Saturday, February 8, 2020

Ikan Sunglir; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Sunglir (Elagatis bipinnulata), juga dikenal sebagai Rainbow Runnner adalah spesies dari pelagis laut ikan dari family Carangidae. Spesies ini tersebar luas di seluruh tropis perairan dan subtropis di dunia, yang menghuni kedua pesisir serta jauh lepas pantai daerah. Spesies ini satu-satunya anggota dari genus Elagatis, yang diciptakan 15 tahun setelah deskripsi awal, dan erat terkait dengan Amberjacks. Ikan Sunglir mudah dibedakan dengan bentuk tubuhnya, dan pewarnaan brilian yang memberinya nama. Ini adalah predator berenang cepat, mengambil ikan kecil, cumi dan berbagai macam plankton krustasea. Spesies mencapai kematangan seksual pada sekitar 60 cm (24 in), dan pemijahan berlangsung pada waktu yang berbeda, dengan beberapa populasi pemijahan sepanjang tahun, sementara yang lain hanya bertelur pada waktu tertentu dalam setahun. Spesies ini terkenal game fish, yang diambil oleh berbagai metode penangkapan ikan.

KLASIFIKASI IKAN SUNGLIR
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Suborder:
Superfamily:
Family:
Genus:
Elagatis
Species:
E. bipinnulata

MORFOLOGI IKAN SUNGLIR
Ikan Sunglir memiliki tubuh yang atipikal dari family jack, yang umumnya memiliki bentuk tubuh compressed. Ikan Sunglir memiliki subsilindris, memanjang ke tubuh hampir fusiform, dengan kepala runcing panjang dan moncong dan bagian belakang meruncing sebelum sirip ekor muncul. Mata adalah relatif kecil dan gigi disusun pada rahang di band villiform, dengan gigi juga ada di atap mulut dan lidah. Ikan ini memiliki dua sirip punggung, meskipun posterior sinar sirip kedua panjang dipisahkan menjadi finlet a. Dorsal pertama terdiri dari 6 duri, yang kedua dari tulang belakang tunggal dan 25 sampai 30 jari lunak, dengan dua terakhir sebagai finlet terpisah. Sekitar 4% (tiga dari setiap tujuh puluh tujuh) Ikan Sunglir hanya memiliki lima duri di sirip punggung pertama, dan ternyata lahir tanpanya. Sirip dubur terdiri dari satu tulang terpisah dari sirip anteriorally , sedangkan sirip utama memiliki tulang tunggal dan 18-22 jari lemah, dengan dua terakhir terpisah untuk membentuk finlet seperti sirip punggung. Sirip punggung dan dubur cukup rendah, dan sirip punggung lebih panjang dari anal. Sirip dada kecil untuk carangid, sekitar panjang sirip perut dan non-berbentuk sabit dengan 20 sinar. Sirip panggul terdiri dari satu tulang belakang dan lima jari lemah bercabang. Sirip ekor juga sangat diagnostik, yang sangat cagak dan terdiri dari 17 sinar ekor, 9 bagian punggung dan 8 bagian perut. Gurat memiliki lengkungan anterior sedikit dan tidak ada scutes di liea lateralis, namun memiliki sekitar 100 sisik. Sisik menutupi tubuh dan bagian dari operkulum, pipi, sirip dada, sirip perut, dan sirip ekor yang berbentuk stenoid. Spesies ini memiliki 24 ruas tulang belakang.

Warna ikan mungkin merupakan cara termudah untuk mengidentifikasi Ikan Sunglir, dengan nama yang diambil dari spesies mencolok warna. Tubuh bagian atas adalah zaitun biru gelap untuk hijau dan memudar ke bawah putih. Ada dua sempit biru muda untuk garis-garis putih kebiruan berjalan longitudinal sepanjang sisi, dengan zaitun yang lebih luas untuk garis kuning di antara mereka. Panjang maksimum spesies agak kontroversial, dengan sebagian besar sumber memberikan panjang maksimum dikenal antara 107 cm (42 in) dan 120 cm (47 in) cm, sementara satu sumber menegaskan spesies mencapai 180 cm (71 in) panjangnya. Berat maksimum dikenal adalah percaya diri diketahui menjadi 46,2 kg, sebagaimana dicatat oleh IGFA.

