Tuesday, February 11, 2020

Ikan Julung-Julung; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan julung julung (suku Hemiramphidae) adalah sekelompok ikan penghuni permukaan (zona epipelagik) yang tersebar luas menghuni perairan hangat dunia. Ikan Julung Julung adalah salah satu ikan air laut. Terdapat dua anak suku, yang pertama adalah Hemiramphinae, khusus menghuni lautan, dan Zenarchopterinae, yang menghuni perairan darat dan estuarin. Panjang total maksimal 45.0 dan panjang total pada umumnya 30.0 cm. Makanan ikan ini berupa  rumput laut, ganggang hijau dan diatom. Ikan ini banyak ditemukan di daerah pantai yang kaya akan vegetasi.

KLASIFIKASI IKAN JULUNG-JULUNG
Berikut adalah klasifikasi dari ikan Julung Julung :

Kingdom
: Animalia  
Filum
: Chordata
Klas
: Actinopterygii
Ordo
: Beloniformes
Famili
: Hemiramphidae
Genus
: Hemiramphus
Spesies
: Hemiramphus far

MORFOLOGI IKAN JULUNG-JULUNG
Ikan Julung Julung (H. far) juga mempunyai bentuk tubuh menyerupai torpedo. Hal ini karena ikan Julung Julung merupakan jenis ikan yang hidup pada sekitar permukaan perairan (Pelagis) dan bentuk tubuhnya yang seperti topedo tersebut membantu ikan Julung Julung dalam bergerak dengan cepat ketika berenang. Julung Julung memiliki ciri khas yaitu rahang bawahnya meruncing ke depan, lebih panjang daripada rahang atasnya. badan memanjang, langsing seperti cerutu. Rahang memanjang dan berduri keras, kuat seperti gigi. Pada famili Belonidae, sebagian genus mempunyai bentuk sirip bercabang (forked), sebagian lagi berbentuk bulat. Warna punggung biru kehijauan, bagian perut berwarna putih keperakan. Juga terdapat garis berwarna biru tua pada bagian sisi tubuh.

REPRODUKSI IKAN JULUNG-JULUNG
Moda reproduksinya bervariasi, mulai dari ovipari (telur dibuahi di luar tubuh), ovovivipari (telur dibuahi di dalam tubuh dan dierami di dalam tubuh sampai menetas), maupun vivipari (larva disuplai energinya oleh induk melalui struktur menyerupai plasenta ). Dalam sekali pemijahan dapat menghasilkan 12-25 ekor ikan muda. Embrio di dalam uterus juga menunjukkan perilaku kanibalisme pada beberapa spesies.


CIRI-CIRI IKAN JULUNG-JULUNG
Ikan ini merupakan ikan hias yang sangat menarik bila dipelihara dalam akuarium, karena ukuran tubuh yang tidak besar, warna bervariasi dan bentuk yang unik. Ikan yang berasal dari Pulau Jawa pada bagian sisi atasnya berwarna coklat muda sampai ke hijau olive dan ada juga yang berwarna keperak-perakan. Ada juga ikan Julung Julung yang berwarna biru cermelang akan memantulkan sinar bila terkena cahaya. Pada sisi bagian bawah berwarna perak keputihan sampai kuning mengkilat, bagian tepi rahang bawah berwarna hitam, sering terdapat garis memanjang berwarna merah.  Bagian pundak terdapat bintik-bintik gelap, hal yang sama terdapat pada pangkal sirip dada. Warna sirip dari terang sampai kekuning-kuningan, sirip punggung dengan bintik-bintik merah terang, bagian tepi sirip anal biasanya berwarna hitam.  Warna ikan betinanya umumnya sama dengan warna ikan jantan, hanya pada bagian-bagian tertentu seperti bagian sirip punggung ada yang berwarna merah, dan ada juga yang tak berwarna.


HABITAT IKAN JULUNG-JULUNG
Ikan ini biasanya ditemukan pada perairan yang kaya akan rumput laut, ganggang hijau dan diatom. Sebaran populasi dari ikan ini meliputi wilayah Indo-Pasifik Barat: Laut Merah dan Afrika Timur ke Samoa, ke utara menuju Kepulauan Ryukyu, selatan ke utara Australia dan Kaledonia Baru. Bermigrasi ke bagian timur Laut Mediterania melalui Terusan Suez. Di Indonesia banyak ditemukan di di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bangka- Belitung dan Kepulauan Indonesia lainnya.

MANFAAT IKAN JULUNG-JULUNG
Pada saat masih kecil, ikan ini merupakan ikan hias yang sangat menarik bila dipelihara dalam akuarium, karena memiliki warna yang indah jika dilihat. Dapat juga dikonsumsi karena Ikan Julung Julung memiliki rasa yang gurih dan sangat diminati oleh pasar apalagi untuk produk ikan Julung Julung asap, sehingga harganya juga tetap stabil, kadang sebagai umpan menangkap ikan yang lebih besar.


TINGKAH LAKU IKAN JULUNG-JULUNG
Julung Julung adalah ikan yang umumnya berenang mendekati permukaan perairan hingga kedalaman 200 m. Pada malam hari ikan Julung Julung berenaang pada permukaan laut secara bergerombol. Pada siang hari ikan Julung Julung umumnya berenang dekat ke dasar laut. Beberapa ikan Julung Julung dikenal karena kemampuan mereka untuk melompat keluar dari air dan meluncur di atas permukaan untuk jarak yang cukup jauh.

PERAN IKAN JULUNG-JULUNG DI PERAIRAN
Di alam, Julung Julung merupakan mangsa bagi hiu, ikan todak, serta makerel.

PENULIS
Aulia Halidar Rahmah
FPIK Universitas Brawijaya

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya

DAFTAR PUSTAKA

http://anis-haerunnisa.blogspot.co.id/2011/12/ikan-Julung Julung.html

http://pondokair.com/images/julung%20julung.jpg

https://connanedogawa.wordpress.com/2014/10/02/ikan-Julung Julung/

https://en.wikipedia.org/wiki/Halfbeak

https://id.wikipedia.org/wiki/Julung Julung

No comments:

Post a Comment