Sunday, April 26, 2020

Ikan Sumpit Atau Pemanah; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Sumpit atau Pemanah (Toxotes jaculatrix) Archerfishes adalah anggota keluarga tujuh spesies ikan Perciformes, semua genus Toxotes (Allen 2001, 2004). Archerfishes adalah contoh yang baik dari ikan spesies dengan tingkat ketahanan yang tinggi. Ketahanan adalah kemampuan hewan untuk menjalani, menyerap, dan merespons perubahan dan gangguan, sambil mengubah fungsinya. Archerfishes (Toxotes chatareus dan T. jaculatrix) menghuni antarmuka antara daratan dan lautan di garis lintang rendah, terutama bakau payau di Pasifik Selatan dan Samudra Hindia (Temple 2007).
        
KLASIFIKASI IKAN SUMPIT ATAU PEMANAH
Ikan sumpit (Toxotes jaculatrix ) adalah ikan dari genus Toxotes. Ikan ini juga dikenal dengan nama banded archerfish. Adapun klasifikasi ikan sumpit adalah sebagai berikut :
Kingdom
: Animalia
Phylum
: Chordata
Class
: Actinopterygii
Ordo
: Perciformes
Family
: Toxotidae
Genus
: Toxotes
Species
: Toxotes jaculatrix

MORFOLOGI IKAN SUMPIT ATAU PEMANAH
Ikan ini memiliki 4 duri punggung, 11-13 jari lemah punggung, tiga duri dubur (duri ketiga terpanjang) memiliki 15-17 jari lunak , tulang belakang pertama selalu yang terpendek memiliki lebih kurang 23 sisik antara tulang punggung pertama dan lubang hidung posterior panjang maksimal 30 cm, dan panjang rata-rata sekitar 20 cm. Sirip punggung berwarna kekuningan-hijau dan terletak di bagian ujung posterior, sirip bagian anal berwarna perak.

Taxotes berarti “pemanah”. Makanan Ikan sumpit sebagian besar adalah serangga. Lidahnya dan langit-langit mulutnya membentuk sebuah tabung. Dengan mengatupkan dan menghentakkan insang-insangnya keras-keras, air dapat terpompa keluar membentuk tembakan yang keras. Banded archerfish bisa mencapai panjang maksimum 30 cm (12 inchi). Bagaimanapun, panjang rata-rata sekitar 20 cm (7.9 inchi). Tetapi tembakan yang paling akurat adalah pada ketinggian 1-1,5 m dari permukaan air. Semakin kecil ikannya, tembakannya semakin lemah. Seekor ikan sumpit muda yang panjangnya hanya 1-2 cm kira-kira hanya bisa menembak sejauh 20-30 cm.

CIRI-CIRI IKAN SUMPIT ATAU PEMANAH
Ciri khusus yang dimilikinya adalah caranya untuk mencari makan, dengan menyemburkan air ke permukaan untuk menangkap mangsanya. Ikan ini memiliki mata yang besar,tidak seperti ikan lainnya yang diposisikan untuk penglihatan binokular. Kepala sedikit lebih pendek dari tubuh, dengan moncong khas menunjuk. Ikan dewasa berwarna kuning-hijau sampai coklat di sisi dorsal dan keperakan di sisi ventral.

TINGKAH LAKU IKAN SUMPIT ATAU PEMANAH

Mengenai makanan dan kebiasaan makannya Ikan sumpit merupakan ikan omnivora. Pada siang hari, mereka datang ke permukaan untuk memakan bahan yang mengambang. Makanan ikan ini terdiri dari materi tanaman dan serangga, yang mampu "ditembak jatuh". Ikan sumpit juga mampu menangkap mangsanya dengan melompat keluar dari air dan merebutnya dari cabang yang menggantung rendah. Ikan sumpit muda membentuk kelompok kecil sambil belajar meningkatkan kemampuan satu tembakan untuk mencapai target. Makanan mereka juga terdiri dari mangsa di bawah air, termasuk krustasea dan ikan kecil.

