Monday, March 9, 2020

Ikan Barbus, Sumatera, Atau Sumatra; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Barbus sebenarnya adalah jenis ikan hias yang sering digunakan untuk membersihkan Aquarium. Ikan yang kerap dijuluki ikan Sumatera ini memiliki banyak khasiat pula bila dikonsumsi karena biar bagaimana pun dia adalah ikan, maka dia mengandung nutrisi yang kompleks sebagaimana jenis ikan lain pada umumnya.

KLASIFIKASI IKAN BARBUS, SUMATERA, ATAU SUMATRA
Menurut Saanin (1968), klasifikasi dari ikan barbus sebagai berikut:
Kingdom
: Animalia
Filum
: Chordate
Kelas
: Pisces
Ordo
: Ostariophysi
Family
: Cyprinidae
Genus
: Puntius
Species
: Puntius sp

MORFOLOGI IKAN BARBUS, SUMATERA, ATAU SUMATRA 
Ikan barbus termasuk ke dalam family ciprinidae seperti ikan mas dan ikan nilem. Bentuk badan agak panjang dan pipih dengan punggung meniggi, kepala kecil, moncong meruncing, mulut kecil terletak pada ujung hidung, sungut sangat kecil atau rudimeter. Dibawah garis rusuk terdapat sisik 5,5 buah dan 3-3,5 buah diantara garis rusuk dan permulaan sirip perut. Garis rusuknya sempurna berjumlah antara 29-31 buah. Badan berwarna keperakan agak gelap dibagian punggung. Moncong pada ikan terdapat tonjolan-tonjolan yang sangat kecil. Sirip ekor dan sirip punggung berwarna abu-abu kekuningan, dan sirip ekor bercagak dalam dengan lobus membulat, sirip dubur berwarna kuning dan sirip dubur berwarna oranye terang (Kottelat et al., 1993).

FISIOLOGI IKAN BARBUS, SUMATERA, ATAU SUMATRA 
Ikan Barbus terdiri dari banyak jenis. Walaupun hampir sama tingkah laku setiap jenisnya, namun syarat hidupnya berbeda. Puntius pentazona merupakan ikan yang hidupnya tidak berkelompok dan sangat pemalu, sehingga perlu tempat yang lebih gelap. Sementara Puntius tetrazona hidupnya berkelompok sehingga dapat diletakan ditempat cukup terang asalkan teduh (Darti dan Iwan, 2006).

CIRI-CIRI IKAN BARBUS, SUMATERA, ATAU SUMATRA 
Ikan ini sangat aktif bergerak, terkadang senang menggigit ikan lain. Ukuran tubuh maksimal ikan ini mencapai 8 cm. Warna ikan ini sangat cerah. Induk jantan dan betina dapat dibedakan setelah siap berpijah. Bentuk badan jantan lebih langsing dan mulut lebih merah disbanding betina. Kepala dan mulut betina yang siap berpijah akan agak keperakan (Darti dan Iwan, 2006).

HABITAT IKAN BARBUS, SUMATERA, ATAU SUMATRA 
Ikan Barbus merupakan ikan asli Indonesia. Ikan Barbus dalam habitat aslinya adalah ikan yang berkembang biak di sungai, danau, rawa-rawa dengan lokasi yang disukai adalah perairan dengan air yang jernih dan terdapat banyak aliran air, mengingat ikan ini memiliki sifat biologis yang membutuhkan banyak oksigen dan hidup di perairan tawar dengan suhu tropis 22-28C, serta pH 7, ikan ini dapat ditemukan di dasar sungai mengalir pada kedalaman hingga lebih dari 15m, rawa banjiran dan waduk (Kottelat et al., 1993).

PERAN IKAN BARBUS, SUMATERA, ATAU SUMATRA DI PERAIRAN
Ikan Barbus seperti ikan-ikan lainnya yaitu berperan sebagai penyeimbang ekosistem perairan, yang memiliki peran sebagai makanan untuk predator yang lebih besar di perairan tempatnya tinggal.

REPRODUKSI IKAN BARBUS, SUMATERA, ATAU SUMATRA
Syamsul Akbar menyatakan, untuk memijahkan Bawal air tawar sangat susah. Sebab, induk dari alam yang akan dijadikan induk sangat sensitif. Kalau tidak berhati-hati akan gampang terkena penyakit. Selain itu, pemijahan bawal air tawar juga harus memperhatikan kualitas air. Kalau tidak, parasit akan cepat menyerang.

Baik pemijahan induk berkapasitas 10 ton dan diisi indukyang sudah siap sebanyak 10 ekor dengan perbandingan 1 : 1.Induk jantan lebih kecil dari pada induk betina. Keunggulan pemijahan bawal air tawar adalah dapat dipijahkan kapan saja, tidak tergantung siklus bulanan ( Rahmat Dde, 2009).

MANFAAT IKAN BARBUS

1. Mengandung Kalsium
Adanya kandungan kalsium pada ikan barbus bermanfaat untuk kesehatan tulang serta gigi yang sifatnya begitu penting, sebab apabila pasokan kalsium tidak tersedia atau tercukupi dalam tubuh, maka akan mengambil asupan yang ada di jaringan keras tubuh. Hal tersebut dapat mengakibatkan osteoporosis.

2. Mengandung Vitamin K
Dengan mengonsumsi ikan barbus secara rutin maka anda akan mendapatkan vitamin K yang cukup. Bisa bermanfaat supaya ketika sedang haid tidak merasakan nyeri, melindungi sistim kekebalan tubuh, membantu proses pembekuan darah dan mencegah sariawan.

