Tuesday, April 14, 2020

Tips Cara Membuat Probiotik Budidaya Ikan


MELEKPERIKANAN.COM - Probiotik adalah produk yang tersusun oleh biakan mikroba atau pakan alami mikroskopik yang bersifat menguntungkan dan memberikan dampak bagi peningkatan keseimbangan mikroba saluran usus dan inang (Arief, et al., 2014). Pernyataan ini didukung juga menurut Gunawan (2014), probiotik adalah sekumpulan organisme bermanfaat yang memberikan efek baik dan mendukung kesehatan makhluk hidup lainnya. Probiotik bekerja dengan cara mengendalikan perkembangan organisme atau bakteri patogen dengan cara menciptakan lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan organisme (bakteri bermanfaat).

Probiotik untuk ikan berfungsi meningkatkan kualitas air maupun menekan bakteri patogen di usus sebagian besar terdiri atas  bakteri fotosintesis dan asam laktat seperti  Actinomycetes sp., Streptomyces sp., Bacilus subtilis, Bacillus licheniformis, Saccharomyces cerrevisae. Contoh probiotik ini adalah EM4 perikanan dan tambak. Untuk meningkatkan fungsi pakan, probiotik mengurai pakan sehingga diserap pencernaan. (Gunawan., 2014). Diperjelas menurut Irianto (2002), beberapa contoh bakteri gram positif Bacillus, Carnobacterium, Enterococcus, Lactobacillus, Lactococcus, Micrococcus, Streptococcus dan Weissela, dan bakteri gram negatif Aeromonas, Alteromonas, Photorhodobacterium, Pseudomonas dan Vibrio). Mikroorganisme lain yang bisa dijadikan probiotik adalah khamir dan jamur. Spesies khamir yang digunakan sebagai probiotik adalah Saccharomyces cereviseae dan Candida pentolopesii, sedangkan spesies jamur yang digunakan sebagai probiotik adalah Aspergillus niger dan Aspergillus oryzae (Pamungkas dan Yenny., 2006). Pada praktikum ini bakteri probiotik yang digunakan adalah Vibrio Probioticus dengan melakukan perbandingan guna mengetahui mana perlakuan probiotik yang lebih baik. Sebelum memulai pembuatan probiotik pertama-tama kita siapkan alat dan bahan yang akan digunakan terlebih dahulu.

ALAT
-Baskom
-Drum

BAHAN
- Kunyit
- Susu
- Parutan Kecambah
- parutan nanas
- tetes tebu
- pupuk N, P, K
- bakteri bacillus

Apabila alat dan bahan sudah disiapkan kita masuk ke step selanjutnya yaitu pembuatan probiotik:

1. Masukan Kunyit

2. Masukan susu

3. Masukan parutan kecambah

4. Masukan parutan nanas

5. Masukan tetes tebu

6. Masukan Pupuk N, P, K

7. Diaduk hingga merata

8. Tuangkan bakteri bacillus

9. Diaduk lagi hingga tercampur

10. Drum berisi air disiapkan lebih bagus bila air hangat tidak lebih dari 60◦C

11. Dituangkan ke drum yang sudah berisi air

12. Saat penuangan pastikan tidak meninggalkan sisa

13. Setelah tertuang semua lalu masuk tahap selanjutnya

14. Drum Ditutup hingga rapat dan dibuat lubang pengeluaran gas agar gas yang dihasilkan bisa keluar, kalau tidak dibuat lubang drum bisa meledak

15. Setelah 1 minggu terjadi fermentasi akan ada pengendapan dan probiotik siap digunakan

Terimakasih, semoga bermanfaat salam hangat dari penulis ;)

PENULIS
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Arief, M., N. Fitriani., dan S. Subekti. 2014. Pengaruh pemberian probiotik berbeda pada pakan komersial terhadap pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan lele sangkuriang (Clarias sp.). Jurnal ilmiah perikanan dan kelautaan. Vol. 6 No. 1 ; 49 – 53.
Gunawan, S. 2014. Kupas tuntas budi daya & bisnis lele. Penebar Swadaya. Jakarta.
Irianto, A., B. Austin. 2002. Probiotics in aquaculture. Journal of fish diseases Vol. 25, 633-642.
Pamungkas, D., dan Y. N. Anggraeny. 2006. Probiotik dalam pakan ternak ruminansia. Pasuruan: Jurnal Wartazoa. Vol. 16, No. 2 ; 35 -42.

No comments:

Post a Comment