Thursday, February 20, 2020

Ikan Gerot-Gerot; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan gerot-gerot (Pamadasys maculatus) adalah Jenis Ikan demersal Ekonomis penting di Indonesia. Ikan gerot-gerot memiliki nama umum yaitu Blotched grunt dan biasanya nama lokal yaitu : Ampas tebu, Gerut-Gerut, Kompele Mas, Bibir Tebal.


KLASIFIKASI IKAN GEROT-GEROT
Kingdom
: Animalia
Phylum
: Chordata
Subphylum
: Vertebrata
Class
: Actinopterygii
Order
: Perciformes
Family
: Haemulidae
Genus
: Pomadasys
Species
: Pomadasys maculatus

MORFOLOGI IKAN GEROT-GEROT
Badan memanjang agak pipih (vertikal), tertutup sisik sampai bagain kepala. Sirip punggung pertama dan kedua menyatu. Tepi belakang tutup insang bagian depan bergerigi. Ciri khusus ikan Gerot-Gerot adalah mulut kecil tapi ditutupi oleh bibir yang sangat tebal (sesuai dengan salah satu nama lokal ikan ini). Sirip dada lebih panjang dan meruncing dibanding sirip perut. Genus yang umum di Indonesia termasuk Diagramma spp., Plectorhynchus spp., dan Pomadasys spp. Nama lokal: Ampas tebu, Gerut-Gerut, Kompele Mas, Bibir Tebal.

Bentuk tubuh ikan ini panjang dan pipih, dengan bagian atas tubuh berbentuk cembung apabila tampak samping. Mulut kecil dengan bibir agak tebal. Rahang atas mencapai ke bagian bawah batas mata. Sirip punggung memiliki 12 duri keras dan 13-15 jari-jari sirip lemah. Ikan Gerot gerot memiliki warna tubuh abu-abu keperakan, dengan 4-5 garis membujur berwarna abu-abu gelap yang putus- putus dan samar pada sisi-sisi tubuhnya. Tiga atau empat garis tersebut berada di atas garis lateral tubuh. Pada sirip punggung terdapat 2- 3 bans bercak berwarna coklat. Ikan ini dapat mencapai ukuran 80 cm, tapi umumnya antara 40-50 cm (FAO 1974).

HABITAT IKAN GEROT-GEROT
Ikan Gerot-Gerot lebih menyenangi wilayah pantai dengan terumbu karang yang masih baik. hidup di perairan pantai sampai kedalaman 40 m Beberapa jenis ada yang bermigrasi sampai ke muara sungai bahkan masuk sungai, namun sebagian besar berada di karang. Dia termasuk jenis ikan demersal yang soliter.

REPRODUKSI IKAN GEROT-GEROT
Dia memijah dan telurnya bersifat melayang (pelagis). Jenis ikan ini sering ditemui oleh penyelam. Pada siang hari ikan ini sering bersembunyi di bawah terumbu karang dan aktif pada saat malam hari. Makanan utamanya adalah ikan dan makrofauna lainnya.

CIRI-CIRI IKAN GEROT-GEROT
Tubuh ikan ini panjang dan pipih, dengan bagian atas tubuh berbentuk cembung apabila tampak samping. Mulut kecil dengan bibir agak tebal. Rahang atas mencapai ke bagian bawah batas mata. Sirip punggung memiliki 12 duri keras dan 13-15 jari-jari sirip lemah. Ikan Gerot gerot memiliki warna tubuh abu-abu keperakan, dengan 4-5 garis membujur berwarna abu-abu gelap yang putus- putus dan samar pada sisi-sisi tubuhnya. Tiga atau empat garis tersebut berada di atas garis lateral tubuh. Pada sirip punggung terdapat 2- 3 bans bercak berwarna coklat.