REPRODUKSI IKAN SUNGLIR
Ukuran di kematangan seksual hanya diiketahui dengan baik untuk spesies betina, berada di sekitar 600 mm di panjang garpu, meskipun jantan yang telah diperkirakan mencapai kedewasaan di antara 600 dan 650 mm. Di Atlantik, spesies yang diketahui bertelur dari musim semi sampai awal musim gugur, meskipun ikan hidup di perairan yang lebih besar dari 27 derajat Celcius bertelur sepanjang tahun. Namun, bahkan ketika sepanjang tahun pemijahan terjadi, ada puncak musiman, dengan ikan di Samudera Pasifik Barat menunjukkan puncak tersebut pada bulan Mei dan pada Desember - Januari. Ikan yg bertelur, memproduksi telur pelagis dan larva. Tahap larva telah dipelajari secara detail oleh Richards (2006), dengan fitur diagnostik larva meliputi puncak supraoccupital dan pola khas dari pigmen dan melanophores. Pertumbuhan ikan juga telah dipelajari, dengan ukuran ikan pada 1, 2, 3, 4 dan 5 tahun usia diperkirakan 30, 46, 59, 69 dan 77 cm masing-masing. Pola migrasi dari remaja yang kurang dikenal, dengan hanya migrasi dari pemijahan khatulistiwa alasan ke pantai Jepang mencatat, sering mengambang dalam arus bawah tikar besar Sargassum.

CIRI-CIRI IKAN SUNGLIR
Ikan Sunglir memiliki badan memanjang hampir seperti cerutu. Kepala runcing, mulut kecil danrahang atas berakhir dekat mata. Rahang bergigi bentuk villiform, gigi juga terdapat padamulut dan lidah. Di belakang sirip punggung dan sirip dubur masing-masing terdapat 2 siriptambahan (finlet). Sirip ekor bercagak dalam (forked). Warna punggung biru kehijauan dan perut berwarna keputihan. Terdapat dua garis membujur pada sisi badan berwarna birumuda, diantaranya juga terdapat strip berwarna kekuningan. Diduga jenis ikan Sunglir terdiri dari hanya satu spesies, yaitu: Elagatis bipinnulata. Nama lokal: Bandeng Laut, Sinrili Batang, Pisang-Pisang, Sulir.

HABITAT IKAN SUNGLIR
Ikan Sunglir termasuk jenis pelagis, biasanya berada dekat permukaan. Dia lebih banyak berada pada habitat Terumbu Karang, namun bisa jika ditemukan di Laut lepas. Secara temporer bisa membentuk gerombolan, namun umumnya soliter. Jenis makanannya adalah Avertebrata air dan ikan-ikan kecil. Ikan Sunglir memiliki circumtropical distribusi, menghuni tropis dan subtropis di seluruh dunia beberapa perairan. Di Barat Atlantik, spesies terjadi dari Massachusetts dan Bermuda ke timur utara Brazil, termasuk utara dan selatan Teluk Meksiko, Bahama dan Greater dan Lesser Antilles, memperluas timur ke setidaknya Azores. Spesies ini tersebar luas di seluruh Samudra Pasifik, tapi tampaknya sedikit kurang melimpah di bagian Samudra Hindia, dan langka atau tidak ada di Teluk Persia.  Spesies ini sesekali ke Laut Mediterania, umumnya sebagai Lessepsian imigran melalui Terusan Suez, tapi belum tinggal permanen seperti spesies lainnya.Spesies juga mendiami terdekat Canary Islands, mungkin memasuki Mediterania dari timur juga. Spesies ini terutama pelagis, menghuni atas 164 m dari kolom air, kadang-kadang dekat dengan tanah di atas batu dan terumbu karang, serta jauh lepas pantai. Spesies kadang-kadang datang cukup dekat dengan pantai, diketahui mendiami laguna untuk jangka pendek, dan remaja bahkan telah dilaporkan dalam Taiwan muara sistem. Ikan Sunglir seperti carangids lain seperti mudah tertarik Fish Attracting Devices (FAD), mengambang pelampung jenis struktur (FAD ini). Spesies telah ditunjukkan untuk menempati zona air di luar FAD hingga 12 m dalam dan 10 m lebar, memperlakukannya seolah-olah itu benda diam.

