Saturday, April 11, 2020

Mikrobiologi Dasar Pertanyaan Dan Jawaban

Mikroskop, Slide, Penelitian, Close Up, Tes, Percobaan

MENGAPA HARUS DITAMBAHKAN AIR TERLEBIH DAHULU SEBELUM DILAKUKAN PROSES STERILISASI?
Karena autoklaf adalah alat sterilisasi yang menggunakan uap air bertekanan sehingga air sangat dibutuhkan sebelum autoklaf ditutup.Autoklaf menggunakan sumber uap dari pemanasan air yang ditambahkan kedalam autoklaf, karena air adalah media yang akan berubah menjadi uap panas berktekanan.

MENGAPA AUTOKLAF DITUTUP SECARA SEJAJAR?
Karena prinsip kerja autoklaf adalah menghasilkan uap panas yang dihasilkan oleh api. Untuk mempercepat proses sterilisasi maka autoklafditutup secara sejajar agar uap tidak ada yang keluar dari autoklaf.

MENGAPA WAKTU YANG DIGUNAKAN 15 MENIT SAAT STERILISASI?
Sebenarnya waktu yang digunakan tergantung pada ukuran objek yang disterilisasikan, apabila melebihi standar yang ada akan lebih lama dari 15 menit. Dan 15 menit itu adalah waktu standar dari proses sterilisasinya.

MENGAPA HARUS MENUNGGU TEKANAN 0 ATM SEBELUM MEMBUKA AUTOKLAF?
Autoklaf tidak boleh dibuka saat masih bertekanan diatas 0 atm, hal ini ditujukan untuk sterilisasi jika menggunakan botol. Apabila botol tersebut berisi bahan,maka tidak boleh dibuka agar isi botol tidak meluap kemana-mana. Maka dari itu harus menunggu hingga manometer menunjukkan angka 0 atm,barulah autoklaf dibuka.Pendinginan dilakukan sedikit demi sedikit.

BERAPA SUHU YAN DIGUNAKAN PADA SAAT STERILISASI MENGGUNAKAN AUTOKLAF DAN BERIKAN ALASANNYA!
Suhunya sekitar 1000C -121oC. Suhu tinggi inilah yang akan membunuh mikroorganisme terutama di tujukan untuk membunuh endospora. Pada suhu 1000C yang merupakan titik didih air normal dapat membunuh endospora. Sedangkan pada suhu 121oC endospora dapat dibunuh dalam kurun waktu 4 sampai 5 menit, dimana sel vegetative bakteri dapat dibunuh hanya dalam waktu 6-30 detik pada suhu 65oC.

SEBUTKAN MINIMAL 5 ALAT BESERTA FUNGSINYA YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBUATAN MEDIA!
1. Autoklaf sebagai alat untuk memberikan larutan
2. Neraca analitik sebagai alat untuk menimbang massa larutan yang akan dijadikan media
3. Hot Plate Stimmer sebagai alat untuk menghomogenkan suatu larutan dengan pengadukan dan juga untuk memanaskan larutan
4. Gelas Ukur sebagai alat untuk mengukur banyaknya volume air
5. Erlenmeyer sebagai wadah dari larutan
6. Kaca Arloji sebagai wadah larutan
7. Inkubator sebagai alat untuk menginkubasi atau memeram mikroba pada suhu yang terkontrol
8. Cawan petri sebagai wadah untuk membiakkan (kultivasi) mikroorganisme
9. Bunsen sebagai alat untuk menciptakan kondisi yang steril
10. Tabung reaksi digunakan sebagai wadah untuk uji-uji biokimiawi dan menumbuhkan mikroba

MENGAPA MULUT ERLENMEYER YANG BERISI MEDIA DITUTUP MENGGUNAKAN KAPAS DAN PLASTIK WARP?
Agar larutan Na yang ada pada Erlenmeyer yang telah dihomogenkan serta dipanaskan  dengan hot stimmer tidak menguap ke udara bebas,karena setelah dihomogenkan dan dipanaskan dengan hot plate stimmer akan ada panas yang muncul sehingga kapas dan plastik warp berfungsi sebagai penutup agar larutan Na tidak menguap.

