Wednesday, February 12, 2020

Ikan Makarel, Makerel, Mackarel Atau Mackerel; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Makarel, Makerel, atau Mackerel adalah termasuk kedalam keluarga Scombridae, ikan makarel banyak ditemukan di Samudera Indonesia pada perairan tropis, itu berkisar dari pantai barat pulau Sumatera sampai ke selatan pulau Papua Indonesia, termasuk Laut Arafura, dan umum sekitar pulau Sangiang sebelah tenggara pada waktu musim angin barat tiba. Ikan Makarel ini adalah spesies ikan yang suka bermigrasi jauh dan badan selalu bergerak. Pada saat tiba musim angin barat, ikan makarel bermigrasi jauh dari pantai barat pulau Sumatera hingga memasuki wilayah perairan Selat Sunda dan bermain-main dipulau Sangiang disebelah tenggara pulau itu. Selama musim angin barat, ikan makarel akan menetap diwilayah perairan Selat Sunda untuk berlindung dari amukan gelombang besar di Samudera Indonesia. Di perairan Selat Sunda ikan mackerel ini juga mencari makanan, yang banyak berlimpah di Selat Sunda saat musim angin barat.

KLASIFIKASI IKAN MAKAREL, MAKEREL, ATAU MACKEREL

Kingdom

: Animalia

Filum

: Chordata

Subfilum

: Vertebrata

Kelas

: Osteichthyes

Ordo

: Acanthopterygii

Famili

: Scombridae

Genus

: Scomber

Spesies

: Scomber scombrus


MORFOLOGI IKAN MAKAREL, MAKEREL, ATAU MACKEREL

Beberapa spesies mackerel yang lebih besar, seperti mackerel sirip biru (bluefin mackerel), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam. Mackerel adalah ikan yang memiliki nilai komersial sedang. 

REPRODUKSI IKAN MAKAREL, MAKEREL, ATAU MACKEREL

Ikan mackarel tergolong ke dalam ikan laut yang menyukai daerah laut dangkal. Bagian-bagian yang terdapat batu karang (reef) merupakan habitat yang cocok bagi ikan mackarel. Perairan yang memiliki salinitas (salinity) rendah dan kekeruhan (turbidity) tinggi disukai pula olehnya. Ikan mackarel dapat menetap pada suatu habitat dan terkadang bermigrasi ke tempat yang cukup jauh.

Pola migrasi ikan mackarel sangat khas, karena bergantung kepada temperature air laut dan musim bertelur (spawning season). Jatuhnya musim bertelur ini bervariasi di setiap habitat yang ditinggali (Muhammad, 2011).

Reproduksi ikan mackarel Tergantung pada suhu, musim pemijahan lebih atau kurang panjang. Di perairan Australia, setiap betina memijah beberapa kali selama musim ini, sekitar 2 sampai 6 hari terpisah, tergantung pada lokalitas. Di Spanyol mackarel menelurkan dari lereng karang dan tepi, dan mereka membentuk agregasi pemijahan di daerah tertentu. Makanan: Termasuk ikan buas karnifora, predator, makan ikan kecil (sarden, tembang, teri), cuni-cumi. Ukuran : Panjang dapat mencapai 200 cm dan biasanya 60-90 cm (Novri,2006).

Pemijahan ikan mackarel terjadi di sekitar perairan pantai yang agak ke tengah dan biasanya mencapai daerah spawning yang agak terlindung seperti di perairan karang. Telur atau pre larva terbawa arus ke dekat garis pantai atau di sekitar muara sungai. Seluruh siklus hidup ikan mackarel ini berada pada perairan pantai ( coastal water ). Di perairan sekitar Pulau Rameswaram antara India dan Srilanka terjadi pemijahan Scomberomorus guttatus pada bulan April – Juli. Pada bulan Mei di perairan Thailand diketemukan banyak ikan betina yang sudah matang telur pada ukuran panjang standart ( forked length ) 32,5 – 46,5 cm (Mantova, 2012).