MANFAAT IKAN SUNGLIR

Pentingnya untuk manusia
Ikan Sunglir bukan spesies komersial utama seperti tuna atau ikan, tetapi diambil dalam jumlah besar sebagai bycatch. Daging mereka dikatakan adil untuk standar yang sangat baik, tergantung pada preferensi pribadi, tetapi umumnya mengambil harga rendah di pasar karena mereka relatif tidak dikenal. Arkeologi bukti dari Kapingamarangi dan Nukuoro atol di Kepulauan Caroline dari Mikronesia menyarankan orang prasejarah dari pulau-pulau ini tertangkap dalam jumlah besar Ikan Sunglir sebagai makanan, diduga telah ditangkap oleh iming-iming kait 'trolling' dari kano.

Perikanan komersial
Ikan Sunglir jarang ditargetkan sebagai ikan komersial, namun, sejumlah besar spesies sering muncul sebagai bycatch dari tuna dan hiu perikanan,  dengan bycatch dari Barat Tuna Perikanan India saja sebesar 720-1.877 t antara 1985 94. Dalam beberapa tahun terakhir angka ini telah meningkat, dengan hasil tangkapan global diperkirakan oleh FAO memuncak pada 18.940 t per tahun pada tahun 1998 sebelum menurun menjadi sekitar 15.000 t per tahun di 2000/01. Bycatch ini hampir selalu disimpan dan dijual di pasar, baik segar, asin atau beku. Metode yang digunakan untuk mengambil sebagian Ikan Sunglir adalah pukat, serta pancing teknik dan metode penangkapan ikan asli lainnya. [36] Setidaknya satu kasus ciguatera keracunan telah dilaporkan dari spesies ini di Kepulauan Virgin.

Perikanan rekreasi
Ada minor perikanan rekreasi untuk Ikan Sunglir di belahan dunia. Seringkali mereka diambil saat trolling untuk spesies lain seperti tuna dan mackerel, tetapi sering menjadi sasaran perairan pantai oleh pemancing di pantai barat Amerika menggunakan permukaan 'Popper' gaya umpan. Ikan yang tertangkap di berbagai umpan dan umpan, dengan menyelam umpan dalam, permukaan umpan dan bahkan air asin digunakan untuk mengukur baik. Spesies mengambil berbagai umpan termasuk ikan hidup dan memotong, cumi-cumi, gurita, dan krustasea mungkin lainnya menyerupai makanan alami mereka. Mereka terkenal sebagai gamefish, terutama pada ukuran lebih besar. Spesies sendiri juga sering digunakan sebagai umpan, baik sebagai umpan hidup atau umpan mati dicurangi untuk dikendalikan belakang kapal game untuk spesies yang lebih besar seperti billfish dan tuna.

TINGKAH LAKU IKAN SUNGLIR
Ikan Sunglir merupakan petarung yang penuh semangat pada piranti ringan. Ikan Sunglir akan berenang lebih cepat dibanding ikan sejenisnya, dan kadang kala melakukan lompatan juga.

PERAN IKAN SUNGLIR DI PERAIRAN
Ikan Sunglir tersebar hampir pada seluruh wilayah perairan Indonesia, terutama Padang, Jawa, Sulawesi, Ambon. Ukuran maksimum bisa mencapai 110 kg (berat maksimum 10 kg), namun sering tertangkap pada ukuran 80 cm (fork length). Sunglir sering tertangkap dengan Pancing Tonda, bisa juga tertangkap dengan Muro Ami dan Payang. Jumlah yang tercatat ditemukan di Indonesia sementara masih 1 jenis ikan. Di perairan, sunglir sering menjadi umpan untuk ikan yang lebih besarseperti billfish dan tuna.

PENULIS
Kholifatul Zahro
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015


EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
https://en.wikipedia.org/wiki/Rainbow_runner (diakses pada tanggal 20 Oktober 2015)
http://aquascapemurah.blogspot.co.id/2014/03/3-jenis-ikan-kuwe-gtgiant-trevallyrs.html
        (diakses pada tanggal 20 Oktober 2015)
http://www.slideshare.net/rahmatmoee/ikan-sunglir (diakses pada tanggal
20 Oktober 2015)
http://www.bluefame.com/topic/171814-jenis-jenis-ikan-laut (diakses pada tanggal
20 Oktober 2015)

No comments:

Post a Comment