKAN GALAXY RASBORA
Galaxy Rasbora hidup pada daerah berarus tetap dengan banyak tanaman air dengan suhu 20C – 26 C dan Ph 6,5 – 7,5. Di habitat aslinya ikan ini menempati kolam-kolam kecil yang dangkal dan bersuhu hangat saat musim panas. Ikan Galaxy Rasbora merupakan ikan cyprinidae kecil yang berasal Myanmar tepatnya di Danau Inle (Action, 2011).

Ikan Galaxy Rasbora atau yang dikenal dengan nama Celestrial Pearl Dnaio merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar berukuran kecil yang berasal dari Danau Inle, Myanmar. Secara klasifikasi, ikan ini termasuk dalam family Cyrpinidae dan genus Danio. Dikenal dengan nama ilmiahnya Danio margaritatus, galaxy rasbora memang tergolong ikan yang sangat mini. Pada umumnya, ikan ini hanya memiliki panjang tubuh 1.5 hingga 2 cm. Bentuk tubuh dan tingkah lakunya sangat menyerupai ikan danio jenis lainnya (Peryuni, 2013).

Ikan kecil ini lebih menyukai tempat yang berarus dan memiliki banyak tumbuhan air. Mereka mampu bertahan hidup pada temperatur sekitar 20-260 Celcius dan kada pH 6.5-7.5. Secara alami, mereka hidup di dalam kolam kecil dangkal yang memiliki temperatur hangat di saat musim panas (Peryuni, 2013).

FISIOLOGI IKAN GALAXY RASBORA
Ikan Galaxy Rasbora jantan memiliki ciri khas biru cerah pada tubuhnya, sedangkan betina lebih ke pucat kebiruan. Ukuran tubuh ikan jantan umumnya lebih besar ketimbang ikan betinanya. Di seluruh tubuhnya, terdapat banyak bintik-bintik berupa titik menyerupai mutiara berukuran kecil, namun siriip ikan ini berwarna strip hitam-merah. Sedangkan pada betina, perutnya berwarna kekuningan, dan sirip berwarna oranye muda atau merah muda (Peryuni, 2013).

MORFOLOGI IKAN GALAXY RASBORA


Jantan menampilkan warna-warna cerah dan bagian terakhir dari livery, biru pada jantan, cenderung hijau zaitun pada wanita. Betina memiliki perut cembung, dengan cara yang paling mencolok daripada jantan. Harapan hidup di penangkaran diperkirakan 2 - 3 tahun, tetapi bisa mencapai 5.

Ikan Galaxy Rasbora merupakan ikan cyprinidae kecil yang berasal Myanmar tepatnya di Danau Inle. Ikan ini sangat mini dengan panjang standar 1,5 – 2 cm, serta mempunyai bentuk fisik dan kebiasaan yang sama dengan spesies danio yang lain. Galaxy rasbora mempunyai warna tubuh yang cerah dengan menunjukkan beberapa sexual dimorphism. Pejantan mempunyai warna baground tubuh biru cerah (betina cenderung biru – hijau pucat) dengan tubuh yang biasanya berukuran lebih besar dibanding betina. Tubuh ikan ini ditaburi dengan banyak titik-titik mutiara kecil dengan warna sirip yang strip hitam – merah. Ikan betina mempunyai warna perut yang kekuningan dengan sirip berwarna merah atau orange lemah (Khoirunnisa, 2013).

Selain ukuran tubuhnya yang mini, ikan ini memiliki tubuh yang berwarna cerah. Antara jantan dan betina bisa dibedakan dari warna tubuhnya karena ikan ini memiliki sexual dimorphism atau dimorfisme seksual, perbedaan sistematik luar diantara individu makhluk hidup secara jenis kelamin berbeda, namun masih dalam satu spesies. Ikan Galaxy Rasbora jantan memiliki ciri khas biru cerah pada tubuhnya, sedangkan betina lebih ke pucat kebiruan. Ukuran tubuh ikan jantan umumnya lebih besar ketimbang ikan betinanya. Di seluruh tubuhnya, terdapat banyak bintik-bintik berupa titik menyerupai mutiara berukuran kecil, namun siriip ikan ini berwarna strip hitam-merah. Sedangkan pada betina, perutnya berwarna kekuningan, dan sirip berwarna oranye muda atau merah muda (Peryuni, 2013).

CIRI-CIRI IKAN GALAXY RASBORA
Galaxy rasbora mempunyai warna tubuh yang cerah dengan menunjukkan beberapa sexual dimorphism. Pejantan mempunyai warna baground tubuh biru cerah (betina cenderung biru – hijau pucat) dengan tubuh yang biasanya berukuran lebih besar dibanding betina. Tubuh ikan ini ditaburi dengan banyak titik-titik mutiara kecil dengan warna sirip yang strip hitam – merah. Ikan betina mempunyai warna perut yang kekuningan dengan sirip berwarna merah atau orange lemah (Indrayana, 2011).

REPRODUKSI IKAN GALAXY RASBORA
Breeding dapat dilakukan di aquarium dengan menyediakan tangki berukuran 30 x 20 x 20 cm dan diisi dengan beberapa tanaman seperti wool mops dan java moss, dan tetap disediakan area yang cukup untuk berenang. Tangki tidak memerlukan adanya pencahayaan dan filtrasi, cukup alat gelembung udara jika ada. Sepasang ikan dewasa ditempatkan ke dalam tiap tangki breeding, hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko jantan agar tidak memakan telur mereka. Setelah proses bertelur selesai, pisahkan ikan dewasa karena mereka akan memakan apapun yang ada dan juga untuk memulihkan kondisi betina. Jika setting breeding dilakukan dengan menempatkan satu jantan dan beberapa betina maka yang dipindahkan adalah telurnya menggunakan pipet. Telur akan menetas setelah 3 – 4 hari dan anakan ikan tersebut dapat memakan paramaecium, artemia naupli dan microworm, atau apapun yang berukuran 5 – 50 micron (Aji, 2015).