3. Mencegah Penyakit Aterosklerosis
Aterosklerosis adalah proses pengerasan pembuluh darah yang ditandai dengan penimbunan plak ateroma pada dinding bagian dalam, menyebabkan arteri menjadi keras atau kaku, serta hilangnya elastisitas. Jika organ lain seperti tungkai atau ginjal yang terkena, dapat menyebabkan nyeri, mati rasa, atau kram otot. Penyakit ini bisa dicegah dengan khasiat ikan barbus.

4. Mencegah Nyeri Otot pada Betis
Orang yang kekurangan vitamin E dapat berakibat mengalami nyeri pada bagian betis, tetapi semua itu bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi ikan barbus. Selain itu, apabila vitamin tersebut tercukupi juga dapat bermanfaat terhindar dari kelemahan dalam berjalan dan resistensi cairan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Kulit anda akan senantiasa terjaga kesehatanya apabila mencoba rutin mengonsumsi ikan barbus, berkhasiat sekali untuk melembutkan, mengencangkan, terhindar dari iritasi, mengobati busikan dan tidak menimbulkan gatal-gatal. Namun pilihlah ikan yang masih segar, jangan yang sudah terkontaminasi.

6. Memperlancar Sistem Pencernaan
Mengonsumsi ikan barbus bermanfaat akan memperlancar sistem pencernaan, sehingga kita akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Sehingga nutrisi makanan dapat diserap dengan benar.

7. Mengandung Fosfor
Kandungan fosfor pada ikan barbus selain bermanfaat untuk mencegah tulang keropos dan osteoporosis, juga dapat berfungsi dalam melancarkan proses pencernaan makanan dan membantu mengontrol proses pembuangan sisa metabolisme serta zat yang diperlukan oleh tubuh manusia.

8. Manfaat Ikan Barbus Mengandung Protein
Manusia sangatlah membutuhkan kandungan protein, karena memberi peran dalam pembentukan otot dan sel-sel di dalam tubuh dan membantu pertumbuhan anak. Oleh sebab itu tambahkanlah ikan barbus sebagai menu makanan harian anda.

9. Menjaga Perkembangan Otak
Ikan barbus ternyata diketahui dapat membantu terbentuknya lemak fosfat serta sangat baik perkembangan otak besar Anda. Sehingga bermanfaat supaya mudah berpikir, merespon sesuatu dengan cepat dan tidak rentan sakit kepala.

10. Membantu Meregenerasi Sel
Dengan adanya asupan protein dan asam amino yang ada pada ikan barbus, maka dapat memperbaiki otot, membantu menggantikan atau meregenerasi sel-sel yang mengalami kerusakan.

Begitulah beberapa manfaat ikan Barbus untuk kesehatan. Walau tubuhnya kecil dan hanya digunakan untuk membersihkan Aquarium. Ternyata ikan ini baik juga bila dikonsumsi, berikut di bawah ini khasit Barbus yang lainnya:

MANFAAT IKAN BARBUS LAINNYA
11. Mengandung Omega 3
12. Mengandung Vitamin D
13. Mengandung Vitamin A
14. Mengandung Zat Besi
15. Mengandung Karbohidrat
16. Mencegah Penyakit Maag
17. Mencegah Radang Usus Besar
18. Menjaga Kesehatan Mata
19. Menghaluskan Kulit dan Meremajakannya
20. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah
21. Mencegah Jantung Koroner
22. Mempercepat Pengeringan Luka
23. Mencegah Terkena Stroke
24. Mengobati Depresi
25. Mengobati Insomnia
26. Mencegah Rabun Jauh
27. Mencegah Rabun Dekat
28. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
29. Mencegah Radang Sendi
30. Menurunkan Kolesterol Tinggi
31. Membantu Menurunkan Mata Minus
32. Meningkatkan Mood
33. Menambah Nafsu Makan
34. Memperbaiki Gizi Buruk
35. Menjaga Keseimbangan Tubuh
36. Membantu Pengeluaran Racun dalam Tubuh
37. Menambah Energi

Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini berguna untuk anda dan bisa menambah wawasan anda seputar dunia ikan. Manfaatkanlah si kecil Barbus ini sebijak mungkin, agar tubuh anda sehat, sebagaimana aquarium anda.

PENULIS
Dzulfikar Yudistira
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
Daelami,D. A. S. 2001. ’Usaha Pembenihan Ikan Hias Air Tawar’. Penebar swadaya (Anggota IKAPI). Jakarta. 166 hal.
Fahmi. 2001. Tingkah Laku Reproduksi pada Ikan. Jurnal Oseana, Volume XXVI, Nomor 1: 17 – 24. LIPI, Jakarta.
Febriyantoro, D. 2014. Pengamatan Sirip-Sirip Ikan dan Mekanisme Ikan Mengambil Makanan dan Laju Menghancurkan Makanan di Dalam Lambung. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Hasanuddin, Makasar.
https://www.dictio.id/t/apa-saja-manfaat-dan-khasiat-ikan-barbus/111656
https://www.khasiat.co.id/ikan/barbus.html
Lingga, P. 2003. Ikan Hias Air Tawar’. Penebar swadaya. Jakarta.
Nelson, J.S. 2001. ’Fisher Of The World’. New York 524 p: John Wiley And Sons.
Nugroho ,S.  2008. Analisis Finansial Usaha Ikan Hias Air Tawar Heru Fish Farm di Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Ridwan et al. 2009. ’Penuntun Praktikum Biologi Perikanan’. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Pekanbaru.
Susanto. 2003. ’Ikan Hias Air Tawar’. Penebar swadaya. Jakarta. 237 hal.

No comments:

Post a Comment