CIRI-CIRI IKAN MAKAREL, MAKEREL, ATAU MACKEREL

Ikan Mackarel biasanya memiliki garis-garis vertikal di punggung dan ekor. Banyak spesies dibatasi dalam rentang distribusi mereka, dan hidup dalam populasi yang terpisah atau stok ikan berdasarkan geografi. Kebanyakan mackerel milik keluarga Scombridae, yang juga termasuk tuna dan bonito. Umumnya mackerel jauh lebih kecil dan lebih ramping dari tuna, meskipun dalam hal lain mereka berbagi banyak karakteristik umum. Sisik mereka, jika ada kesamaani, sangat kecil. Seperti tuna dan bonito, makarel adalah pemakan yang rakus, dan cepat dan bermanuver perenang handal, mampu merampingkan diri dengan sirip mereka ke dalam lekukan pada tubuh mereka. dan sisi ventral di belakang sirip punggung dan dubur, tetapi tidak seperti tuna deep-bertubuh, mereka sangat tipis.

HABITAT IKAN MAKAREL, MAKEREL, ATAU MACKEREL

Makerel adalah ikan pelagis, umumnya hidup jauh di laut lepas, meski beberapa jenisnya juga bisa didapati di perairan teluk yang tak jauh dari pantai. Jenis-jenis ikan ini tersebar di pelbagai lautan tropis dan ugahari. Sebagian jenisnya mampu menyelam hingga kedalaman lebih dari 1.000 meter. Beberapa spesies makerel yang lebih besar, seperti makerel sirip biru (bluefin mackerel), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam. Ikan Mackarel banyak ditemukan di perairan beriklim sedang dan tropis, sebagian besar tinggal di sepanjang pantai atau laut lepas.

MANFAAT IKAN MAKAREL, MAKEREL, ATAU MACKEREL

Asupan yang direkomendasikan adalah 200-600mg dari ikan dan dari tanaman adalah 1-2g. Sumber omega-3 yang baik adalah dari ikan langsung, jika dibandingkan dengan kapsul minyak ikan. Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan adalah EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). Tubuh kita tidak dapat memproduksi sama lemak omega-3 sehingga kita harus memperolehnya dari asupan makanan luar. Pilihan yang baik adalah ikan salmon, sarden, mackerel, trout, herring, tuna, dan kerang. Ikan mackerel ini sangat cocok digunakan sebagai makanan dihidangkan dengan saus cabe atau saus tomat. Sekarang ikan mackerel mudah di dapat di berbagai supermarket dengan bermacam-macam merk.

TINGKAH LAKU IKAN MAKAREL, MAKEREL, ATAU MACKEREL

Ikan Mackarel yang lebih kecil menjadi santapan bagi predator yang lebih besar, termasuk Mackarel yang lebih besar dan Atlantik cod. Kawanan burung laut, serta ikan paus, lumba-lumba, hiu dan sekolompok ikan besar seperti tuna dan marlin. Ikan Mackarel tinggi akan omega-3 minyak dan intensif dikonsumsi oleh manusia. Pada tahun 2009, lebih dari lima juta ton yang di tangkap oleh nelayan komersial.

PERAN IKAN MAKAREL, MAKEREL, ATAU MACKEREL DI PERAIRAN

Ikan Mackarel merupakan ikan berukuran kecil-kecil yang banyak dimangsa oleh ikan besar, misalnya ikan pedang. Ikan pedang biasanya memangsa ikan-ikan Misalnya makerel, bluefish, silver hake, butterfish, sailfish, tuna, lumba-lumba dan blue marlin.

PENULIS

Chusnul Liyah
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015


EDITOR

Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

DAFTAR PUSTAKA

https://richocean.wordpress.com/ikan-laut/ikan-tenggiri/

Muhammad, F. 2011. Badan Dinas Penyuluhan Perikanan Indonesia. [Diakses Melalui http://dinaskelautandanperikanan. Pada tanggal 20 Oktober 2013].

Novri F. 2006. Analisis Hasil Tangkapan Dan Pola Musim Penangkapan Ikan Tenggiri (Scomberomorus spp) Di Perairan Laut Jawa Bagian Barat Berdasarkan Hasil Tangkapan Yang Didartkan Di PPI Muara Angke. [Diakses Melalui http://repository.Itb.com. Pada tanggal 20 oktober 2013].
http://uhanbiosintang.blogspot.co.id/2013/03/klasifikasi-ikan-pisces-klasifikasi.html

No comments:

Post a Comment