Monday, February 17, 2020

Ikan Hiu Macan; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll











Ikan Hiu Macan merupakan satu dari hiu terbesar, dan satu-satunya anggota genus Galeocerdo. Hiu dewasa memiliki panjang tubuh berkisar antara 3,25 m hingga 4,25 m, dan berbobot 385 kg hingga 635 kg. Hiu ini banyak ditemukan di samudera tropis dan hangat, terutama di sekitar pulau di tengah Pasifik. Hiu harimau adalah pemburu soliter, dan berburu di malam hari.

Hiu ini mudah dikenali dari jauh karena motif kulitnya yang belang-belang gelap, menyerupai motif macan. Namun, motif ini akan semakin memudar seiring dewasanya sang hiu. Kulitnya bervariasi, dari biru ke hijau muda, dengan perut berwarna putih atau kuning muda. Kepalanya berbentuk seperti taji yang memudahkannya berpaling dengan cepat ke satu sisi.

Hiu macan adalah predator berbahaya, karena memakan banyak benda. Makanannya biasanya ikan, singa laut, burung, hiu kecil, cumi-cumi dan penyu. Terkadang juga ditemukan barang buatan manusia seperti ban, atau plat mobil.


Hiu macan adalah penyerang kedua terfatal setelah great white shark, dan, bersama dengan great white shark, dianggap sebagai hiu paling berbahaya bagi manusia.


Hiu macan berasal dari genus Galeocerdo, famili Carcharinidae. Genus ini hanya terdiri dari satu spesies, yaituGaleocerdo cuvier. Hiu ini pertama kali dideskripsikan oleh Peron dan Lessueur pada 1822, dan diberi nama Squalus cuvier. Muller dan Henle pada 1837 menamai ulang hiu macan menjadi Galeocerdo tigrinus. Nama genusnya, Galeocerdo berasal dari bahasa Yunani galeos yang berarti hiu dan bahasa Latin cerdus yang berarti rambut kaku dari babi.


KLASIFIKASI IKAN HIU MACAN
Kerajaan
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Chondrichthyes
Upakelas
: Elasmobranchii
Ordo
: Carcharhiniformes
Famili
: Carcharhinidae
Genus
: Galeocerdo
Spesies
Galeocerdo cuvier

HABITAT IKAN HIU MACAN
Hiu macan biasa hidup di sekitar Kepulauan Pasifik Tengah, atau di banyak perairan hangat (tropis). Ia biasa menyantap banyak ragam makanan, mulai dari ikan, anjing laut, burung, cumi-cumi, kura-kura, hingga lumba-lumba. Bersama dengan hiu putih, hiu Pasifik, hiu Greenland, dan hiu enam insang, hiu macan adalah salah satu hiu yang terbesar. Pertumbuhannya bisa mencapai hingga 5 meter dengan bobot hingga 635 kg. Jenis ini mencapai kedewasaan ketika berukuran 2-3 meter.


Ia memiliki organ sensor bernama lateral di sepanjang sisi tubuhnya. Fungsi utamanya, mendeteksi getaran dalam air yang memungkinkan hiu macan dapat berburu dalam kegelapan dan mendeteksi mangsa bahkan yang bersembunyi sekalipun.


MORFOLOGI IKAN HIU MACAN
Secara anatomi, hiu macan memiliki sirip panjang dan ekor yang juga panjang. Sirip punggung dan dorsal tinggi berfungsi sebagai sumbu, memungkinkannya berputar cepat pada sumbunya walaupun sirip dorsal cukup dekat dengan ekor. Rahangnya lebar dan keras berpadu dengan gigi tajam. Karena itu, ia mampu untuk menyantap hewan-hewan besar, seperti lumba-lumba atau paus.


REPRODUKSI IKAN HIU MACAN
Yang menarik, hiu macan adalah satu-satunya spesies di familinya yang merupakan hewan ovovivipar. Artinya, telurnya menetas di dalam dan hiu muda lahir ketika telah terbentuk sempurna. Pembentukan hiu di dalam tubuh induk berlangsung hingga 16 bulan.


Hiu telah menjadi korban dari opini pemangsa manusia yang diciptakan oleh masyarakat dan film. Tetapi sebenarnya yang harus ditakutkan adalah lautan tanpa kehadiran ikan Hiu. Tiap tahun manusia membunuh lebih dari 100 juta Hiu di seluruh dunia. Ini termasuk puluhan juta Hiu yang ditangkap tiap tahunnya untuk siripnya, yang merupakan salah satu produk Lautan yang paling mahal harganya. 


TINGKAH LAKU IKAN HIU MACAN
Berenang sendirian di perairan laut untuk mencari ikan untuk dimakan. Meskipun mereka juga bisa terlihat bergerombol dekat koloni anjing laut untuk berburu ikan pada waktu-waktu tertentu.

MANFAAT IKAN HIU MACAN
Hiu macan memiliki manfaat di lingkungan ekosistemnya yaitu sebagai predator puncak makanan di laut.


PERAN IKAN HIU MACAN DI PERAIRAN
Sebagai predator puncak, Hiu membantu untuk mengendalikan ekosistem lautan yang sehat. Dan dengan berkurangnya jumlah Hiu berukuran besar, Lautan akan menderita konsekuensi yang tidak dapat diprediksi dan berpotensi sangat menghancurkan. Hiu membantu menjaga kesehatan ekosistem lautan, meliputi rumput laut dan gugusan terumbu karang dan koral. Kesehatan lautan tidak diragukan lagi sangat bergantung pada keberadaan Hiu.


PENULIS
Arwin Adiwinata

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015


EDITOR
Gery purnomo Aji Sutrisno

FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015


DAFTAR PUSTAKA
http://ammarshadiq.web.id/blog/2014/01/13/mengapa-laut-yang-sehat-membutuhkan-hiu/

http://aneh-tapi-nyata.blogspot.co.id/2009/12/ikan-ikan-hiu-ganas-di-lautan.html

http://lautkita.blogspot.co.id/2015/04/kesalahpahaman-kita-terhadap-peranan-hiu.html
http://savesharksindonesia.org/galeocerdo-cuvier/

https://id.wikipedia.org/wiki/Hiu_harimau

No comments:

Post a Comment