Thursday, February 20, 2020

Ikan Lencam Atau Pink Ear Emperor; Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dll



Ikan Lencam (Lethrinidae) adalah Ikan laut yang termasuk dalam famili Lethrinidae yang dikenal dengan sebutan ikan emperor. Ikan ini merupakan kelompok ikan target nelayan yang dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Nama lain ikan ini diberbagai daerah di Indonesia adalah ikan asual, asuan, gotila, gopo, ketamba Lencam, mata hari, ramin dan sikuda.

Warna tubuhnya bervariasi antara jenis, tetapi ada beberapa jenis dapat berubah dengan cepat. Bentuknya hampir mirip dengan lutjanidae, tapi memiliki kepala agak runcing. Panjangnya dapat mencapai 1 meter. Ikan ini merupakan karnivora dengan memakan bermacam hewan pada pasir dan patahan karang (rubbel). Jenis ini sering ditemukan pada pasir dan patahan karang (rubbel) pada daerah tubir. Daerah persebaran Ikan lencam di perairan dangkal Indo-Pasifik.

KLASIFIKASI IKAN LENCAM
Filum
: Chordata
Subfilum
: Vertebrata
Kelas
: Pisces
Subkelas
:Teleostei
Ordo
: Percimorphi
Subordo
: Perciodea
Family
: Lethrinidae
Genus
: Lethrinus
Species
: Lethrinus lentjan
Nama Umum
: Pink Ear Emperor
Nama Lokal
: Drapapa (Pulau Panggang), Butila (Halmahera), Sikuda

MORFOLOGI IKAN LENCAM
Bentuk badan agak tinggi dan pipih. Lengkung kepala bagian atas sampai setelah mata hampir lurus, dari mata sampai awal dasar sirip punggungnya agak cembung dan sirip ekor berlekuk.

Sirip punggung berwarna putih dengan burik garis jingga kemerahan. Sirip anal berwarna putih dengan ujung-ujung sirip berwarna putih atau jingga. Bagian belakang operkulum dan dekat dengan sirip dadaterdapat garis merah.

Kepala dan badan bagian atas hijau kecokelatan, bagian bawah lebih terang. Badan dengan sirip yang mempunyai bercak putih,kuning atau merah mudah. Mulut yang tipis memanjang dengan bibir tebal Sirip punggung yang keras sebanyak 10 dan 9 sirip yang lemah (D.X.9), sirip dubur yang keras sebanyak 3 dan 8 sirip yang lemah (A.III.8), sirip dada yang kerassebanyak 1 dan 12 sirip yang lemah (P.I.12), sirip perut yang keras sebanyak 1 dan5 sirip yang lemah (V.I.5), dengan jumlah sisik pada guratan sisik antara 47-48 buah(L1.47-48) (FAO 2001).

HABITAT IKAN LENCAM
Habitat ikan lencam umumnya di daerah terumbu karang, lamun, mangrove,di perairan pantai yang dangkal dengan dasar berpasir hingga perairan dengan kedalaman 50 meter. Biasanya menempati daerah laguna dan dekat terumbu karang. Juvenil dan anak-anak biasa ditemukan di padang lamun, mangrove dan gosong pasir, saat dewasa umumnya soliter dan mencari perairan yang lebih dalam.

Daerah penyebaran ikan lencam adalah perairan pantai seluruh Indonesia,meluas dari wilayah utara sampai ke Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang pantai Laut Cina Selatan, ke selatan sampai ke perairan tropis Australia, ke barat sampaike Afrika Selatan, bahkan di perairan tropis Atlantik Amerika (FAO 2001). Salah satu daerah sebaran populasi ikan lencam di Indonesia adalah Kepulauan Seribu.

REPRODUKSI IKAN LENCAM
Ikan lencam (Famili Lethrinidae) merupakan salah satu kelompok ikan hermaprodit protogini. ikan ini mengalami proses diferensiasi gonad dari fase betina ke jantan. Perubahan ini dapat dicirikan pada perubahan morfologi. perubahan ikan lencam dari fase betina ke jantan dapat dilihat dari ukuran panjang total ikan. Berdasarkan hasil penelitian di Laut Merah, ikan mengalami perubahan fase betina ke fase jantan saat panjang ikan telah mencapai 33 cm pada kelompok umur 5 tahun. Musim puncak pemijahan Lethrinus lentjan di Teluk India yaitu bulan Febuari dan bulan November. Hal ini menunjukkan bahwa ikan memijah dua kali dalam setahun. (Toor,1986).

CIRI-CIRI IKAN LENCAM
Badan memanjang, agak lonjong, dan gepeng. Moncong agak meruncing. Memiliki sisik ctenoid dan memiliki operculum bersisik. Sisik transversal diatas garis rusuk berjumlah 5-6,sedang dibawah garis rusuk berjumlah 14-15. Jari-jari keras sirip punggung terdapat 10 dan 9 sirip punggung lemah. Sirip dubur berjari-jari keras 3 dan 8 berjari-jari lemah. Hidup di perairan pantai dan dasar pasir. Dapat mencapai panjang 40 cm dan umumnya 25-35 cm. Warna bagian atas kehijauan dan agak kepucatan bagian bawah. Sisik-sisik pada bagian atas badan di tengah-tengahnya berwarna putih seakan-akan membentuk totol-totol. Sirip-sirip berwarna kuning ungu kemerahan.

MANFAAT IKAN LENCAM
Ikan lecam Lethrinus spp merupakan ikan demersal kecil yang banyak tersebar di seluruh Indonesia. Ikan lecam Lethrinus spp merupakan ikan laut komoditas penting. Ikan lecam dapat diolah dan digunakan sebagai ikan asin, ikan kering, baso ikan, tempura ikan, dan lain-lain. Pemanfaatan ikan lecam sebagai olahan makanan di Indonesia telah mencapai tingkat ekspor. Tangkapan ikan Lecam di Indonesia terdapat hampir di seluruh pelabuhan perikanan di Indonesia.

TINGKAH LAKU IKAN LENCAM
Lencam adalah karnivora , ikan pesisir , tempatnya pada atau dekat terumbu . Mereka biasanya makan pada malam hari dan memakan invertebrata atau ikan bentik. Mereka biasanya membentuk agregasi besar untuk melakukan pemijahan .

PERAN IKAN LENCAM DI PERAIRAN
Ikan lencam adalah karnivor bottom feeders. Secara umum, ikan lencam memangsa krustasea (kepiting, udang), moluska (gastropoda, bivalvia,nudribranch, cumi-cumi dan gurita kecil), echinodermata ( seaurchins, bintang dolar, bintang laut, brittlestar), polychaeta, dan ikan. (Toor,1986).

PENULIS
Gathut WR
FPIK Universitas Brawijaya

EDITOR
Gery Purnomo Aji Sutrisno
FPIK Universitas Brawijaya

DAFTAR PUSTAKA
http://www.iftfishing.com/blog/mancing/fishypedia/ikan-lencam/

https://prezi.com/yarlurxypou6/copy-of-tingkah-laku-ikan/

https://arqiekapradana.wordpress.com/2014/03/13/deskripsi-family-lethrinidae-lethrinus-obsoletus/

Pspk Student Journal, Vol. I No. 1 Pp 11-15 Universitas Brawijaya

No comments:

Post a Comment