Behavior - Feeding Ecology - GUWS Medical

Ikan sumpit melemparkan air pada serangga. Ikan ini memiliki mulut yang disesuaikan dengan jarak jet air ludah yang biasanya untuk memukul mangsa ke dalam air. Awaldaro jet air ikan sumpit yaitu dengan menaikkan lidah ke langit-langit mulut dengan, membentuk tabung. Operculum kemudian menutup cepat sepanjang tekanan air yang menyerupai bentuk tabung. Kebanyakan archerfish mampu meludah pada kisaran 150 cm (59 inci). Meskipun beberapa spesimen yang lebih besar mungkin mampu hingga 2 sampai 3 meter (6 -7 kaki atau 9 -10 inchi). Ketika mangsa ditembak turun, banded archerfish mulai bergerak menuju tempat di mana ia akan mendarat dalam 100 mili per detik dan dapat mencapainya dalam waktu 50 meter per detik dari tempat memukul air.

Sebuah studi menemukan bahwa banded archerfish bisa dilatih untuk memukul target bergerak pada tingkat akurasi lebih dari 50%. Menurut penelitian ini, kemampuan untuk memukul target bergerak adalah perilaku yang dipelajari kompleks, dan dapat dipelajari dari ikan lain. Studi menyimpulkan bahwa ikan bisa menembak lebih akurat setelah mengamati anggota lain. Banded archerfish mampu mencapai target dengan tingkat akurasi yang tinggi, meskipun pembiasan cahaya di dalam air. Hal ini diyakini bahwa mereka mampu mencapai tingkat akurasi dengan posisi tubuh mereka untuk menembak dari langsung di bawah sasaran yang dituju. Namun, penelitian lain telah menemukan bahwa banded archerfish mampu mencapai akurasi besar bahkan di sudut, menunjukkan bahwa ikan ini mampu mengimbangi refraksi. Hal ini juga menunjukkan bahwa banded archerfish mampu melakukan tugas tiga dimensi.

REPRODUKSI IKAN SUMPIT ATAU PEMANAH
Untuk perkembangbiakan dan reproduksi dari banded archerfish belum diketahui. Banded archerfish pertama mulai berkembang biak dengan panjang tubuh 10 cm (3,9 inchi). Banded archerfish bereproduksi dengan pemijahan. Ada laporan bahwa banded archerfish menuju ke terumbu air asin untuk bertelur. Banded archerfish jarang berkembang biak di penangkaran.

HABITAT IKAN SUMPIT ATAU PEMANAH
Habitat dan Penyebaran Banded archerfish mendiami Indo-Pasifik dan perairan Australia utara, dan juga dijumpai di pantai selatan Australia. Selain itu juga ditemukan dari India ke arah timur ke Kepulauan Filipina, ke selatan ke Australia, serta di perairan Kepulauan Solomon dan Kepulauan Indonesia. Telah diamati sejauh timur seperti New Hebrides (sekarang dikenal sebagai Vanuatu). banded archerfish ditemukan di daerah air payau.. Muara mangrove merupakan habitat utamanya, meskipun kadang- kadang bergerak hulu ke sungai air tawar. Meskipun mereka mungkin bergerak di antara air tawar dan garam selama siklus hidup mereka, mereka tidak melakukannya untuk berkembang biak

MANFAAT IKAN SUMPIT ATAU PEMANAH
Banded archerfish mereka memiliki peran komersial kecil dalam perikanan dan dapat dijual segar di pasar atau dikumpulkan untuk ikan hias dalam akuarium. Banded archerfish terancam oleh perusakan habitat rawa mangrove juga oleh pencemaran.

PERAN IKAN SUMPIT ATAU PEMANAH DI PERAIRAN
Ikan ini memiliki peran yaitu sebagai predator di perairan tempat tinggalnya, Ikan sumpit melemparkan air pada serangga. Ikan ini memiliki mulut yang disesuaikan dengan jarak jet air ludah yang biasanya untuk memukul mangsa ke dalam air.

PENULIS
Prastyani Putri Andari
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
RiceNovrizah,S.Pi,dandariberbagaisumberwww.fadhlyaquaculture.blogspot.com, www.googleimage.com
Simon, K.D., A. G. Mazlan., dan Z. C. Cob. 2013. Condition Factors of Two Archerfish Species from Jhor Coastal Waters, Malaysia. Sains Malaysiana. 42 (8): 1115-1119.

No comments:

Post a Comment