Monday, April 27, 2020

Ikan Lais Kaca; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Lais Kaca merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Menurut Jusmaldi (2016), Jenis ikan bersungut air tawar anggota famili Siluridae umum dikenal dengan nama internasional sheat catfishes, sedangkan di Indonesia dikenal dengan nama ikan lais (Kalimantan) atau ikan silais (Sumatera). Ciri khusus famili ini tidak mempunyai sirip lemak, tidak mempunyai duri pada sirip punggung, dan sirip analnya sangat panjang (Kottelat et al. 1993). Di dalam ordo Siluriformes, ciri utama pembeda famili Siluridae dengan famili lainnya berdasarkan kepala dan badan yang lebih pipih, tulang punggung bersifat lentur, duri pada sirip dada lemah, beberapa genus tidak memiliki sirip punggung, satu atau dua pasang sungut pada rahang bawah dan rahang atas, sungut pada rahang atas biasanya lebih panjang, sirip anal sangat panjang terdiri dari 41 - 110 jari-jari lunak dan sirip perut kecil atau tidak ada (Diogo 2005, Nelson 2009).

KLASIFIKASI IKAN LAIS KACA
Klasifikasi ikan Lais menurut Jimmi (2011), sebagai berikut:
Kingdom
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Pisces
Sub Kelas
: Teleostei
Ordo
: Ostariophysi
Sub Ordo
: Siluroidea
Famili
: Siluridae
Genus
: Cryptopterus

Klasifikasi ikan Lais Kaca menurut Zanpedia (2013), sebagai berikut:
Ordo
: Siluri Formes
Famili
: Siluridae
Genus
: Cryptopterus
Spesies
: Cryptopterus Palembangensis

HABITAT IKAN LAIS KACA
Ikan lais hidup pada ekosistem sungai paparan banjir, hal ini sesuai dengan Suhendra et al. (2013), ikan lais tidak dapat hidup pada semua ekosistem sungai hanya pada sungai paparan banjir. Provinsi Riau mempunyai banyak ekosistem sungai paparan banjir atau floodplain river. Ekosistem sungai paparan banjir ini dipengaruhi oleh fluktuasi curah hujan. Salah satu contoh sungai paparan banjir di Riau adalah Sungai Rokan. Ikan yang hidup pada ekosistem sungai paparan banjir di sungai ini didominasi oleh kelompok ikan endemik daerah paparan banjir salah satu contohnya adalah ikan lais. Diantara jenis ikan lais tersebut, Kryptopterus minor merupakan ikan paling banyak ditemukan di Sungai Rokan. Ikan lais kaca termasuk kedalam golongan Whitefish yang hidup di perairan sungai utama dan tidak tahan terhadap kondisi perairan yang keruh dan kadar oksigen yang rendah.

Ikan lais hidup di sungai yang termasuk tipe sungai berawa banjiran. Daerah penyebaran ikan ini di Indonesia adalah di Sumatera, Kalimantan dan Jawa (Jimmi, 2011).

FISIOLOGI IKAN LAIS KACA
Ikan lais kaca termasuk ke dalam ikan karnivora. Ikan karnivora memiliki usus yang panjangnya tidak melebihi panjang tubuhnya. Lambung ikan lais kaca memiliki lambung yang tebal untuk mencerna makanannya.

MORFOLOGI IKAN LAIS KACA
Sirip punggung tereduksi, lebar badan kira-kira 3,5 kali lebih pendek dari panjang standar, sungut-sungut rahang atas mencapai sirip dubur, sungut-sungut rahang bawah lebih pendek daripada panjang kepala, hampir tembus pandang dengan garis warna gelap memanjang.  Ikan ini dapat mencapai panjang total 17 cm. Warnanya transparan seperti kaca, sehingga tulang dan isi perut di dalamnya dapat terlihat dengan jelas (Zanepedia, 2013).

CIRI-CIRI IKAN LAIS KACA
Ikan lais kaca memiliki sepasang sungut yang panjangnya lebih pendek daripada panjang kepala. Ikan ini hampir tembus pandang dengan garis warna gelap memanjang. Warna ikan ini transparan seperti kaca, sehingga tulang dan isi perut dapat terlihat dengan jelas (Zanepedia, 2013).