MANFAAT IKAN GEROT-GEROT
Pengertian ekonomis penting yang dimaksud adalah mempunyai nilai pasaran yang tinggi volume produksi macro yang tinggi dan luas, serta mempunyai daya produksi yang tinggi. Untuk dapat dipahami, bahwa ikan-ikan tersebut tidak hanya dimaksudkan jenis- jenis ikan yang memang mempunyai kwalitas baik dengan nilai harga yang baik pula, seperti ikan kakap, tenggiri, tongkol, tuna, cakalang, slengseng, kembung, bawal hitam, bawal putih, bambangan, kerapu, lencam, ekor kuning, beronang, Alu-alu, kuweh dan lain- lain. Akan tetapi juga jenis-jenis ikan yang kualitas rendah dengan harga murah namun disini secara macro daya produksinya tinggi, misalnya; teri, petek, kerong-kerong, gerot- gerot, gulamah, selar, japuh, tembang, sembulak, lemuru, layang, julung-julung, torani, kurisi, beloso, nomei, manyung, belanak, cucut, pari dan lain-Lain (Dirjen Perikanan 1979, Katiandagho Kumajas, 1989).

TINGKAH LAKU IKAN GEROT-GEROT
Ikan Gerot-Gerot lebih menyenangi wilayah Pantai dengan Terumbu Karang yang masih baik (Plectorhinchus spp.). Beberapa jenis ada yang bermigrasi sampai ke Muara Sungai bahkan masuk Sungai (Pmadasys spp.), namun sebagian besar berada di karang. Dia termasuk jenis ikan demersal yang soliter. Dia memijah dan telurnya bersifat melayang (pelagis). Jenis ikan ini sering ditemui oleh penyelam. Pada siang hari dia bersembunyi dibawah Terumbu Karang dan aktif pada saat malam hari. Makanan utamanya adalah ikan dan makrofauna lainnya. Perikanan: Ikan ini terutama ditangkap dengan alat Pancing dan Muro Ami.

PERAN IKAN GEROT-GEROT DI PERAIRAN
Ikan gerot-gerot adalah ikan karnivora. Ikan gerot-gerot memakan ikan kecil dan juga memakan plankton yang ada disekitar terumbu karang. Ikan ini aktif pada malam hari.

PENULIS
Gathut WR
FPIK Universitas Brawijaya

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya

DAFTAR PUSTAKA
Direktorat Jenderal Perikanan, Departemen Pertanian. 1976. Buku Pedoman Pengenalan Sumber Perikanan Laut. Bagian I (Jenis-Jenis Ikan Ekonomis Penting): 170 Pp.
Direktorat Jenderal Perikanan, Departemen Pertanian. 1994. Ikan-Ikan Ekonomis Penting Di Indonesia (Gambar). Pusat Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian.
Fisher, W. & P. J. P. Whitehead. 1974. Eastern Indian Ocean And Western Central Pacific, Vol. I, Rome.
Http://Guszyarif.Blogspot.Co.Id/2014/12/Makalah-Tingkah-Laku-Ikan.Html
Katiandagho Dan Kumajas, 1989. Metode Penangkapan Ikan. Fakultas Perikanan Universitas Sam Ratulangi.
Munro, I.S.R. 1955. The Marine And Fresh Water Fishes Of Ceylon. Department Of External Affairs, Camberra: 351 Pp.
Munro, I.S.R. 1976. Fishes Of New Guinea. Depatment Of Agriculture, Stock And Fisheries, Port Moresby, New Guinea: 651 Pp.
Sampekalo, J. Dan Harikedua, J. 1982. Inventarisasi Nama Lokal Dan Jenis-Jenis Ikan Laut Yang Ekonomis Penting Di Sulawesi Utara. Fakultas Perikanan Unsrat.
Smith, J. L. B. 1950. The Sea Fishes Of Southern Afrika : 451 Pp.
Susilowati, Budiharjo Dan Mandiyanto. 1994. Ragam Kegiatan Usaha Perikanan. Jurnal. Fakultas Perikanan Unsrat.
Weber, M And L.F. De Beaufort. 1929. The Fishes Of The Indo-Australia Archipelogo, Leiden, E.J. Brill 4 : 410 Pp.

No comments:

Post a Comment