Ikan Madidihang Atau Tuna Sirip Kuning; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Madidihang atau Tuna Sirip Kuning dari Ordo Perciformes, Sub ordo Scombroidea, Famili Scombridae, Genus Thunnus. Bentuk tubuh seperti torpedo yang memanjang, memiliki rostrum, dua sirip punggung; sirip depan biasanya pendek dan terpisah dari sirip belakang; pectoral tinggi; ekor berlekuk sangat dalam. Paling sedikit memiliki dua keel kecil disetiap sisi batang ekor, satu keel lebih besar. Garis linea lateralis sederhana. Tubuh ditutupi oleh sirip halus. Duri dari sirip punggung belakang dan sirip anal lebih panjang dibandingkan spesies lain. Permukaan sisi dan perutnya dipenuhi oleh sekitar 20 garis vertikal atau bercak-bercak. Sirip anal dan ujung-ujung sirip kecil (finlet) berwarna kuning cerah. Memiliki 26-34 giil raker pada insang pertama. Termasuk ikan buas, karnivor, predator. Hidup bergerombol kecil, tertangkap biasanya bersama-sama cakalang. Warna bagian atas gelap keabu-abuan, kuning perak bagian bawah. Sirip-sirip punggung , perut, sirip tambahan kuning cerah berpinggiran warna gelap. Pada perut terdapat kl. 20 garis putus-putus warna putih pucat melintang. Ukuran :Dapat mencapai 195 cm, umumnya 50-150 cm dan beratnya 0.8-111 kg.

KLASIFIKASI IKAN MADIDIHANG
Kerajaan
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Actinopterygii
Ordo
: Perciformes
Famili
: Scombridae
Genus
: Thunnus
Spesies
: Thunnus albacares

MORFOLOGI IKAN MADIDIHANG
Madidihang dewasa memiliki tubuh yang berukuran besar, dengan panjang dari ujung moncong hingga ujung percabangan sirip ekor (FL, fork length) mencapai 195 cm; namun umumnya hingga 150 cm. Bentuknya gilig panjang serupa torpedo (fusiform), agak memipih dari sisi ke sisi. Sirip punggung (dorsal) terdiri dari dua berkas, terpisah oleh celah yang kecil saja; berkas yang kedua segera diikuti oleh 8–10 sirip-sirip tambahan berukuran kecil (finlet). Sirip anal diikuti oleh 7–10 finlet. Pada spesimen berukuran besar, sirip punggung kedua dan sirip anal ini kadang-kadang memanjang hingga 20% FL. Sirip dada (pectoral) lumayan panjang (22–31% FL), biasanya mencapai pangkal bagian depan sirip dorsal kedua, namun tidak melewati pangkal bagian belakangnya. Ada dua lipatan kulit (tonjolan interpelvis) di antara sirip-sirip perut. Batang ekor amat ramping, dengan sebuah lunas samping yang kuat di tiap-tiap sisi, yang masing-masing diapit oleh dua lunas yang lebih kecil. Sirip ekor bercabang kuat (forked, bercagak). Punggungnya berwarna biru gelap metalik, berangsur-angsur berubah menjadi kekuningan atau keperakan di bagian perut. Sirip-sirip punggung kedua dan anal, serta finlet-finlet yang mengikutinya, berwarna kuning cerah, yang menjadi asal namanya. Bagian perut kadang-kadang dihiasi oleh sekitar 20 garis putus-putus yang hampir vertikal arahnya. Madidihang dapat mencapai berat melebihi 300 pon (136 kg), walau demikian ini masih jauh di bawah tuna sirip biru Pasifik (Thunnus orientalis) yang bisa memiliki berat lebih dari 1000 pon (454 kg), dan juga sedikit di bawah tuna mata besar (Thunnus obesus) dan tuna sirip biru selatan (Thunnus maccoyii). Ukuran madidihang yang tercatat dalam literatur adalah hingga sepanjang 239 cm dan seberat 200 kg.

REPRODUKSI IKAN MADIDIHANG
Ikan  Madidihang mencapai kematangan reproduksi sekitar 2-3 tahun. Sementara masa pemijahan bervariasi oleh laut, semua ikan  yang mencapai kematangan reproduksi sering dan beberapa kali melakukan pemijahan selama musim.

CIRI-CIRI IKAN MADIDIHANG
Ikan Madidihang adalah salah satu spesies tuna yang lebih besar, mencapai bobot lebih dari 180 kg, tetapi secara umum lebih kecil dari tuna sirip biru Atlantik dan Pasifik, yang bisa mencapai lebih dari 450 kg, dan sedikit lebih kecil dari bigeye tuna dan tuna sirip biru selatan. Sirip punggung dan perut yang panjang menjadi ciri khas yellowfin tuna, berwarna kuning cerah, memberi ikan ini nama umum nya. kedua sirip bisa sangat panjang dalam spesimen dewasa, mencapai hampir melebihi panjang ekor dan terlihat seperti sabit atau pedang. Sirip dada juga lebih panjang daripada tuna sirip biru, tapi tidak sepanjang dari albacore tersebut. Bagian utama adalah biru metalik sangat gelap, berubah menjadi perak di perut, yang memiliki sekitar 20 garis vertikal.

