Rancangan Praktikum Dasar Mikrobiologi Akuatik (DASMIKROTIK)



MATERI 1. PENGENALAN PROBIOTIK

Praktikum materi pengenalan probiotik membahas tentang pengertian probiotik, macam-macam probiotik, pembuatan probiotik, serta pengaplikasian probiotik pada budidaya perikanan (probiotik yang digunakan berasal dari bakteri Bacillus merguensis dengan objek komoditas budidaya yang digunakan yaitu ikan nila).

 

MATERI 2. PENGENALAN ALAT DAN STERILISASI

Praktikum materi pengenalan alat dan sterilisasi membahas tentang alat yang akan digunakan pada saat kegiatan praktikum berlangsung, membungkus cawan petri, tabung reaksi dan pipet volume. Pada praktikum ini alat-alat yang sudah dibungkus kemudian dilakukan proses sterilisasi dengan menggunakan autoklaf elektrik. Materi yang disampaikan rtmeliputi fungsi alat dan bahan yang digunakan, pengertian sterilisasi, jenis-jenis sterilisasi, manfaat sterilisasi, serta pemakaian autoklaf elektrik.

 

MATERI 3. PEMBUATAN MEDIA, PENGENCERAN DAN PENANAMAN BAKTERI

Praktikum materi pembuatan media, pengenceran dan penanaman bakteri membahas tentang proses isolasi usus ikan nila yang digunakan sebagai sampel untuk diamati bakteri probiotik yang hidup di usus, tahapan pembuatan media NA (Nutrient agar) untuk menumbuhkan bakteri probiotik, tahapan pembuatan media PDA (Potatoes dextrose agar) untuk menumbuhkan jamur yang diisolasi dari ikan sakit, melakukan pengenceran dan penanaman bakteri dan jamur dengan menggunakan metode tuang dan tebar serta dilakukan inkubasi untuk bakteri 1 x 24 jam dan jamur 2 x 24 jam.

 

MATERI 4. PERHITUNGAN KOLONI DAN ISOLASI

Praktikum materi perhitungan koloni dan isolasi mempelajari tentang; Cara perhitungan koloni bakteri menggunakan colony counter dan hasil perhtungan yang didapat kemudian dimasukan ke dalam rumus SNI (standar nasional indonesia) serta dilakukan teknik isolasi pada media agar untuk mendapatkan isolat murni yang nantinya akan digunakan dalam identifikasi bakteri pada materi 6.

 

MATERI 5. IDENTIFIKASI JAMUR

Praktikum materi identifikasi jamur membahas tentang tahapan identifikasi jamur dengan melakukan pengamatan secara makroskopis (bentuk, ada tidaknya hifa yang tumbuh pada media PDA) dan secara mikroskopis (dengan mengambil satu ose dari hifa jamur yang tumbuh pada media PDA yang kemudian digoreskan pada objek glass cekung dan diamati dibawah mikroskop yang bertujuan untuk mengidentifikasi hifa dan miselium jamur secara mikroskopis.

 

MATERI 6. PEWARNAAN GRAM

Praktikum materi pewarnaan gram mempelajari bagaimana teknik pewarnaan Gram yang merupakan salah satu dari beberapa metode pewarnaan sel bakteri yang digunakan dalam membedakan kelompok bakteri Gram-positif dan negatif serta mengamati bentuk bakteri secara mikroskopis (yang nantinya digolongkan ke dalam bentuk basil atau kokus).

 

Publisher

Gery Purnomo Aji Sutrisno, S.Pi.

Post a Comment for "Rancangan Praktikum Dasar Mikrobiologi Akuatik (DASMIKROTIK)"