Pemijahan dilakukan secara berpasangan. Caranya, masukkan sepasang ikan yang telah dewasa ke dalam akuarium. Dengan cara ini, ikan jantan tidak akan memangsa telur. Setelah kedua ikan selesai melakukan perkawinan, dan telur mereka telah siap menetas, pindahkan segera ikan indukan ke wadah lain karena mereka akan memakan segala yang ada di dalam akuarium sebagai pemulihan setelah fase perkawinan. Telur kemudian menetas 3-4 hari setelah perkawinan. Anakan yang menetas biasanya memakan artema naupli, cacing mini, paramecium ataupun makhluk lainnya yang berukuran sekitar 5-50 micron. Di pasaran, ikan ini dijual di kisaran 6ribu-8ribu rupiah tiap ekor yang berukuran 1.5 cm. Di Indonesia, ikan ini masih jarang ditemukan sehingga seseorang perlu pergi ke toko aquascape hanya untuk mendapatkan ikan Galaxy Rasbora (Peryuni, 2013).

MANFAAT IKAN GALAXY RASBORA
Di pasaran, ikan ini dijual di kisaran 6ribu-8ribu rupiah tiap ekor yang berukuran 1.5 cm. Di Indonesia, ikan ini masih jarang ditemukan sehingga seseorang perlu pergi ke toko aquascape hanya untuk mendapatkan ikan Galaxy Rasbora (Peryuni, 2013).

Sementara dari sisi lain memelihara ikan hias juga dapat di jadikan sebagai bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan sekali, karena permintaan pasar lokal dan ekspor terhadap ikan hias air tawar ini sangat tinggi dan bagus sehingga tidak heran banyak orang yang awal nya hanya sebagai hobi, kini beralih untuk mengembangkan hobi nya itu (Rukmana, 2014).

TINGKAH LAKU IKAN GALAXY RASBORA
Galaxy Rasbora berbentuk omnivora dengan mengkonsumsi invertebrata kecil, alga serta zooplankton yang lain. Di aquarium juga direferensikan selalu untuk berikan pakan hidup seperti Daphnia, Artemia serta sebagian Dryfood. Pemberian pakan hidup akan mendorong ikan untuk lakukan breeding/ reproduksi. Breeding bisa dikerjakan di aquarium dengan sediakan tangki memiliki ukuran 30 x 20 x 20 cm serta berisi sebagian tanaman seperti wool mops serta java moss, serta terus disiapkan area yang cukup untuk berenang. Tangki tak membutuhkan ada pencahayaan serta filtrasi, cukup alat gelembung hawa bila ada (Aji, 2015).

PERAN IKAN GALAXY RASBORA DI PERAIRAN
Ikan ini berperan sebagai penyeimbang pada rantai makanan perairan, ikan ini menjadi sumber makanan predator di perairan tempat tinggalnya.

PENULIS
Reni Ekowati P
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Action. 2011. Galaxy Rasbora (Danio Margaritatus), Si Tubuh Bertabur Mutiara Dari Myanmar. http://zafact.blogspot.co.id/2011/07/galaxy-rasbora-danio-margaritatus-si.html. Diakses pada tanggal 1 Desember 2015 pukul 19.07 WIB.
Aji,Rivan.2015.DuniaIkanBersejarah.http://cahserangcity.blogspot.co.id/2015_01_01archive.html. Diakses pada tanggal 2 Desember 2015 pukul 09.15 WIB.
Axelrod H.R. and W. Vordenwinkler. 1983. Encyclopaeclia of tropical .fishes. TFH Publications,Inc. New York-USA. Jurnal Iktiologi Indonesia. Volume 5 No. 1: 15 – 18.
Axelrod H.R., W.E. Burgess, N. Pronek and J.G. Walls. Dr. Axelrod's atlas of freshwater aquarium fishes. 1995.Eight edition. TFH. Publications, Inc. NewYolk-IlSA. Jurnal Iktiologi Indonesia. Volume 5 No. 1: 15 – 18.
https://acquariofilia.org/english-articles/danio-rasbora-galaxy/
Indrayana, Yudistira. 2011. Indonesian Freshwater Fish Community – IFFC. http:// fwflovers.blogspot.co.id/2011_02_01_archive.html. Diakses pada tanggal 2 Desember 2015 pukul 09.04 WIB.
Khoirunnisa, Afwa. 2013. Ikan Rasbora Galaxy.  http://afwakeey.blogspot.co.id/2013/11/ikanrasboragalaxy.html.Diakses pada tanggal 1 Desember 2015 pukul 18.03 WIB.
Peryuni, Yuli. 2014. Ikan Galaxy Rasbora, Si Ikan “Mini” dari Myanmar. http://www.ikanhias-yuli.org/2014/11/ikan-galaxyrasborasiikanmini-dari.html.Diakses pada tanggal 2 Desember 2015 pukul 15.05 WIB.
Rukmana. 2014. Manfaat Memelihara Ikan Hias Air Tawar. http://hewan.co/manfaat-memelihara-ikan-hias-air-tawar.html. Diakses pada tanggal 2 Desember 2015 pukul 09.07 WIB.

No comments:

Post a Comment