MENGAPA DALAM PEMBUATAN MEDIA HARUS DILAKUKAN STERILISASI?
Perlunya dilakukan sterilisasi agar wadah atau alat yang digunakan tidak ada bakteri atau mikroba lain, tetapi hanya ada mikroba yang akan diamati saja.

MENGAPA ERLENMEYER YANG BERISI MEDIA DILETAKKAN DIATAS HOT STIRRER?
Untuk mengaduk larutan atau media didalam Erlenmeyer yang berisi campuran serbuk Na dan aquades menjadi homogen.

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN ISOLASI BAKTERI?
Isolasi adalah proses mengambil bakteri dari lingkungan asalnya dan menumbuhkannya di medium buatan sehingga diperoleh biakkan yang murni.Tujuan dari isolasi bakteri yaitu memisahkan satu jenis bakteri dengan bakteri lain yang berasal dari campuran bermacam-macam bakteri. Dengan isolasi ini dapat mengidentifikasikan jenis bakteri tertentu.

MENGAPA PADA SAAT PENANAMAN BAKTERI DIGORESKAN SECARA ZIG-ZAG?
Agar didapatkan jenis organisme yang akan diamati, sebab jika digoreskan secara zig-zag dengan bantuan jarum yang telah disterilisasi lama kelamaan mikroorganisme yang menempel pada jarum akan semakin sedikit sehingga pada akhir goresan akan didapat satu jenis mikrooragnisme.

MENGAPA SEBELUM MENGGUNAKAN JARUM, LOOP HARUS DIPIJARKAN TERLEBIH DAHULU?
Fungsinya agar jarum loop menjadi steril dan agar tidak terkontaminasi oleh bakteri lain yang tidak diamati.

SETELAH DIPANASKAN DIATAS BUNSEN, MENGAPA JARUM LOOP DIDINGINKAN TERLEBIH DAHULU SEKITAR MEDIA SEBELUM MEMINDAHKAN BAKTERI?
Agar jarum loop menjadi dingin. Karena apabila kondisi jarum loop masih panas dapat mematikan bakteri yang akan dipindahkan(diambil).

MENGAPA JARUM YANG DIGUNAKAN JARUM LOOP?
Karena ujung dari jarum loop yang bulat dan tidak akan merusak media. Dan juga jarum loop yang mempunyai fungsi untuk menginokulasi media padat ke cair.

APA YANG KALIAN KETAHUI TENTANG JAMUR?
Jamur adalah organisme eukariotik yang bersel ttunggal atau banyak dan tidak memiliki klorofil.Memiliki spora berupa benang-benang bercabang,memiliki dinding sel yang terbuat dari zat kitin.Jamur dipisahkan dalam kingdomnya tersendiri,ia tidak termasuk dalam kehidupan protista,monera maupunplantae.Hidup bergantung dari zat organik yang terdapat pada substrat yang digunakan sebagai alat pertumbuhannya,oleh karena itu jamur tergolong heterotrof.

BAGAIMANA KARAKTERISTIK JAMUR?
Karakterisitik jamur yaitu tidak berklorofil sehingga cara hidupnya sebagai parasit atau saprofit.Tubuhnya terdiri dari benang yang bercabang (Hifa),kumpulan hifa disebut misedium dan jamur berkembang biak secara seksual dengan membentuk spora askus dan aseksual dengan membentuk tunas dan membentuk spora.

JIKA DALAM SEBUAH PRAKTIKUM BAGAIMAN CARA MEMBEDAKAN ANTARA PERTUMBUHAN JAMUR DENGAN PERTUMBUHAN BAKTERI?
Jamur  : permukaan jamur halus dan berserabut dikarenakan pada jamur membentuk hifa dan spora yang tumbuh di permukaan media. hifa berbentuk seperti benang, mudah diambil dengan jarum ose dan mudah sekali tumbuh pada media.
Bakteri : bakteri tidak membentuk hifa melainkan memproduksi suatu lender sehingga kenampakannya pada permukaan media terlihat timbul karena pada titik-titik tertentu jumlah bakteri lebih banyak dari tempat lain. Inokulasinya menggunakan jarum ose berbentuk bulat (jarum loop) akan dapat terambil dengan mudah dan relatif banyak.

APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG HIFA ATAU MISELIUM?
Hifa adalah filament benang yang menyusun jamur,yang tebentuk dari zat kitin.Ketika jamur tumbuh sel sel baru akan tumbuh diujung hifa dan membentuk filament yang lebih panjang. Sedangkan miselium adalah massa hifa yang mebentuk jamur multiseluler(kumpulan dari hifa). Jamur memiliki miselium yang berbeda sesuai dengan jenisnya.Miselium jamur dapat menentukan jamur tersebut bereproduksi secara seksual atau aseksual.

SEBUTKAN MINIMAL 5 ALAT DAN BAHAN YANG DIPERGUNAKAN DALAM IDENTIFIKASI JAMUR!
Jamur, Cawan petri, Jamur Loop, Mikroskop, Pipet tetes,kaca preparat,alcohol,SDA plate,beaker glass.

MENGAPA JARUM LOOP PERLU DIPANASKAN TERLEBIH DAHULU SEBELUM PENGAMBILAN SAMPEL JAMUR?
Tujuan dari jarum loop itu  dipanaskan terlebih dahulu adalah agar kondisinya aseptis (terhindar dari organisme patogen yang dapat mengganggu).

MENGAPA PERLU TINDAKAN ASEPTIS SEBELUM KEGIATAN LABORATORIUM DIMULAI?
Untuk mengihindari kontaminasi organisme patogen dan mencegah kontaminasi ruangan dan personil dengan mikroorganisme yang berpotensi menular. Teknik ini diperlukan untuk menghindarkan mikroorganisme dari kontaminan yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba. Hal ini dapat dicapai dengan memastikan hanya peralatan steril.

JELASKAN TUJUAN DARI FIKSASI!
Untuk pelekatan bakteri agar pada saat pencucian, bakteri tersebut tidak ikut tercuci.

SEBUTKAN MACAM-MACAM LARUTAN YANG DIGUNAKAN DALAM PEWARNAAN GARAM!
Yang digunakan dalam pewarnaan garam adalah Crystal violet, Iodium, Alkohol, Safranin.

APA FUNGSI DITETESI CRYSTAL VIOLET?
Untuk memberi warna pada mikroorganisme target. Larutan ini merupakan pewarna primer , berisfat basa sehingga mampu berikatan dengan sel mikroorganisme yang bersifat asam, dengan begitu sel mikroorganisme yang transparan akan terlihat berawarna (Ungu). Membentuk ikatan mg-Ribonucleid acid pada membrane/dinding sel bakteri sehingga membentuk kompleks mg-Ribonucleid acid-crystal violet. Kompleks ini merupakan senyawa yang tidak luntur dengan alcohol.

APA FUNGSI DIBILAS DENGAN AQUADEST/AIR MENGALIR?
Untuk mebilas dan membersihkan zat warna Kristalungu dan iodium supaya tidak terjadipenumpukan zat warna sehingga memudahkan pengamatan.

JELASKAN PROSEDUR KERJA PEWARNAAN GARAM DARI AWAL HINGGA AKHIR!
Jarum loop dipanaskan agar kondisinya aseptis. Kemudian mengambil bakterinya.Setelah itu objek glass difiksasi dekat Bunsen untuk memperjelas struktur internal dan eksternal sel.Setelah difiksasi,ditetesi dengan Crystal Violet dan didiamkan selama 1 menit. Kemudian dibilas dengan aquades.Setelah dibilas dengan aquades,ditetesi iodium dan dibiarkan selama 2 menit,lalu dicuci menggunakan etanol 70% yang bertujuan untuk melarutkan lemak,dibilas lagi dengan aquades . Lalu ditetesi dengan safranin dan dibiarkan 30 detik. Terakhir dibils dengan aquades dan diamati dibawah mikroskop.

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

No comments:

Post a Comment