Tuesday, February 18, 2020

Ikan Hiu Berjumbai Atau Frilled Shark; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan hiu berjumbai, salah satu makhluk laut teraneh di dunia, diperkirakan tidak banyak berubah dalam sekitar 80 juta tahun. Hiu Frilled merupakan spesies hiu tertua kedua di planet ini. Ini memiliki kemiripan dengan spesies leluhur mereka yang hidup selama zaman dinosaurus. Hewan ini tidak menunjukkan tanda-tanda evolusi sejak zaman prasejarah. Jadi, itu sering disebut sebagai 'fosil hidup'.

Hiu berjumbai tidak tumbuh dengan baik di penangkaran. Hanya satu yang pernah ditangkap dan akhirnya mati dalam beberapa jam. Hal ini menjadi kendala tersendiri mengapa hewan aneh ini tidak bisa dilindungi atau dipelajari di akuarium atau taman.


Hiu frilled biasanya tidak diburu tetapi kadang-kadang dapat ditangkap sebagai produk sampingan dari penangkapan ikan komersial.

KLASIFIKASI IKAN HIU BERJUMBAI ATAU FRILLED SHARK


Kingdom
Animalia
Filum
Chordata
Kelas
Chondrichthyes
Subkelas
Elasmobranchii
Ordo
Hexanchiformes
Famili
Chlamydoselachidae
Spesies
Chlamydoselachus Anguineus

MORFOLOGI IKAN HIU BERJUMBAI ATAU FRILLED SHARK
Makhluk air dalam besar ini memiliki 300 gigi di mulutnya. Gigi-gigi ini sejajar dalam 25 baris dan masing-masing menghadap ke belakang berbentuk trisula. Ini adalah struktur gigi yang benar-benar tidak biasa, unik untuk hiu frilled. Susunan giginya ini menunjukkan bahwa mangsa yang sudah tertangkap mustahil baginya untuk melarikan diri.

Tubuh hiu Berjumbai yang memanjang seperti ular ini biasanya berwarna coklat atau abu-abu. Seperti pada hiu lain, kulitnya kasar dan ditutupi dengan struktur seperti gigi kecil yang disebut dentikel kulit (denticles). Sirip dada kecil terletak di sisi hiu tidak jauh dari mulutnya, tetapi sirip punggung (belakang), sirip perut, dubur, dan ekor terletak jauh ke belakang ke arah belakang tubuh. Hanya ada satu sirip punggung, tidak seperti kasus di hiu lainnya. Sirip ekor panjang dan kadang-kadang dikatakan menyerupai sayap (atau "penerbangan") pada anak panah.

HABITAT IKAN HIU BERJUMBAI ATAU FRILLED SHARK

Hiu frilled dapat hidup dalam air pada kedalaman 1000 hingga 1500 meter, tetapi biasanya ditemukan pada kedalaman antara 500 dan 1000 meter. Di beberapa perairan Jepang hiu berjumbai ditemukan di perairan dengan kedalaman antara 50 dan 200 meter. Meskipun tinggal di air yang sangat dalam, diperkirakan mereka juga berburu lebih dekat ke permukaan air pada waktu malam. Inilah yang menjadi alasan mengapa mereka sering tersangkut pada jaring atau pukat nelayan.

JENIS IKAN HIU BERJUMBAI ATAU FRILLED SHARK
Ada dua spesies hiu berbintik yang dikenal yakni Hiu Frilled dan Hiu Frilled Afrika Selatan yang lebih kecil.


TINGKAH LAKU IKAN HIU BERJUMBAI ATAU FRILLED SHARK
Berdasarkan penelitian terhadap isi perut di ketahui bahwa hiu ini memangsa cumi-cumi, ikan, dan berbagai jenis hiu kecil lainnya. Hingga saat ini tidak ada satu orang pun yang pernah melihat atau mendokumentasikan Frilled Shark makan. Oleh sebab itu, cara ikan keren ini menemukan atau menangkap mangsa masih menjadi misteri.

APAKAH IKAN IKAN INI TERANCAM PUNAH?


Tidak ada yang tahu. Karena hiu ini hidup jauh di dalam samudera, ia jarang terlihat. Spesimen yang ditangkap tidak pernah hidup lama di luar lingkungannya yang dingin dan bertekanan tinggi. Para ilmuwan menduga penangkapan ikan di laut dalam menjadi ancaman bagi pemangsa yang bergerak lambat dan yang bereproduksi lambat ini.

PENULIS
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya Angkatan 2015

Daftar Pustaka
http://wanibesakc.blogspot.com/2019/03/fakta-menarik-hiu-berjumbai-sebagai.html
http://hibrizi16.blogspot.com/2016/06/profil-hiu-berjumbai.html

No comments:

Post a Comment