HABITAT IKAN MADIDIHANG
Madidihang merupakan ikan epipelagis yang menghuni lapisan atas perairan samudra di atas lapisan termoklin. Penelitian memperlihatkan bahwa meski madidihang kebanyakan mengarungi lapisan kolom air 100 m teratas, dan relatif jarang menembus lapisan termoklin, namun ikan ini mampu menyelam jauh ke kedalaman laut. Seekor madidihang yang diteliti di Samudra Hindia menghabiskan 85% waktunya di kedalaman kurang dari 75 m, namun tercatat tiga kali menyelam hingga kedalaman 578 m, 982 m dan yang paling ekstrem hingga 1.160 m.

MANFAAT IKAN MADIDIHANG

Perikanan komersial
Perikanan modern komersial menangkap tuna kuning dengan melingkari jaring (pukat tas), dan oleh industri longlines. Pada tahun 2010, 558.761 metrik ton tuna yellowfin tertangkap di barat dan tengah Samudera Pasifik.

Olahraga memancing
Tuna yellowfin adalah populer ikan olahraga di banyak bagian dari jangkauan mereka dan berharga untuk kecepatan dan kekuatan mereka ketika berjuang di batang dan reel. Banyak pemancing percaya bahwa kuning besar yang, pound untuk pon, tercepat dan terkuat dari semua tuna pertandingan besar: penulis Amerika terkenal S. Kip Farrington, yang memancing raksasa perikanan tuna sirip biru klasik Bimini dan Cat Cay di Bahama, serta Wedgeport di Nova Scotia, di masa kejayaan mereka, dinilai tuna yellowfin Hawaii sebagai sama dengan sirip biru "dua kali berat badannya". Hari ini, tuna yellowfin adalah ikan olahraga utama dikejar oleh nelayan olahraga di banyak bagian dunia. Ribuan pemancing ikan tuna yellowfin sepanjang pesisir timur Amerika Serikat, khususnya di North Carolina dan New England. Yellowfin juga merupakan gamefish populer di kalangan pemancing memancing dari pelabuhan Gulf Coast AS, San Diego, dan port lain dari California selatan. Lebih besar "jangka panjang" kapal dalam armada San Diego juga ikan di perairan Meksiko, mencari tuna yellowfin di banyak alasan bahwa San Diego pole and line gunting tuna digunakan untuk ikan. Tuna yellowfin juga menangkap sangat berharga dalam perikanan olahraga lepas pantai Afrika Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Olahraga memancing untuk tuna yellowfin ada pada skala yang lebih kecil di banyak bagian lain dunia.

Masakan
Menurut Hawaii Laut Panduan Pembeli, tuna kuning yang banyak digunakan dalam masakan ikan mentah, terutama sashimi. Ikan ini juga sangat baik untuk memanggang. Yellowfin sering disajikan menyengat langka. Pembeli kuning mengenali dua nilai, "sashimi grade" dan "lainnya", meskipun variasi dalam kualitas "lainnya" nilai terjadi. Berbeda panduan keberlanjutan seafood datang ke kesimpulan yang berbeda tentang apakah kuning memancing berkelanjutan. Audubon Seafood Guide (panduan untuk apa jenis produk makanan laut tidak ecofriendly) tuna berisi daftar troll-tertangkap sebagai "OK", tapi label lama-line tertangkap sebagai "Hati-hati". Yellowfin menjadi pengganti populer untuk persediaan sangat terkuras dari tuna sirip biru selatan. Pada tahun 2010, Greenpeace Internasional menambahkan tuna yellowfin untuk seafood daftar merah. Greenpeace International daftar merah seafood adalah "daftar ikan yang biasa dijual di supermarket di seluruh dunia, dan yang memiliki resiko yang sangat tinggi yang bersumber dari perikanan berkelanjutan".

TINGKAH LAKU IKAN MADIDIHANG
Tuna sirip kuning ini mempunyai kebiasaan berenang cepat dan bergerombol bersama ikan yang seukuran, kadang-kadang juga bercampur dengan tuna jenis lainnya. Musim berbiaknya berlangsung selama musim panas. Ikan-ikan ini memangsa aneka jenis ikan, krustasea, dan juga cephalopoda. Di laut Halmahera dan Sulawesi, madidihang terutama memangsa ikan (malalugis dan teri), udang dan kepiting; dengan ikan malalugis (ikan layang) menempati porsi terbesar.

PERAN IKAN MADIDIHANG DI PERAIRAN
Yellowfin adalah spesies tuna komersial yang penting, terutama pasar sashimi mentah. Meskipun tuna lakukan menyediakan makanan dan mata pencaharian bagi orang-orang, mereka lebih dari sekedar makanan laut. Tuna adalah predator puncak dalam rantai makanan di laut, menjaga keseimbangan dalam lingkungan laut.

PENULIS
Kholifatul Zahro
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA
http://blog-ikanbakar.blogspot.co.id/p/pelagis-besar.html (diakses pada tanggal 21 Oktober 2015)
http://wwf.panda.org/what_we_do/endangered_species/tuna/yellowfin_tuna/ (diakses pada tanggal 21 Oktober 2015)
http://www.seputarikan.com/2014/06/ikan-tuna-sirip-kuning-thunnus.html (diakses pada tanggal 21 Oktober 2015)
http://www.worldwildlife.org/species/yellowfin-tuna (diakses pada tanggal 21 Oktober 2015)

2 comments for "Ikan Madidihang Atau Tuna Sirip Kuning; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll"

  1. thanks for your information, dont forget to visit airlangga university website http://news.unair.ac.id/tag/ikan-tuna-sirip-kuning/

    ReplyDelete