Thursday, February 27, 2020

Ikan Sinyal Atau Signalfish (Pteropsaron Indicum)



Pteropsaron indicum adalah spesies signalfish yang baru di dunia hobi akuarium. Mereka tidak benar-benar ikan 'terumbu', lebih suka hidup di zona berpasir terbuka di mana mereka mencapai keseimbangan antara tidak terlihat dan terlihat agar menghindari diri dari predator yang akan memangsanya.

Selain siripnya yang sangat mencolok, sering kali dihiasi dengan filamen ekstra panjang, yang membuat signalfish begitu unik adalah perilaku mereka yang tidak biasa yaitu menjentikkan sirip punggung mereka. Perilaku yang sangat mencolok ini adalah sesuatu yang tidak dapat disimpulkan dengan hanya melihat foto atau melihat langsung spesimen ikan ini.



Jika filamen sirip panjang dan perilaku tidak biasa yaitu menggerakkan sirip seperti mencari sinyal tidak cukup untuk menarik perhatian kita. Pteropsaron indicum baru ini memiliki tanda tebal yang semakin menambah faktor mencolok ikan ini. Tertelungkup dari kedalaman 70 meter atau sekitar 230 kaki, dua spesimen tipe jantan dari Pteropsaron indicum menampilkan garis-garis kuning cerah dan berani pada sisi-sisi yang terlihat menakjubkan dalam gambar dan kita hanya bisa membayangkan betapa mencoloknya mereka dalam kehidupan nyata ketika melihat ikan ini langsung.

Kami tidak yakin apakah ada yang tahu mengapa ikan ini memiliki spesialisasi dalam 'pensinyalan' di samping komunikasi yang jelas satu sama lain dan menemukan jodoh. Tidak seperti banyak gobi nano yang sangat keren dan berwarna-warni, spesies baru Indian Signalfish mungkin tipis, tetapi panjangnya lebih dari tiga inci, sehingga mudah terlihat dalam tangki.

Daftar Pustaka
https://reefbuilders.com/2019/10/21/pteropsaron-indicum-a-striking-new-species-of-signalfish/

No comments:

Post a Comment