REPRODUKSI IKAN LAIS KACA
Penentuan seksualitas ikan lais kaca dilakukan dengan melihat ciri seksual primer dan sekunder yang ada. Ciri-ciri seksual primer pada ikan lais kaca jantan dapat dilihat dari testisnya, testis ikan ini berbentuk seperti untaian, berwarna putih susu, bergerigi pada bagian pinggir, memiliki permukaan yang licin dan berjumlah sepasang. Testis terletak menggantung dibawah tulang punggung dan berada di dekat ginjal serta memiliki saluran yang berakhir pada lubang pelepasan. Ikan betina memiliki ovarium yang berjumlah sepasang, terletak menggantung dibawah tulang punggung, berada di dekat ginjal dan disamping gelembung renang, memiliki saluran yang berhubungan dengan lubang pelepasan, berwarna merah muda hingga merah kecoklatan dengan permukaan licin dan berminyak. Ikan betina memiliki ukuran tubuh yang lebih lebar dan gemuk daripada ikan jantan. Selain itu, bentuk kepala ikan jantan lebih sempit dan runcing jika dibandingkan dengan ikan betina. Indeks Kematangan Gonad ikan betina lebih tinggi dibandingkan ikan jantan. Ikan lais kaca diduga mempunyai satu kali musim pemijahan dalam setahun dengan pola pemijahan total spawner pada saat masuk musim hujan dimana permukaan air mulai naik dan melakukan pemijahan di ceruk-ceruk batu disepanjang sungai (Suhendra et al. , 2013).

PERAN IKAN LAIS KACA DI PERAIRAN
Ikan lais kaca mengindikasikan perairan yang bersih. Hal ini karena ikan lais kaca termasuk kedalam golongan Whitefish yang hidup di perairan sungai utama dan tidak tahan terhadap kondisi perairan yang keruh dan kadar oksigen yang rendah (Suhendra et al. , 2013).

TINGKAH LAKU IKAN LAIS KACA
Ikan lais kaca merupakan ikan yang hidupnya senang berkelompok dan berada di tengah kolom air. Ikan ini termasuk jenis ikan karnivora dan tingkah laku saat makan yaitu dengan memakan makanan dan menelan makanan secara utuh tanpa mencabiknya terlebih dahulu. Ikan ini sensitif terhadap fluktuasi kualitas air (Lesmana, 2015).

MANFAAT IKAN LAIS KACA
Ikan lais tidak dapat hidup pada semua ekosistem sungai hanya pada sungai paparan banjir. Ikan ini memiliki nilai ekonomis tinggi dan biasa dikonsumsi dalam bentuk segar atau dalam bentuk ikan salai. Dalam bentuk segar dijual dengan harga Rp.45.000,- per kg, sedangkan dalam bentuk salai harganya lebih mahal yaitu dapat mencapai Rp.150.000,- per kg (Suhendra et al. , 2013). Ikan lais kaca juga memiliki manfaat lain dikalangan penghobi ikan hias ikan lais kaca dijadikan ikan peliharaan di akuarium karena bentuknya yang unik tubuh transparan sehingga tulang penyusun tubuh ikan lais kaca kelihatan, menambah pesona akuarium para penghobi ikan hias.

PENULIS
Refika Rahayu
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
GambarIkanLaisKaca.2020.https://www.seriouslyfish.com/species/kryptopterus-palembangensis/mengutipdariwww.ikanpemburu.com
Jimmi. 2011. Klasifikasi Ikan Lais. (Online). (http://jimmi-loveyourlive.blogspot.co.id/ 2011/05/klasifikasi-ikan-lais.html), diakses pada 15 Desember 2015 pukul 10.06 WIB
Jusmaldi, 2016. Karakteristik Biometrik Dan Genetik Spesies Ikan Lais (Siluridae) Dan Biologi Reproduksi Ompok Miostoma (Vaillant, 1902) Di Sungai Mahakam Kalimantan Timur. Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor. 136 Halaman.
Lesmana, D. S. 2015. Ensiklopedia IKAN HIAS AIR TAWAR. Jakarta: Penebar Swadaya
Meliawati, Et Al. 2014.  Analisis Isi Lambung Ikan Lais (Kryptopterus Sp.) Di Desa Mentulik Sungai Kampar Kiri Dan Desa Kota Garo Sungai Tapung Provinsi Riau.  Jom Fmipa Volume 1 No. 2 Oktober 2014
Suhendra, M, Et Al. 2013. Aspek Biologi Reproduksi Ikan Lais Kaca (Kryptopterus Minor Roberts, 1989) Di Sungai Rokan Hulu Provinsi Riau. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kampus Binawidya Pekanbaru
Zanepedia. 2013. Klasifikasi Ikan Lais Kaca. (Online). (http://zanepedia.blogspot.co.id/ 2013/09/klasifikasi-dan-deskripsi-ikan-lais-kaca.html), diakses pada 20 Desember 05.26 WIB

No comments:

Post a Comment